Pura Parahyangan Agung Jagatkartta Bogor Jawa Barat

4 Fasilitas Umum yang Kekinian

Bepergian atau singgah ke suatu tempat, lalu menjumpai fasilitas umum yang “kita banget”, biasanya akan susah untuk meninggalkan tempat tersebut. Maksudnya, fasilitas yang tersedia memang sedang kita butuhkan. Pastinya akan betah. Malas beranjak.

Teman-teman suka mengamati fasilitas umum yang ada di suatu tempat? Aku kerap memperhatikannya. Apalagi, kalau tempat yang aku kunjungi, tuh, yang mengelola atau milik pemerintah. Sudah dipastikan, aku akan tambah asyik menikmati tiap sudut ruang yang aku lihat.

“Bu, Toilet dimana, ya?”

“Ada di lantai dasar, Pak. Tapi, closetnya sedang rusak.”

“Idiih…dari kapan rusaknya, Bu.”

“Sudah lama, kok.”

“Zzzzzz.”

Melihat wujud kantor yang begitu mewah, gede magrong-magrong, luas, tapi closet yang sudah lama rusak seperti ngga mendapat sentuhan. Sedangkan Toilet adalah fasilitas umum yang -menurutku- termasuk penting. Gimana perasaan kamuuh? πŸ˜† Kayak ngga perhatian banget dengan fasilitas umum, ya.

Ngga usah jauh-jauh sampai melintasi Sungai Mahakam, deh. Karena hampir tiap hari aku melihat masyarakat yang datang silih berganti di tempat kerjaku, maka akan lebih mudah kalau samplenya adalah kantor. Bukan tempat kerjaku, sih. Kantor pada umumnya saja. πŸ˜€

Fasilitas umum di sebuah kantor, entah itu kantor pemerintah, swasta, atau bahkan sebuah perusahaan besar, bisa menambah nilai kepuasan pelayanan kepada masyarakat, klien, maupun tetamu. Tapi, aku ngga akan memasukkan Toilet sebagai fasilitas umum yang kekinian. Sebab, kantor sudah seharusnya memberikan fasilitas tersebut, kan?

Berikut adalah 4 fasilitas umum yang kekinian, lebih pada pelayanan umum, dan mungkin sering Teman-teman manfaatkan juga.

1. Tempat Charger

Di Stasiun, Terminal, saat ini sudah banyak kita jumpai colokan listrik. Colokan listrik yang satu ini banyak dimanfaatkan untuk mengisi ulang baterai handphone. Kini, colokan tersebut telah merambah ke kantor-kantor. Ini demi apa cob? Demi memaksimalkan pelayanan umum, dong.

CHARGER HANDPHONE

Buat ngeJus boleh, kok….

Saking pentingnya keberadaan handphone, banyak orang yang membawa charger ke mana saja ia pergi. Meski sudah ada yang namanya powerbank, ya. Tetap saja yang “manual” ngga bisa disingkirkan. πŸ˜€

2. Wireless Fidelity (Wi-Fi)

Butuh perjuangan untuk menjadikan Wi-Fi sebagai fasilitas umum. Fasilitas umum tanpa kata sandi! Di rumah makan atau tempat wisata, sih, sudah lazim, ya. Dengan adanya Wi-Fi, dua tempat tersebut akan makin ramai pengunjung. Tapi, kalau di Kantor? Makin banyak yang akses, berebut jaringan, akan makin mantap koneksinya. Mantap a la siput. πŸ˜€

Demi kenyamanan, kantor bisa membatasi penggunaan atau jangkauan Wi-Fi. Lagipula, ngga semua orang yang mengunjungi kantor adalah Blogger, yang mana selalu haus koneksi internet. :mrgreen: Jadi, ngga semua bisa memanfaatkannya, terkecuali mereka adalah masyarakat kekinian. πŸ˜‰

3. Personal Computer (PC)

Seberapa pentingkah PC bagi masyarakat? Bisa menjadi penting banget, manakala ngga membawa notebook, sedangkan mereka harus mengedit data yang akan diserahkan ke kantor. Jika ada PC kantor yang dijadikan fasilitas umum, tentunya mereka akan makin mudah menyelesaikan pekerjaan.

Akan makin banyak dimanfaatkan, jika PC sudah tersambung jaringan internet. Ngga menutup kemungkinan banyak masyarakat akan menggunakan fasilitas ini. Ada baiknya, di samping PC diberi catatan khusus; tata cara pakai, syarat pakai, atau catatan penting lainnya supaya PC bisa digunakan sebagaimana fungsinya.

4. Air Mineral

Pilih yang air minum kemasan, atau “manual”? πŸ˜€ Ini tergantung anggaran dari Kantor, ya. Ada kelebihan dan kekurangan untuk keduanya. Lalu, gimana jika Kantor ngga memiliki anggaran untuk fasilitas ini?

Karyawan bisa iuran, lho. πŸ˜† Ini ngga termasuk nguyahi segara, kok. Kalau mau, ya laksanakan. Kalau ngga mau, kita masih bisa berburu pahala di sektor lain.

4 Fasilitas umum di atas cukup kekinian, kan? Apakah Teman-teman punya gambaran fasilitas kekinian lainnya? Sini setor, nanti aku tambahkan di post blog ini.

10 thoughts on “4 Fasilitas Umum yang Kekinian

  1. semuanya penting asalkan memiliki fungsi dan dari sekian banyak yang mungkin harus ada iyalah listrik bayangkan jika tidak ada listrik, sanyo mati, lampu mati sumur tidak ada pasti tidak akan bisa mandi, internetan dain lainnya karena kebutuhan yang paling penting ini adalah listrik

  2. Nomor 1 dan 2, saya paling suka. Hehehe… walopun udah ada powerbank dan hape sudah dipaket internetnya, nemu tempat ngecharge sama nemu tempat berwifi, itu sangat menyenangkan. Hidup rasanya ayem tentrem gituuu… :)))

  3. memang bener kebutuhan PC tidak bisa diduga2, saat yang pling genting adalah ketika kita butuh merubah data atau mendownload file, ketika itu juga kita gak bawa notbook, pasti bingungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *