Wani Memetri Rahayuning Praja

Kabupaten Banjarnegara. Setelah kemarin Berbicara tentang Lambang Kab. Banjarnegara, dimana didalamnya terdapat aneka macam, rupa dan warna, sekarang saatnya mengetahu makna dari Wani Memetri Rahayuing Praja yang (juga) terdapat pada lambang tersebut.

Wani Memetri Rahayuning Praja merupakan salah satu bagian dalam bentuk tulisan yang berada pada Lambang Daerah Kabupaten Banjarnegara. Tulisan tersebut selalu melekat pada Lambang Daerah Kabupaten Banjarnegara. Tulisan tersebut juga terpampang jelas pada pintu masuk Pemeritahan Daerah (Pemda) Kabupaten Banjarnegara.Pemda Kabupaten Banjarnegara beralamat di Jalan A. Yani No. 16, Banjarnegara atau sebelah timur alun-alun Banjarengara.

Pemda Banjarnegara

Pemda Banjarnegara

Wani Memetri Rahayuning Praja adalah bunyi sesanti atau surya sengkala lambang daerah kabupaten Banjarnegara, bermakna bahwa segenap warga Banjarnegara bertekad bulat melestarikan kemakmuran menuju kebahagiaan lahir batin bagi rakyat dan pemerintahannya. Sedangkan untuk makna harfiahnya adalah sebagai berikut:

Wani berarti guru wanda (sama suku katanya) dengan awani yang berarti srengenge (matahari) mempunyai watak 1.

Memetri berarti guru wanda (sama suku katanya) dengan tri, berarti 3.

Rahayu berarti guru dasanama (sinonim) dengan kata basuki, raja ulat, ular atau ulo mempunyai lambang 8. Kata sambung ning pada rahayuning sebagai kata penghubung pada kata beikutnya.

Praja berarti negara, pemerintahan atau rakyat yang berwatak 1.

Urutan angka 1381 dibaca terbalik menjadi 1831 yang menunjkkan tahun berdirinya Kabupaten Banjarengara yaitu tahun 1831.

Menurut saya, jika setiap kata dicermati memang terlihat unik. Apalagi saat urutan angka itu menjadi terbalik dan membentuk sebuah tahun berdirinya Kab. Banjarnegara, sungguh sangat misterius ya, temans. Tapi itulah sejarah, sejarah yang sudah ada dan merupakan peninggalan dari nenek moyang. Kita sebagai rakyat yang baik, hendaknya mensyukuri dengan adanya sejarah tersebut. Mencoba mamahami dan selalu menghargai dengan sejarah-sejarah yang ada. :kiss:

ref : http://www.banjarnegarakab.go.id/v2/index.php/pemerintahan/profil

3 thoughts on “Wani Memetri Rahayuning Praja

  1. yang sibuk ngurus skripsi malah membahas sejarah banjarnegara ternyata
    jarang bewe nih mbak idah, lagi sibuk nih mbak

    Durung sempet we. . .
    Sesuk2 ya? hihihi #sok sibuk. :melet:

  2. Jer Basuki Mawa Béya adalah semboyan Jawa Timur yang semua orang tentu sudah tahu artiya..
    Kelak kalau ke Purwokerto ntak mampir banjarnegara ach
    Salam sayang selalu

    Beya dan Bea tuh sama arti, kan? :silau:
    Beneran lho ya, dhe? :senyum:
    #semoga iya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *