6 tipe kepribadian yang dikaitkan dengan pekerjaan

Enam tipe kepribadian yang dikaitkan dengan pekerjaan. Setiap orang menginginkan kepribadian yang lebih baik, dan kita semua dilahirkan dengan ciri khas watak kita sendiri. Setelah kita tahu siapa diri kita maka kita bisa mulai memahami jiwa kita, meningkatkan kepribadian kita dan belajar menyesuaikan diri dengan orang lain.

Begitu kita memahami bagaimana cara mengeluarkan apa yang terbaik dari diri kita maka kita akan mendapatkan bahwa orang lain juga kelihatan lebih baik. Ada 6 tipe kepribadian yang dikaitkan dengan pekerjaan, yaitu:

1. Tipe Realistik

Orang yang menyukai aktivitas di luar ruangan. Mereka sering menganggap tidak begitu penting bersosialisasi dan lebih suka bekerja sendiri. Jika harus bekerja dalam tim, ia lebih suka dengan orang yang setipe. Orang ini tidak suka bergosip dan hanya berkonsentrasi pada tugasnya.. Tipe ini tidak pernah melimpahkan pekerjaannya pada orang lain.

2. Tipe Investigatif

Orang yang selalu tertarik pada gagasan dan ide-ide. la merasa membuang waktu dengan masalah yang melibatkan emosi.. Tipe ini sering berkonflik dengan orang yang biasa bergosip.

3. Tipe Artistik

Orang yang senang dengan ide-ide dan materi untuk diekspresikan dengan cara yang unik.. Tipe ini sangat menghargai kebebasan.. Sayangnya, tipe ini rentan jadi santapan gosip karena caranya yang unik dan sering menimbulkan interpretasi yang biasa.

4. Tipe Sosial

Orang yang berorientasi untuk dan dengan orang lain.. Tipe ini cenderung mempunyai orientasi untuk menolong, memelihara dan mengembangkan orang lain.. Karena kepekaan dan kepeduliannya, orang ini senang mengurus hal-hal yang terlalu pribadi.. Bila tidak diimbangi dengan kematangan, ia mudah tergelincir untuk menjadi penggosip.

5. Tipe Wiraswasta

Orang yang lebih berorientasi pada β€˜orang’ daripada gagasan. la mendominasi orang lain untuk mencapai tujuannya.. la pintar mengatur kerja orang lain, mempersuasi orang dan bernegosiasi. Kemampuan bicaranya sangat diperlukan, biasanya ia menunjukkan sifat bossy dan pemarah di lingkungan kerjanya.

6. Tipe Konvensional

Orang ini biasanya berfungsi paling baik dalam lingkungan dan pekerjaan yang terstruktur dengan baik serta memerlukan keletihan. la biasanya tidak suka bekerja dengan ide-ide dan orang lain.

Dari ke enam tipe kepribadian yang dikaitkan dengan pekerjaan di atas, anda termasuk kedalam tipe kepribadian yang mana? :kiss:

34 thoughts on “6 tipe kepribadian yang dikaitkan dengan pekerjaan

  1. hm… yang mana ya tipe ku? hihi… makasih ya Idah… mau mojok dulu menilai dan memastikan tipe yang manakah diriku… πŸ™‚

    Saya temenin mojok ya,mba. .. hohohoho :senyum:

  2. Mau gak mau, aku jadi yang tipe sosial itu, Dah. Tapi eh tapi, jadi mudah menggosip ya…? Hmm…

    setiap tipe ada untung ruginya, mba. . .
    namanya saja masnusia. tak ada yang sempurna. :senyum:
    karena sering berbaur dengan masyarakat jadi tipe sosial harus dimiliki ya, kaaaaaaaak? :senyum:

    • kayaknya saya tipe realistik deh, tp lbih suka kerja dalam ruangan πŸ˜€

      Bukannya realistik itu di lapangan ya, Kak. πŸ˜€

  3. tipe konvensional hehe.

    oh ya mbak,
    saya ngadain kontes menulis berhadiah kecil2an nih, infonya bisa dilihat diblog saya.
    Ditunggu partisipasinya ya. πŸ™‚

    thanks
    Jun_P.M
    carameninggikanbadancepatalami.blogspot.com

    Berarti kreatif dong. :senyum:
    Insya Alloh ikuuut. . . :senyum:
    Terimaksih infonya. . .

  4. Saya termasuk tipe konvensional. Kesannya kaku banget padahal saya orangnya sosial lho. Sosial media gitu. πŸ™‚

    hihih, sosial media. Ada2 aja mas. . :senyum:

    • (untuk yg nomer 4) setiap bagain dari suatu konstruksi benda mempunyai peran penting. Bagian kayu dari pensil (bagain luar) sangat penting untuk menjaga kekokohan arang di dalamnya, bila kualitas kayu tak baik maka arang di dalam bisa rapuh dan mudah patah saat di raut. Bila arang saja tanpa bungkus kayu, maka memegangnya akan sangat tidak nyaman karena seluruh tangan bisa tercoreng. Jadi menurutku, tidak ada istilah bagain terpenting’ karena semuanya penting. Walau ada hal yg lebih penting lagi, yaitu bagaimana, untuk apa pensil itu digunakan.

      Pensil ya?
      Pensil yang mana? :senyum:

  5. hemmmmmmm……………. udah lama nhe ga berkunjung dan ternyata rumahnya udah di renovasi… hummmm bagus2 πŸ˜€ :silau:

    Terimakasih atas kunjugannnya, mas. . :melet:

  6. Kaya’nya campuran deh..bisa gak ya? hehe.. oya, Idah sendiri tipe yg mana? *kepo*

    Enak ya, mba. . .
    iso campur2. . .
    Tapi kalau campur2 bisa jadi punya kepribadian ganda tuh? hihihii
    Aku tipe pemanja. :senyum:

    • jadi aku maunya campur2 mbak… πŸ˜€ trus tambahin krupuk ya… sambelnya yg banyak tpi jangan pedes2 πŸ˜†

      ouuh, iya. Sebentar saya ambil Burjonya ya? :melet:

  7. bingung masuk dalam tipe yang mana saya ya ???

    jangan bingung, Mas Kuya.
    Dibaca dan diteliti saja. . .
    Kira2 masuk yang mana. hihihihi

  8. Kalau saya orangnya pendiam,,jadi apakah saya masuk kedalam tipe kepribadian tersebut? hehe πŸ™‚

    Kayaknya mas Abed tipe yang ke dua deh. .
    #sok tau. πŸ˜†

  9. Assalaamu’alaikum wr.wb, Idah yang baik…

    Subhanallah, susah juga ya mahu melihat diri di tipe peribadi yang mana satu kerana bunda lihat keseluruhan tipe itu menyatu dalam diri pada sekian-sekian waktu.

    Walau apapun tipe yang diperkirakan melalui kajian, bunda setuju bahawa kita sendiri lebih tahu siapa kita sebenarnya.

    Salam ceria selalu dari bunda buat Idah. πŸ˜€

    Wa’alaikumsalaam, Bunda.
    Iyya, memang banyak sebagian dari orang adalah gabungan dari tipe2 diatas, Bund. Tipe diatas susah jika harus berdiri sendiri. :senyum:

    Salam senyuum untuk Budna. :senyum:

  10. Aku ra ngerti tipe opo mbak…
    Opo yo… wkwkwk… ketoke aku konvensional, hmmm

    Berarti telaten ya, sitt. . :senyum:

  11. yang menjadi masalah dalam hidup seseorang adalah seseorang itu sendiri belum memahami pribadi diri sendiri,, sehingga selalu terbawa dan terpengaruh oleh kepribadian orang lain dan merancuhkan diri sendiri

    Dann jika kita sudah memahami pribadi sendiri, mungkin kita tidak akan terpengaruh orang lain. :senyum:

  12. Kalau aku tipe kolaborasi Artistik+Sosial,cocoknya kerja di bidang apa yah? πŸ˜€

    Anda cocok kerja di bidang penjahitan. . . πŸ˜†

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *