Cara membuat database dengan MySQL

Logo MySQLCara membuat database dengan MySQL. Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. http://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data

Langkah pertama cara membuat database dengan MySQL yaitu dengan mengaktifkan XAMPP terdahulu. Jika belum menginstall xampp, bisa diinstall terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkahnya di sini. Apabila sudah terinstall, langsung saja xampp diaktifkan. :kembang:

Aktifkan Xampp

Setelah xampp aktif, kemudian masuk ke MySQL Administrator. Jika MySQL belum terinstall, silahkan install dahulu dengan mengikuti langkah-langahnya di sini. Jika sudah terinstall, silahkan langusung masuk program MySQL Administrator. Lihatlah gambar di bawah. :sttt:

Masuk Program MySQL

Setelah berhasil masuk MySQL Administrator, mulailah membuat database dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Login dengan username dan password anda. Dulu saya waktu menginstall MySQL tidak menggunakan password, jadi yang perlu saya isi hanya username saja. Untuk username jika anda pengguna desktop, biasanya anda akan login sebagai root. :nih!:

Tampilan MySQL Administrator

2. Jika sudah mengisi username, kemudian akan tampil jendela utama MySQL seperti gambar di bawah.

Jendela Utama MySQL

3. Memang banyak pilihan menu, tetapi tujuan utama adalah membuat database, jadi kita hanya perlu menyorot dan klik tab Catalogs. Setelah klik tab Catalogs, kemudian klik kanan pada schemata dengan memilih menu create new schema. :ok:

Catalogs MySQL

4. Isilah nama schema atau database sesuai keinginan anda. Jika database terdiri dari dua kata, maka gunakanlah kata penghubung โ€œ_โ€ :pelayan:

New Schema MySQL

Setelah menulis nama database, kemudian klik OK dan akan muncul nama database anda pada schemata. Lihatlah pada gambar di bawah. :lovekiss:

Database Sistem Informasi Siswa Kursus

Database dengan nama si_siswa kursus sudah jadi dan siap untuk diisi tabel. Cara membuat database dengan MySQL sudah selesai dan sangat simpel, bukan? Inilah mengapa saya suka menggunakan MySQL, karena simpel dan mudah dipahami. #untuk program yang dasar :melet:

30 thoughts on “Cara membuat database dengan MySQL

  1. wah saya memanfaatkan hal2 seperti ini.
    terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    Saya juga, Dhe.
    Lagi belajar. :senyum:

    Salam Senyum. ^_*

  2. Saya ingat setahun yang lalu saat ada salah satu aplikasi sekolah yang harus menggunakan database dengan terlebih dulu instal XAMPP. banyak rekan yang kebingunan sehingga akhirnya musti dipandu satu persatu.
    Untungnya sekarang sudah gak lagi, ganti sistem online.

    Kalau sudah dengan sistem Online dan tinggal menikmati, jadi gak belajar dong, Om? hihihi :senyum:

  3. ga bisa komen tentang artikel ini..
    blognya manis idah,, ajarin aku doong… :senyum:

    Mungkin mba Umu bisa komen diartikel yang lain? :senyum:
    Belajar sama2 ya, Mba. :senyum:
    Saya juga masih belajar dari Om Red sama Mas Es. :semangat!:

  4. materi ini kemarin pas saya diklat Web dikasih tuh! tp dasar sy telmi, jdnya pas disuruh praktek cuma celingak-celinguk..:D

    Enaknya dapat materi dari diklat.
    Walaupun clingak-clinguk tapi mengasyikkan kan, Mom? :senyum:

  5. Wow, incredible blog layout! How long have you been blogging for? you make blogging look easy. The overall look of your web site is wonderful, let alone the content!. Thanks For Your article about Cara membuat database dengan MySQL .

  6. Pageonce Pro has: the ability to track investment portfolios, ad free, view detailed bill and account info, track frequent flyer miles and rewards, track mobile minutes, texts and data usage, add unlimited number of accounts, refresh all accounts at once, ability to manually create bills i.e. rent due on the first.

  7. mbak data buku tamu tdk bisa di buka !
    Bisa tidak minta dikirim ke emailku ! Trim’s mbak

    Kenapa tidak bisa dibuka?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *