oleh-oleh banjarnegara

Cara Mudah Memulai Bisnis Online

Cara Mudah Memulai Bisnis Online –  Gengs, konsep pemasaran modern atau yang lebih dikenal dengan digital marketing semakin hari makin terasa, ya. Apalagi pada masa-masa seperti sekarang ini yang mengharuskan masyarakat tetap #DiRumahAja. Makin terasa karena sangat membantu masyarakat memberikan kemudahan layanan yang cakupannya tanpa batas.

Sebagai contoh medianya adalah WhatsApp. Sekarang ketika mengklik tab status pada whatsapp, pasti kalian akan menjumpai lebih dari satu status yang menawarkan produk. Iya, kan? Contoh media lain yang menjadi ladang untuk bisnis online yaitu toko online atau ecommerce. Jangkauan ini tanpa batas karena dapat diakses dari penjuru dunia.

Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang baru begabung dengan digital marketing? Terlambatkah?

Emmh…tidak. Tidak ada kata terlambat dalam usaha memasarkan produk. Kalian pernah mendengar kisah jatuh bangun para pebisnis online, kan? Mereka terus mencoba menganalisa untuk menemukan masalah yang dihadapi pasar. Kira-kira apa yang dibutuhkan masyarakat mulai dari level premier sampai tersier, sehingga usahanya bisa terus berjalan.

Fokus dalam satu bisnis menjadi kunci utama bagi para pebisnis pemula apalagi jika bisnisnya dijalankan secara online karena pikiran, waktu, tenaga, dan modal, setidaknya harus dapat berjalan seimbang. Seperti saya dan teman-teman Dipayuda yang saat ini sedang fokus pada satu usaha yaitu memasarkan pariwisata Kabupaten Banjarnegara.

Kami memulai usaha online ini betul-betul dari NOL. Kami juga tidak ada pengalaman khusus dalam digital marketing. Makanya, kami sangat berhati-hati sebelum memulainya. Berikut beberapa hal yang telah kami lakukan sebelum memulai bisnis online:

Riset Pasar.

Tujuan utama kami turut memasarkan pariwisata Banjarnegara yaitu supaya jangkauan pemasaran makin luas, pariwisatanya makin dikenal sampai kancah dunia. Karena tujuan sudah jelas, maka yang harus kami lakukan adalah riset pasar, menemukan masalah-masalah yang ada di pasar. Kira-kira apa yang dibutuhkan para wisatawan dan tentunya dengan memberikan service yang unique, dong.

Analisis Kompetitor.

Jumlah perusahaan atau travel agent yang memasarkan pariwisata Banjarnegara jumlahnya tidak sedikit. Karena pemasaran kami secara online, hal pertama yang kami lakukan yaitu menganalisa kompetitor yang sama-sama memasarkan secara online dengan cara riset pada laman pencarian google dan media sosial. Dengan cara ini, kami bisa tahu apa saja kelebihan dan kekurangan kompetitor setelah mengunjungi website atau akun media sosial kompetitor.

Tentukan Target Pasar.

Butuh pemikiran sebentar tapi analisa yang lama ketika harus menentukan target pasar. 😀 Setelah selesai mengadakan riset pasar dan menganalisa kompetitor, target pasar pun harus ditentukan.

Meski produk yang ditawarkan sama, tapi pasarnya masing-masing. Nah, ini harus ditentukan targetnya mana saja. Dan untuk menentukan target pasar ini harus terus mencoba. Semacam trial and error, gitu. Tidak sekali jadi. Makanya saya bilang, butuh analisa yang lama. 😀

Cari Model Bisnis.

Ada banyak model bisnis online yang telah diterapkan oleh para pebisnis online yang lebih dahulu sukses. Ada sistem kerjasama review dengan Blogger, Influencer, penanaman link afiliasi, dll.

Semua model bisnis harus dipelajari sampai menemukan model yang tepat supaya bisnis dapat berjalan dan menghasilkan.

Buat Produk dan Website Resmi.

Apalah artinya jualan tapi tidak menampilkan produk? Pastinya kurang greget dan bisa dibilang hoax, dong! Lakukan pemotretan produk dengan angel semenarik mungkin. Setelahnya, buat website resmi untuk mengunggah produk. Website ini sangat penting karena dapat digunakan sebagai katalog produk dan memudahkan pemasaran ketika ada pelanggan yang menanyakannya.

Pasarkan!

Setelah semua ready, segera lakukan pemasaran. Gunakan semua channel dan akun yang telah dibuat. Terus lakukan promosi dan jangan lupa selalu adakan evaluasi atas promosi yang telah dilakukan.

Cara Mudah Memulai Bisnis Online bisa langsung dicoba jika kalian akan atau sedang memulai bisnis online. 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *