Benteng dan Kapal Van Der Wijck #PlusVisitor

Benteng Van Der Wijck dan Kapal Van Der Wijck – Hai hai hola hop, Teman-Teman. Masih ingatkan postingan saya tentang Benteng Van Der Wijck. Bagi yang gak ingat sama sekali,  atau malah belum tahu, bisa dicek  di blog ini. Penting, ya!

Awal saya berniat Jeng-Jeng ke Benteng Van Der Wijck, sama sekali tak terpikir tentang Kapal Van Der Wijck. Apalagi, sampai menghubungkan antara Benteng nan megah dan kapal yang tenggelam. Masuk akal, sih, jika ada yang mengira ke duanya saling berhubungan. Karena, hal ini bisa ditinjau dari nama belakang yang sama, yaitu Van Der Wijck.

Teman-teman tahu tentang Kapal Van Der Wijck, kan? Adalah Kapal yang dinaiki oleh Hayati ketika akan pulang Batipuh. Nama kapalnya adalah Van der Wijck. Tak menyangka, kapal yang dinaiki oleh Hayati itu akan tenggelam ketika sedang di tengah-tengah perjalanan. Dalam film, sih.

Ketika ada beberapa teman yang menanyakan (lewat kolom komentar) mengenai hubungan antara keduanya, saya malah bingung mau menjawab apa. Ya, bingung. Karena, sama sekali tidak tahu duduk persoalnnya. Hahaha. Saya pun mencoba browsing untuk mencari informasi tentang hal tersebut. Saiapa tahu ada keterangan yang meyakinkan, langsung dari sumbernya. Namun, kenyataanya tidak.  Keduanya tidak ada hubungannya sama sekali.

Dan, kenyataan ini diperjelas dari pembaca blog saya di postingan Benteng Van Der Wijck. Yaitu Sylva Nur Khasanah. Berikut komentar darinya, tanpa di edit oleh pemilik Blog.

Saya bantu jawab semua pertanyaan diatas ya,saya kebetulan sedang menyusun skripsi di kab.kebumen dan bertemu dengan pengelola obwis Benteng Vander Wijck,benteng ini ga ada hubungannya sama sekali dengan film itu,besi yang diatas benteng itu untuk menaruh kasur saat masih dijadikan asrama sedangkan besi yang disamping dijadikan untuk tempat menaruh topi atau senjata.

Bagaimana? Penjelasan dari Sylva sudah cukup jelas, kan? Jadi, antara Benteng Van Der Wijck dan Kapal Van Der Wijck tuh tidak ada hubungannya sama sekali. Hanya kesamaan pada nama saja

Saya mengucapkan terima kasih kepada Sylva yang sudah menjawab rasa penasaran saya dan juga pertanyaan dari beberapa teman-teman Blogger melalui kolom komentar. Begitu indahnya sharing melalui media Blog, ya. Selalu saja menambah pengetahuan dan juga memperkaya ilmu.

22 Comments

  1. Selain belum pernah naik kapal, saya juga belum pernah ke Benteng Van Der Wijk. Tapi habis baca tulisan ini kok jadi Herman sendiri kenapa namanya bisa sama ya :d

    Terinspirasi kalik, Mba. 😆

  2. kalau benteng kan biasanya buat perlindungan perang. sedangkan kapal ya buat berlayar berarti sudah jelah beda.. betul nggak mbak idah?

    !00 aja deh, Mas. 😆

  3. Saya sangat suka wisata ke Benteng2 nih Mba, setelah Malborough, Vederburg dan sekarang pingin ke Van Der Wijck, makasih infonya 😀

    Yaa, lengkapi ke Benteng ini, Mba. 😆

  4. Yang jelas Slank pernah ke benteng ini; lho… hubungannya apa? ha ha ha… pokok men di sana ada fotonya Slank 🙂

    Saya malah gak tahu kalau Slank pernah ke benteng ini, Pak. 😆

  5. maakk idah,
    kok foto2 di dalam benteng nggak diaplod kemari? 😀
    padahal q penasaran.
    sering lewat gombong dan ngeliat plang tulisan benteng itu tp blm pernah masuk

    Sudah diupload di post sebelumnya, Mba. Hahahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *