5 Plihan Kuliner Enak di Makassar

Selain pantai, ragam kuliner di Makassar begitu menggoda selera. Mulai dari kuliner yang berkuah, kudapan, sampai dengan seafood.

Bagi pecinta kuliner yang berdomisili di luar Makassar, cara mudah untuk mencicipi kuliner khas-nya langsung dari tempat asal yaitu dengan cara melakukan reservasi terlebih dahulu.  Tidak sedikit wisatawan lokal rela mencari tiket pesawat untuk datang ke kota ini hanya untuk mencicipi hidangan khas Makassar yang bikin kangen. Ya, Makassar memang menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang cukup populer di Indonesia.

Namun, jika kamu baru pertama kali berkunjung, maka tidak ada salahnya mengintip beberapa referensi kuliner, tempat makan yang menjadi unggulan di Makassar. Berikut 5 Plihan Kuliner Enak di Makassar :

Konro Karebosi

Lokasinya dekat Lapangan Karebosi. Makanya Konro ini punya nama Karebosi. Menunya terdiri dari Sop Konro yang dicampur kuah sop, dan Konro bakar, yaitu daging iga sapi yang dibumbui dan dibakar bersama bumbu kacang khas Makassar. Harga satu porsi Konro yang melegenda di Makassar ini berkisar Rp. 35 ribu.

Coto Gagak

Menu coto yang disajikan bersama buras atau semacam ketupat mini, dengan potongan daging yang besar-besar.

Coto Gagak
Pict: http://chemistrahmah.com/

Makanan ini paling terkenal di Makassar,dan tempat makan yang paling asyik untuk mencobanya berada di Gagak No. 27 Mariso, sebab menu coto di sini sudah bertahan dari sejak tahun 1970-an, dan buka selama 24 jam.

Mie Titi

Mie Titi adalah mie kering ala Makassar, yang disiram oleh kuah sayur dan potongan daging ayam mirip I Fu Mie. Mie-nya kecil-kecil lebih mirip bihun dan digoreng kering lalu disiram kuah masak.

Mie Titi Makassar
pict: http://mblusuk.com/

Biasanya satu porsi Mie Titi dijual sekitar Rp. 15.000, dan kamu bisa menjumpainya di Jl. Perintis Kemerdekaan, Jl. Irian, Jl. Boulevard, dan Jl. Datumuseng, Makassar. Kamu perlu mencicipi resep warisan Ang Kho Tjao, pembuat pertamanya, yang sudah bertahan selama 37 tahun ini.

Seafood Apong

Tempat yang tepat untuk menikmati hidangan laut khas Makassar, terutama kepiting! Cita rasanya perpaduan ala Tionghoa. Restoran yang selalu penuh pengunjung ini menyajikan masakan ikan, kepiting, dan udang pilihan yang betul-betul segar dan dimasak sempurna.

Restaurant Apong Makassar
pict: restaurantapongseafood

Kualitas masakannya enak, setara standar masakan di Singapura. Namun, kamu sebaiknya datang lebih awal sebelum menjelang jam makan lantaran parkir mobilnya lumayan repot saking ramai. Untungnya, para staf dan pelayanannya cukup baik. Harganya pun relatif sesuai untuk kepuasan berkuliner yang akan kamu rasakan.

Pallu Basa Serigala

Satu lagi menu sup daging sapi, hanya kali ini kuahnya dicampur kelapa goreng. Di sini kamu bisa memilih sendiri bagian daging yang kamu suka.

Pallu Basa Serigala
pict: tripadvisor

Kuliner ini cukup unik karena biasanya ada kuning telur ayam kampung di dalamnya. Ini yang membuat kuliner makin gurih. Satu mangkuk Pallu Basa dijual Rp. 15.000, belum termasuk nasi putih. Tempat makan ini ada di Jl. Serigala No. 54, dan di Jl. Onta. Buka mulai jam 11 siang hingga jam 10 malam.

Jangan heran ketika kamu akan mencicipi kuliner di atas harus mengantri dan ikut berjejalan bersama pengunjung lainnya. Terpenting, kamu bisa makan nikmat dan puas di Makassar.

20 Comments

  1. wawww…kalo menurutku , selain isi artikelnya yang bagus, saya lebih suka liat kemasan kontennya keren banget gan, patut ditiru..thanks infonya min

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *