Logo MySQLCara membuat database dengan MySQL. Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. http://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data

Langkah pertama cara membuat database dengan MySQL yaitu dengan mengaktifkan XAMPP terdahulu. Jika belum menginstall xampp, bisa diinstall terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkahnya di sini. Apabila sudah terinstall, langsung saja xampp diaktifkan. :kembang:

Aktifkan Xampp

Setelah xampp aktif, kemudian masuk ke MySQL Administrator. Jika MySQL belum terinstall, silahkan install dahulu dengan mengikuti langkah-langahnya di sini. Jika sudah terinstall, silahkan langusung masuk program MySQL Administrator. Lihatlah gambar di bawah. :sttt:

Masuk Program MySQL

Setelah berhasil masuk MySQL Administrator, mulailah membuat database dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Login dengan username dan password anda. Dulu saya waktu menginstall MySQL tidak menggunakan password, jadi yang perlu saya isi hanya username saja. Untuk username jika anda pengguna desktop, biasanya anda akan login sebagai root. :nih!:

Tampilan MySQL Administrator

2. Jika sudah mengisi username, kemudian akan tampil jendela utama MySQL seperti gambar di bawah.

Jendela Utama MySQL

3. Memang banyak pilihan menu, tetapi tujuan utama adalah membuat database, jadi kita hanya perlu menyorot dan klik tab Catalogs. Setelah klik tab Catalogs, kemudian klik kanan pada schemata dengan memilih menu create new schema. :ok:

Catalogs MySQL

4. Isilah nama schema atau database sesuai keinginan anda. Jika database terdiri dari dua kata, maka gunakanlah kata penghubung “_” :pelayan:

New Schema MySQL

Setelah menulis nama database, kemudian klik OK dan akan muncul nama database anda pada schemata. Lihatlah pada gambar di bawah. :lovekiss:

Database Sistem Informasi Siswa Kursus

Database dengan nama si_siswa kursus sudah jadi dan siap untuk diisi tabel. Cara membuat database dengan MySQL sudah selesai dan sangat simpel, bukan? Inilah mengapa saya suka menggunakan MySQL, karena simpel dan mudah dipahami. #untuk program yang dasar :melet: