Ramadhan di Panti Asuhan Banjarnegara

Cara Penyerbukan Buah Naga

Beberapa kali menulis tentang Buah Naga, ternyata banyak yang mencari tentang keberadaan buah tersebut. Beberapa kata perujuk atau istilah-istilah dari mesin pencari, antara lain; Khasiat Buah Naga, Bunga Buah Naga, Cara memelihara Buah Naga, Penyerbukan Buah Naga dan lain sebagainya.

Mencoba mengikuti arah kompas perujuk, dengan maksud supaya pengunjung tidak kecewa.Β  Maka pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang Cara Menyerbuk Buah Naga. Penyerbukan Buah Naga ini dilakukan dengan perantara manusia atau antropogami.

Cara Menyerbuk Buah Naga sebenarnya intinya sama dengan penyerbukan bunga tanaman lainnya, yaitu mempertemukan serbuk sari dan putik.

Saya sedikit tahu tentang penyerbukan Buah Naga ini, karena setiap adik saya menyerbuk Bunga Naga yang berada di depan rumah, saya mendampinginya untuk sekedar membantu memegang senter. πŸ˜† .Sahabat bisa melihat gambaran proses atauΒ  Cara Penyerbukan Buah Naga di bawah ini.

1. Menyiapkan alat penyerbukan, yaitu; bekas minuman botol, senter dan kuas lukis. Mengapa memilih kuas lukis? karena kuas lukis ini dirasa lebih lembut dan lebih mudah digunakan untuk penyerbukan. Botol ini berfungsi sebagai tempatΒ  menaruh serbuk sari, sedangkan kuas kecil digunakan sebagai perantara atau menaruh serbuk sari ke kepala putik.

Alat Penyerbukan

2. Penyerbukan Buah Naga akan lebih maksimal jika dikerjakan malam hari. Proses pertama yaitu, mengambil serbuk sari dengan menggunakan kuas lukis, kemudian dikumpulkan ke botol.

2 Mengambil Se copy

3. Setelah serbuk sari terkumpul, kemudian segera ditaruh ke kepala putik dengan menggunakan kuas lukis.

3 Bentuk Serbuk copy

4. Serbuk sari ditaruh atau ditempel ke kepala putik secara pelan-pelan.

Memasukkan Serabut ke dalam Putik

 

Tunggu beberapa hari, maksimal satu minggu, mahkota bunga akan layu dan gugur. Salah satu tanda penyerbukan berhasil antara lain; tujuhΒ  hari setelah dilakukan penyerbukan kelopak bunga hijau dan terlihat segar. Namun apabila warnanya berubah kecoklatan, bebarapaΒ  hari berikutnya bunga akan gugur atau jatuh, yang menandakan penyerbukan gagal. πŸ˜‰

Lebah di Bunga Naga

Mengapa saya menyarankan penyerbukan Buah Naga dikerjakan pada malam hari? Karena jika penyerbukan dikerjakan pada pagi atau siang hari, maka sahabat akan rebutan dengan lebah mungil dan tidak menutup kemungkinan sahabat akan di serbu lebah. πŸ˜†

Jika dilihat sekilas, Cara Penyerbukan Buah Naga memang terlihat mudah. Namun jika dipraktekkan sedikit njlimet dan butuh kesabaran. Eh, kenapa postingan ini terasa hambar ya? πŸ™ Semoga dengan adanya foto-foto diatas, bisa membantu sahabat yang sedang merintis atau mulai budidaya Buah Naga. 😳

36 thoughts on “Cara Penyerbukan Buah Naga

  1. gak basi kok..malah bermanfaat.
    bunganya cantik yah, kayak bunga wijaya kesuma

    Iya, Mba Mel. Bedanya tuh Bunga Naga nantinya jadi buah. πŸ˜†

  2. Saya nggak usah belajar penyerbukannya karena dapat kiriman yg sudah jadi… πŸ˜€

    Hehehehe. . .
    Belajar mengupas saja, Pak. πŸ˜›

  3. tapi sayang, buah naga seakan gak laku dipasaran.
    Hanya beberapa orang saja yang mau membelinya.
    Kalau saja buah naga bisa selaris buah apel,jeruk, pasti banyak petani yang mau menanamnya.

    waaaaah, kata siapa gak laku, Mas?
    tempatku lagi kehabisan stok lho. πŸ™‚

  4. apakah ada perubahan warna pada serbuk sari yang belum matang dan sesudah matang.

    Jelas ada, Mas.
    Kalau yang sudah diserbuk nanati akan layu, bunganya warna coklat, batangnya warna ijo. πŸ™‚

  5. pohon naga ini berumah dua dong ya, kalau nggak dibantu nggak mau berbuah ya Dah?

    bunda pernah nyoba penyerbukan anthurium dgn cara spt ini, nggak berhasil
    eh didiwmin nggak dibantu malah jadi lho he..he…, nggak bakat jadi penghulu

    Kalau yang warna putih gak serbuk gak apa2, Bunda. Tapi yang warna merah harus diserbuk. πŸ™‚
    Hihihi, kedaiannya sama persis dengan mamahku tuh, Bun.
    Kalau mamahku kesalahannya ada pada pengambilan saerbuk. πŸ˜‰

    Yang bakat banget jadi penghulu tuh adikku. πŸ˜†

  6. Oh, gitu ya… Kirain buah naga itu dicuekin aja, trus bisa berbuah sendiri πŸ˜€
    Batal deh jadi pengusaha buah naga. Haha…

    Jangan dibatalin ah. .
    Ayoooo, dibuat kripik atau juzzzzzzzzzz. . Segernyaaa, kak. πŸ˜†

  7. baru tau ternyata harus dibantu proses penyerbukannya hehehe

    iyya, khususnya untuk Buah Naga warna merah. . . πŸ˜‰

  8. saya punya koleksi buah naga 7 varietas, putih, ungu, merah, jingga, hitam, kuning & orange. yang putih sudah berbuah, sedangkan yang lain baru tanam. smoga bisa berbuah semua.

  9. alhamd..saya dah praktekkan..alhamd ga gagal..tp buahnya ko kcil ya..ga bsa gde..

    Mungkin kurang pupuk atau kurang sinar matahari? . ^_*

  10. dgn cara kya gitu semalam meneyerbukkan berapa bunga? itu terlalu lama.. jika bunga yg mekar semalamnya ada 10000 gmn donk solusinya?

    Benar, karena pada buah naga yang warna merah penyerbukannya harus dengan bantuan manusia. Solusinya, Anda bisa minta bantuan atau mempekerjakan masyarakat untuk menyerbuk 10.000 bunga yang mekar dalam satu hari. . . ^_*

  11. Ya ampun,…Jd piki2 lagi mau coba nanam. Kyknya ribet. Mau butuh brpa biaya klau gini ya? bunganya aja pake di serbuk pake tenaga manusia. Klau tanamnya ada ratusan tiang gimana ini??? hikhikhik…ndak jadi nich jadi petani naga. πŸ™

    Ya manfaatkan tetangga dooong. Buat bantuin penyerbukan. πŸ˜› :mrgreen: ^_*

  12. Hai,,pgn nanya nih buah naga pnya aq knp ya jd pas mlm hari mekar bgt smpe seneng liat y tp pas pagi ky layu gitu apa d katakan gagal berbuah?

    Pas malam hari mekar diserbuk, kan? ^_*

  13. kalau serbuk sari nya sudah 2 hari setelah mekar baru di lakukan penyerbukan . apakah bisa jadi ?

    Tidak. Setelah bunga mekar, sebaiknya langsung diserbuk. ^_*

  14. Ayahku suka banget ma buah naga, di sini harganya lumayan mahal perkg bisa Rp30rb.
    Btw, cara tanamnya gimana mbak, apa ada perlakuan khusus seperti nanam kaktus ?? soalnya rada mirip juga tuh

    Perlakuan husus lebih pada perawatannya, Fauzie ^_*

  15. saya kan ada tanaman buah naga yang putih, nah kan pembuahannya tidak dibantu manusia, udah didiemin kok tetep ga jadi ya? bunga sama kelopaknya layu. itu kira2 gimana ya?

    Naga putih memang tidak harus dibantu dalam penyerbukannya. Bunganya memang layu, tinggal dilihat, pada ujung batang bunga merah atau hijau. Kalau hijau, berarti nanti jadi buah. Dan sebaliknya ^_*

  16. pohon naga yg saya tanam baru kali ini yang pertama berbuah, tapi setelah saya lakukan penyerbukan seperti yang mbak bilang, eeeeeeee ternyata gagal juga lho…gimana lagi cara nya ya….

    Gagal? SErius gagal? Narus serbuknya gak salah, kan? ^_*<

  17. aq punya phon buah naga, sudah mw kembang trs udah kyk mw buah gt, tp kok gk bisa bnr bnr matang ya ? itu knpa ?

    Lha kok bisa? Coba dipupuk biar subur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *