Floating Marketing Bandung

Cerita ABG dan Pekerjaan Sampingannya

CERITA ABG —–>Tema Pertama Program PKK WB

Cerita ABG dan Pekerjaan Sampingannya saya tulis untuk ikut berpartisipasi pada program Peduli Kata Kunci (PKK) Warung Blogger. Cerita ABG  adalah tema pertama program PKK. Program ini mempunyai niat mulia, yaitu menyingkirkan seluruh artikel bertema Cerita ABG yang berisi konten negatif pada mesin pencari (google).

Beberapa kali mengamati dan membaca artikel yang berjudul Cerita ABG (konten negatif ), koq banyak yang berkaitan dengan pekerjaan sampingan, ya. Ketika membaca judul Cerita ABG dan Pekerjaan Sampingannya, sekilas saya merasa kagum. Kagum karena masih ABG atau remaja tapi sudah mempunyai pekerjaan sampingan.

Orang tua mana yang tidak banga ketika melihat anak-anaknya yang masih tergolong ABG sudah mempunyai pekerjaan sampingan. Menjumpai mereka sedang belajar kerja untuk menambah pengalaman dan atau menghasilkan uang untuk sekedar tambahan uang jajan, tabungan atau membantu orang tua. Cerita ABG yang kreatif seperti ini pasti akan membuat bangga orang tua, keluarga, masyarakat dan Sekolah.

Kenyataan lain saya temui pada search engine. Bahwa pekerjaan sampingan yang dilakukan oleh ABG tuh jauh dari kegiatan positif. Lebih condong pada pekerjaan atau kegiatan negatif. Saya tidak perlu menuliskan kegiatan ABG yang melenceng jauh dari norma agama itu, keluar jauh dari Jalan dan PerintahNya.

Memang, anak pada usia ABG sifat dan sikap mudah goyah,  atau yang biasa dikenal dengan labil. Ya, ABG labil. Melihat teman naik motor baru, tidak tahan goda. Sampai dibela-belain untuk pinjam tukang ojek atau pinjam milik tetangga. Melihat teman memakai Tas Sekolah KW KW KW, tidak tahan melihatnya. Melihat teman memegang Iphone 5, ingin memegangnya juga.

Salah satu hal di atas kadang menjadi pemicu para ABG untuk mencari pekerjaan sampingan. Jika mereka orang mampu, dengan mudah mereka akan membelinya. Jika mereka dari keluarga kurang mampu, tapi imannya kuat, mereka akan berikhtiar dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkannya. Bagi ABG yang kurang mampu, tapi tidak kuat iman, apa yang akan mereka lakukan? Terkadang ABG kondisi terakhir ini akan menghalalkan segala cara untuk mendapat keinginannya. Begitulah yang saya baca dari artikel-artikel bertema Cerita ABG dan Pekerjaan Sampingannya versi cerita negatif dan sama sekali tidak mendidik.

Bagi para ABG, baik yang labil atau sudah stabil, ada beberapa pekerjaan sampingan  ABG yang bisa dilakukan oleh kalian disaat sedang senggang. Disaat mempunyai sisa waktu (longgar), kalian bisa beralih profesi dari Pelajar dan atau Mahasiswa menjadi :

1.    Blogger.

Karena yang sedang bergrilya pada program PKK adalah Blogger, maka profesi pertama yang saya rekomendasikan adalah Blogger. Kalian bisa menekuni profesi ini ketika mempunyai sisa waktu. Bisa dikerjakan kapanpun, yang penting tidak mengabaikan kewajiban kalian sebagai pelajar, yaitu Belajar.

Disini kalian bisa berbagi cerita aktivitas sekolah, tapi yang positif lho, ya. Bisa juga berbagi tugas sekolah. Ya, setelah tugas sekolah atau PR selesai, kalian bisa menulisnya di Blog. Selain sebagai kenangan sepanjang masa, siapa tahu tugas kalian bermanfaat untuk teman (siswa) lain. Kalian juga bisa mendapat tambahan uang jajan dari profesi ini. Silakan kalian baca Cara Mendapat Uang Melalui Blog.

2.    Penulis.

Profesi ini sama halnya dengan profesi Blogger, namun cenderung mengasah hobi atau bakat kalian pada bidang writing. Semisal, menulis cerpen, puisi, pantun, resensi buku dll. Jika kalian bisa menekuni pekerjaan sampingan ini, tidak menutup kemungkinan kalian akan menjadi ABG yang HOT. HOT dalam arti dapat meraih prestasi pada usia muda. Menjadi penulis media massa atau novel misalnya.

3.    Pedagang

Nah, kalau profesi yang satu ini, kalian harus berhati-hati, ya. Karena pada profesi ini, tidak melulu akan mendapat keuntungan. Ya, namanya juga ikhtiar. Terpenting, kalian harus jujur dan tidak pelit. :mrgreen:

Beberapa contoh pekerjaan sampingan untuk kalian yang masih ABG pada profesi pedagang antara lain;

  • Membawa cemilan ke Sekolah untuk dijual kembali.
  • Deposit pulsa untuk dijaul kembali.
  • Sebagai perantara atau agen dengan membawa majalah produk tertentu.

Dan masih banyak lagi pekerjaan sampingan ABG yang bisa kalian lakukan. Saya hanya berpesan, jangan sampai kalian menjadi pedagang obat-obatan terlarang. Kasihanilah diri kalian sendiri. Kasihan orang tua, keluarga, pihak sekolah dan masyarakat disekitarmu juga. Awas!

Sudah menjadi kewajiban para ABG untuk bersikap sopan dan bertindak santun. Ciptakan Cerita ABG dengan perilaku positif. Ukirlah Cerita ABG Dengan Pekerjaan Sampingannya yang bisa membuat Agama, Orang tua, Nusa dan Bangsa bangga. Karena, Cerita ABG dan Pekerjaan Sampingannya yang positif bisa menjadi titik awal keberhasilan dari kehidupan.


Bersihkan Konten Negatif Cerita ABG“!

22 thoughts on “Cerita ABG dan Pekerjaan Sampingannya

  1. untung masih bisa menjaga godaan kalo lihat teman bawa sesuatau yang wah..
    iya juga ya pekerjaan sampingan bisa diisi dengan kegiatan positif… salut deh dg pelajar/mahasiswa yang bisa sperti itu.. aq aja ga bisa…

    Meski udah gak ABG, boleh punya pekerjaan sampingan koq, Mas. . . :mrgreen: ^_*

  2. jadi inget dulu semasa sekolah, saya suka jualan juga *jual jasa* kalo guru nyuruh ini itu kan suka ada imbalannya.. hihihihi *kecil”matre*

    Wkwkwkwk. . . digebuugi guruu, Mba. . .:mrgreen: ^_*

  3. Saya dulu termasuk ABG yang udah punya pekerjaan. Gak cuma sampingan, tapi malah jadi sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
    Mulai kerja kantoran umur 17thn. Pas lagi anget2nya jadi ABG kan tuh

    hihihi

    Saya saluuut, MBa. Sungguh. . . ^_*

  4. Ide bagus buat pekerjaan sampingannya pelajar. Lagi pengen nih ngajarin anak utk belajar dagang juga 🙂

    Kalau mampu bisa mulai belajar dagang ya, Mba. :mrgreen: ^_*

  5. Wah saya suka ketiga pekerjaan ABG di atas, dan ketiga-tiganya saya jalani. Kebetulan saya masih ABG 😀

    Hahahaha. . .ABG produktiif ya, Mas. :mrgreen: ^_*

  6. Turut mendukung konten positif di internet, sering miris klo misalnya searching “semarang”, malah suggestion dari search engine “abg ngen*** semarang?”
    Badalaaaahhh…

    Ikut buat dong. Judulnya ABG Semarang gitu, Mas. :mrgreen: ^_*

  7. ayo mba kita bersihkan halaman 1 dengan konten yang positif 😉
    salam kenal,,

    uuk mariiii. Salam kenal juga dari Idah. :mrgreen: ^_*

  8. waow abg positif dan berprestasi .. ayo semangat hapus yang negatif … salam kenal semua .. mari berkunjung kerumah saya juga .. ^_^

    Rumahnya jauh bangeet, Mas. :mrgreen: ^_*

  9. setujuuu, blogger jadi pekerjaan sampingan utama. gak cuma bisa menuangkan ide, ataupun pengalaman pribadi, kan nanti bisa saja ikutan kontes, giveaway, kuis klo menang kan bisa dapat hadiah 😉

    Kalau dapat hadiah senang ya, Mba. :mrgreen: ^_*

  10. Terus terang akang baru tau tentang program seperti ini. Sesuatu yg tampak sepele tapi bermanfaat besar bagi generasi muda. Bayangkan seorang ABG yg betul2 ingin mencari pekerjaan sampingan kemudian googling di internet dan dia dapatkan seluruh halaman 1, 2, 3 dari mesin pencari menampilkan konten negatif. selain akan membuat semakin bingung maka kondisi ini bisa saja membuatnya berpikir tak ada pekerjaan untuk ABG selain hal2 negatif. Salut buat yg punya hajat #tentunya salut juga buat Idah yg telah ikut berpartisipasi 🙂

    ABG+ ABi Gilang. Hihihi. Kapan2 ikut program ini ya, Kang! ^_*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *