PERPANJANGAN SIM

Memperpanjang SIM Sepeda Motor

Memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) sepeda motor tidak membutuhkan waktu yang lama. Dua jam jadi! Bukan omong dowang lho, karena baru-baru ini telah saya buktikan.

Sebenarnya saya tidak yakin kalau bisa perpanjang SIM sendirian. Ini pertama kalinya saya perpanjang SIM di Polres Banjarnegara. Gak didampingi siapapun. Padahal, biasanya kalau ngurus ini itu didampingi Bapak. Manja banget saya, ya!.  😆

Langsung masuk Polres Banjarnegara pukul 08.00 WIB. Di pos tamu, saya bertanya kepada seorang Bapak yang saat itu berjaga di Pos.

“Pak, ruang untuk memperpanjang SIM sebelah mana, ya?”. SIM yang akan saya perpanjang adalah SIM C. Dengan telunjuknya, beliau menunjukkan arah ruang perpanjang SIM.

Berikut langkah-langkah atau cara perpanjangan SIM di Polres Banjarnegara:

Perlengkapan yang harus dipersiapkan perpanjangan SIM :

1. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), dua lembar.
2. Surat Ijin Mengemudi (SIM) lama asli.
3. Foto Copy Surat Ijin Mengemudi (SIM) lama, satu lembar.

Setelah dokumen siap, kamu lanjutkan proses perpanjangan SIMnya.

1. Menuju ruang KIR Dokter yang ada di kanan traffic light Polres Banjarnegara. Di ruang ini saya menyerahkan foto copy ktp, foto copy SIM lama, lalu duduk manis. Bapak Dokternya ramah, menanyakan pekerjaan, alamat dll. Tapi, saya tidak dicek kesehatan sama sekali. Meski demikkian, saya mendapat surat keterangan sehat dari Bapak Dokter. Dinyatakan tidak buta warna, alat dengar normal dan alat gerak normal. Biaya KIR Dokter Rp 20.000,-

2. Setelah mendapat surat keterangan sehat, saya menuju Ruang Sidik Jari yang ada di pintu kanan utama. Di ruang ini, petugas sidik jarinya gak ramah blas. Cuma nyodorin formulir sidik jari untuk diisi. Untung indera penglihatan saya masih berfungsi maksimal. Jadi, saya bisa mengisi formulir tanpa tanya-tanya petugas. Gak kebayang, kalau yang perpanjang SIM adalah Bapak-Bapak berumur 45+.

Karena saya belum mempunyai kartu sidik jari, jadi saya harus membayar Rp 15.000,- untuk mendapatkan kartu sidik jari. Saya juga menyerahkan satu lembar foto copy KTP di sini.

Gak buat mandi. . . 😛

3. Proses sidik jari selesai. Segera cuci jari yang terkena tinta hitam supaya gak macet. Lalu, menuju ruang pembayaran perpanjangan SIM. Di sini saya tidak hanya membayar saja, tapi juga mengisi formulir perpanjangan SIM yang sudah disediakan. Sama halnya dengan pengisian form di ruang sidik jari, mengisi formulir di ruang ini juga mandiri. Tapi gak perlu khawatir, karena ada contoh formulir yang sudah jadi ditempel di papan. Tepatnya dinding. 😆

4. Selesai proses isi formulir, saya menyerahkannya kembali kepada petugas dan membayar perpanjangan SIM sebesar Rp 75.000,-. Seluruh berkas yang ada ditangan, saya serahkan pada petugas lewat loket perpanjangan SIM. Lalu, saya mendapat nomor antrian foto SIM.

KARTU ANTRIAN FOTO SIM

Jempol saya kiyuut beuud! :mrgreen:

5. Langkah terakhir yaitu masuk ruang foto SIM. Di sini santai banget, begitu juga dengan petugas-petugasnya. Mungkin, supaya yang mau difoto gak pada tegang kalik, ya. 🙂

Setelah sesi foto SIM selesai, hanya menunggu beberapa menit SIM langsung jadi. SIM lama ditarik petugas, diganti dengan SIM baru. Perpanjangan SIM C selesai pukul 09.40 WIB. Gak sampai dua jam berarti.

Mengapa perpanjangan SIM tidak membutuhkan waktu lama? Sebab, saya memilih hari Sabtu, dimana hari tersebut tidak terlalu banyak orang yang mengurus SIM. Alasannya, mungkin karena jam layanan hanya setengah hari, sampai pukul 11.30 WIB dan berterpatan dengan weekend juga. Jadi, rada sepi.

Saya sarankan, kalau mau perpanjang SIM mending ambil hari Sabtu saja, ya! Dan jangan sampai menggunakan jasa calo perpanjangan SIM, mubah dan gak ilok.

Tanya dong! Perpanjangan SIM di Polres kamu biayanya berapa?

23 thoughts on “Memperpanjang SIM Sepeda Motor

  1. Kemarin aku baru perpanjang juga Idah tapi gak sampai 1 jam jadi, oh atau mungkin karena hari kerja y jadi lebih cepat

    Soalnya saya terlalu banyak muter2nya, Mba Lid. Hahahaha^_*

  2. nah ini yang sy bingung SIM ku masih sesuai KTP kota lama sedang aku pindah KTP di tempat yang baru.. jangan2 diminta bikin SIM sejak awal 🙁

    Yooo gak noooo. Konsul wae, Mas Top. ^_*

  3. Jadi inget, bentar lg saya harus perpanjang SIM. Moga aja bisa cepet, dan harganya bisa lebih murah hehe

    Rp 100.000,- buat lima tahun. Murah, kan? Hahaha ^_*

  4. kunjungan pertama mbak, salam kenal. oh begitu ya…. baru tahu saya soalnya masih sekolah jadi belum punya sim. thanks mbak infonya

    Kelas berapa, zamusik? Terima Kasih sudah berkunjung dna salam kenal kembali dari Idah. ^_*

  5. sejak bisa naik motor kelas 2 smp (2002) belum punya sim, cuma dua kali doang kena razia, setelah menikah sering kena razia, kemudia aku nelpon suami, suami datang beres dengan kartu persnya 😀

    Pemirsa! Jangan ditiru perbuatan Mrs Asvan ini, ya! Hahaha ^_*

  6. Suk mben nek aku wis nduwe sim, nek perpanjangan sabtu wae ah..
    Koncoku nganjuk, perpanjangan sim dino senin yo gak suwe kok Dah, mungkin Nganjuk kali ya, kota kecil.

    Emang durung duwe ya, MAs Ndop? Weleeeh. . . ^_*

  7. yihaaaaaaaa sangat bermanfaat nih
    secara SIMku bulan mei besok udah habis masa berlakunya, rencananya sih juga mau perpanjang
    mudah2an prosesnya cepet kayak kamu ya Idah ehhehee amin

    Kalau di kota besar, malah katanya hanya beberapa menit ajah, Mba Mei. 😀 ^_*

  8. Salam kenal Mbak Idah 🙂
    Saya bulan lalu perpanjang SIM tidak ke Poltabes tetapi ke mobil SIM Keliling di Kota Pontianak. Hanya bawa fotocopy KTP, tgu antrian trus foto dan tunggu SIM baru jadi. Kira-kira 15 menit selesai.

    Salam kenal juga, MBa Nuri. Enak dong, dijemput SIM Keliling. Biaya lebih murah gak sih, Mba? ^_*

  9. setiap perpanjangan kok selalu cek sidik jari, data yang dulu kan sudah ada. (apa hanya di polres banjarnegara aja ?)

    Saya baru pernah sidik jari, Mas Trimo. Gak baca penuh, ya? Weeeks!. ^_*

  10. kadang sy bingung juga kalau datang banyak yang nawari jasa, bagusnya sendiri apa pake jasa ya

    Mandiri dong, lebih aman. Hehehehe ^_*<

  11. mba kalo saya kan tahun kelahiran sim sama ktp beda hehe *dulu buat sebelum waktunya. bisa perpanjang nggak sih?atau harus bikin lagi?

    Ada baiknya datang ke POLRES saja, ya. Saya enggak paham e. Maaf, ya. 🙂

  12. Emang mbaknya dari banjarnegara juga ya? wah membantu banget jadi paham alur n gedungnya kalau mau perpanjang di polres banjar 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *