BNI SIMPONI

Mempersiapkan Dana Pensiun Muda BNI Simponi

Mempersiapkan Dana Pensiun Muda Bersama BNI Simponi– Mungkin terdengar agak menggelitik, ya. Ketika anak muda berusia setengah abad membicarakan tentang pensiun muda. Emang setengah abad tergolong muda? :mrgreen:

Enggak masalah, kan? Karena, yang namanya manusia sudah seharusnya membuat sebuah rencana-rencana positif untuk masa depannya. Sudah mempersiapkan segala sesuatu dengan terrencana saja, terkadang realisasinya tak sesuai dengan harapan, ya. Itu takdir.

Kali ini, saya mau sharing seputar simpanan jangka panjang untuk hari tua. Lebih tepatnya berbagi informasi kepada pembaca yang cerdas. Teman-teman sudah pada punya simpanan berupa tabungan, kan, ya? Yuuk, sharing seputar simpanan tersebut!

Simpanan Berupa Tabungan

Menyoal tentang simpanan yang berupa tabungan ini bersifat tidak mengikat sama sekali. Artinya, nasabah bisa setor uang, bisa juga tidak. Sesuai dengan kemauan si nasabah. Dan, untuk simpanan dengan jenis tabungan ini menurut saya kurang menantang. Karena, sifatnya yang tidak mengikat. Ibarat tidak ada tanggungan wajib, dan terkadang bisa diabaikan. Ini bagi saya lho, ya. Kan pribadi orang berbeda-beda, ya.

Dan, saya lebih suka simpanan yang bersifat mengikat. Rasanya seperti ada kewajiban untuk menyisihkan uang untuk masa depan. Tapi, bukan berarti saya enggak suka dengan sistem simpanan berupa tabungan lho, ya. Saya pun menabung koq. Menabung satu kali dan mengambilnya berkali-kali. Hahaha.

Lalu, contoh simpanan yang mengikat seperti apa?

Saya bekerja sebagai karyawan di salah satu instansi pemerintah memang belum lama. Jika melilhat teman-teman yang sudah berkeluarga pada rajin menyisihkan uang, koq rasanya ingin mengikutinya.

Niat sudah mulai ingin mempersiapkan tabungan untuk masa depan. Mulai tabungan pendidikan (anak) sampai dengan tabungan pensiun muda. Nah, dua tabungan yang saya sebut ini adalah contoh simpanan tabungan yang bersifat mengikat.

Untuk tabungan pendidikan, saya sudah memulainya sejak saya masuk kerja, dengan sistem potong gaji. Dalam MoU-nya, tabungan ini bisa diambil minimal dalam kurun waktu lima tahun.

BNI SIMPONI PERKIRAAN

Perkiraan dana pensiun. . .

Sedangkan untuk tabungan pensiun muda, saya baru mencari tahu informasinya. Penting bagi saya mempunyai tabungan pensiun muda. Jika ditanya, apakah ada rencana untuk pensiun muda? Saya menjawab belum ada rencana. Namun, tidak ada salahnya saya mempersiapkan dana pensiun muda ini. Meski nantinya enggak pensiun muda, tapi dana tetap bisa digunakan untuk simpanan, kan?

Saya pun mulai melirik BNI Simponi untuk mulai mempersiapkan masa depan dengan dana pensiun muda. Teman-teman sudah tahu tentang BNI Simponi, belum? Ada sedikit penjelasan dan gambaran dari saya.

BNI Simponi adalah layanan program pensiun yang diselenggarakan oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk  (DPLK BNI) sejak tahun 1994 berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun.

BNI Simponi ini bukan program baru. Tapi, program lama yang saat ini memang banyak diminati oleh generasi muda, orang tua dan seluruh lapisan masyarakat.

Mengapa banyak masyarakat yang berminat?

Pertama, dilihat dari jumlah minimal setoran per bulannya yang relatif ringan. Yaitu, mulai dari Rp 50.000 per bulan. Rendahnya nominal iuran ini membuat para peserta merasa ringan dan tidakkeberatan untuk setorannya.

Keunggulan lainnya, dana pensiun terbuka untuk siapa saja. Maksudnya, tidak terpacu pada sebuah profesi tertentu. Maksudnya, entah itu Anda berprofesi sebagai Petani, Nelayan, Pegawai Swasta, PNS, Pedangan, Abang Bakso, Mahasiswa dan sebagainya, bisa menjadi peserta BNI Simponi. Mereka bisa dengan mudah menjadi peserta BNI Simponi, asal memenuhi syarat.

Lalu, apa saja syarat untuk menjadi peserta BNI Simponi?

Terlebih dahulu, calon peserta datang ke Kantor Cabang BNI terdekat dengan membawa persyaratan sebagai berikut:

1. Fotocopy KTP
2. Fotocopy Kartu Keluarga
3. Mengisi aplikasi sesuai dengan identitas diri
4. Setor iuran awal, minimal sebesar Rp 250.000

Sebelumnya calon peserta harus mengisi form BNI Simponi yang telah disediakan oleh Bank. Lalu, Costumer Service akan melakukan validasi perihal pendaftaran calon peserta. Setelah syarat terpenuhi, calon peserta resmi menjadi peserta BNI Simponi. Dan, peserta bisa mulai melakukan setoran pada saat itu juga. Peserta bisa melakukan setoran minimal Rp 50.000 per bulan. Dan, tidak ada ketentuan untuk setor tiap bulannya. Teman-teman bisa setor pada awal, tengan atau akhir bulan. Sangat ringan, bukan?

Gambaran Hasil Iuran Dana Pensiun Muda

Mencari informasi melalui internet rasanya kurang puas. Merasa ingin tahu lebih detail, akhirnya saya datang ke BNI Cabang Banjanegara. Di sana saya mendapat banyak pengetahuan dan pencerahan dari Mba CS. Berikut program dana pensiun muda yang terbagi menjadi beberapa paket.

BNI SIMPONI PAKET

Paket BNI Simponi. . .

Saya di sarankan untuk memilih Paket 06 dengan prosentase hasil Fifty-Fifty antara Pasar Uang dan Obligasi. Alasannya, supaya seimbang pada hasil akhir iuran. Dan, saya pun mencoba menghitung simulasi BNI Simponi. Berikut gambaran hasil iuran dana pensun muda.

SIMULASI BNI SIMPONI

Simulasi input BNI Simponi. . .

SIMULASI OUTPUT BNI SIMPONI

Siap menggenggam. . .

Artinya, jika saya setor iuran awal Rp 250.000 dan selanjutnya iuran Rp 100.000 tiap bulannya, pada perkiraan usia pensiun 45 Tahun, akan mendapat dana pensiun sebesar Rp. 70,082,967. Iuran ini ditempuh dalam kurun waktu 20 Tahun.

Teman-teman bisa mencoba simulasi BNI Simponi melalui lini http://www.bni.co.id/Simulasi/BNISimponi.aspx. Pada saat akan menginputkan simulasi, saya sarankan teman-teman memilih fitur Bahasa Inggris. Karena, beberapa kali saya mencoba menggunakan fitur Bahasa Indonesia, simulasi tidak bisa dikalkulasi.

Lalu, Bagaimana dengan Administrasi BNI Simponi?

Administrasi dana pensiun muda bersifat tetap. Administrasi sebesar Rp 18.000 per tahun. Sedangkan biaya pengelolaan rekening Rp 0,85% dari total dana yang ada. Sedangkan, prosentase Bunga menyesuaikan dengan pasar uang dan juga obligasi per bulannya.

BNI SIMPONI HASIL BAGI

Gambaran iuran peserta mulai dari Rp 100.000. . .

Bagi saya, hasil Rp. 70,082,967 lumayan banget. Pada usia 45 Tahun, dana bisa saya gunakan untuk simpanan masa tua atau kebutuhan lainnya. Yang jelas, dana pensiun muda ini sangat bermanfaat. Meski judulnya dana pensiun muda, tapi saya bisa menggunakannya untuk kebutuhan lain juga. Semacam investasi juga.

Manfaat lain dari BNI Simponi secara teoristis

Masa Depan Lebih Terjamin. Karena, pada saat pensiun, peserta akan mendapat dana pensiun berdasakan besarnya iuran, lama kepesertaan dan tingkat pengembangan dana selama masa kepesertaan.

Kesejahteraan Lebih Optimal. Peserta akan memperoleh pengembangan dana yang lebih optimal, karena dana peserta dikelola dan dikembangkan secara profesional.

Pilih Setor Secara Pribadi atau Potong Gaji?

Saya pribadi lebih memilih setor secara pribadi. Karena, lebih leluasa dan bebas. Selain itu, jika saya ikut menjadi peserta dengan embel-embel Kantor, pada saat pengambilan dana pensiun harus menyertakan surat pensiun. Jadi, saya memilih yang simpel saja.

Apakah BNI Simponi Aman?

Sebelum menjadi peserta, saya harus mencari tahu tentang Aman tidaknya suatu produk, ya. Bahwa, sebelum bernama BNI Simponi, dulunya program ini bernama DPLK BNI atau Dana Pensiun Lembaga Keuangan.

Perlu diketahui, BNI Simponi adalah Lembaga yang terpercaya sebagai penyelenggara layanan pensiun BNI Simponi. Pengurs DPLK BNI adalah Direksi BNI dan operasionalnya dilaksanakan ileh pegawai BNI serta menggunakan sarana dan prasarana BNI, Bank pemerintah yang sudah terpercaya reputasinya. Jadi, calon peserta tidak perlu ragu untuk menjadi peserta BNI Simponi, karena Insya Allah Aman.

Setelah mengetahui lebih detail tentang BNI Simponi, terlihat jelas lebih banyak manfaatnya daripada mudharatnya. Seakan mempunyai kewajiban menabung, ya. Adakalanya manusia memang harus dipaksa untuk memulai hal kebaikan. Terlebih, jika berhubungan masa depannya dan kesejahteraanya.

Maukah Anda mempersiapkan dana pensiun muda bersama BNI simponi? Yuk, bangun masa depan Anda mulai dari sekarang! Informasi lebih detail, bisa dibaca pada link ini http://bit.ly/BNI_Simponi.

Referensi:
http://www.bni.co.id/id-id/bankingservice/consumer/simpananpensiun/bnisimponi.aspx

45 thoughts on “Mempersiapkan Dana Pensiun Muda BNI Simponi

  1. BNI Simponi? aku kok baru denger ya 🙂
    wah ternyata manfaatnya banyak banget, bisa nih Idah dicoba buat nabung masa depan kelak, dan yang paling aku suka sih ya itu aman. Kalau aman otomatis safety pelanggan terjaga kan yaaa

    Iya, Mei. Iuran bulanannya terjangkau banget. Yuuk, siapkan masa depan dari sekarang. ^_*

  2. wwaaah setiap kesini pasti udah ketinggalan aja beberapa tulisan, toop idah rajin dan semangat nulisnya, apalagi banyak tulisan yg informatif kek gini…. *jempolbuatidah

    Mumpung ada waktu, Mba. Hahahaha. ^_*

  3. nabung…nabung yuk untuk hari tua. Aku berkunjung idah 🙂 doakan semangat ya hehehe

    Nabung dengan semanga. Tua kaya raya, Mba. 😆

  4. wah baru tau,,
    tapi udah punya dua rekening bank,, itupun isinya cuma lewat ,,
    ntar kalo isinya udah ga muat di satu bank,, buka rek BNI dah,,
    thanks ya mbak

    Waaah, kalau gitu perlu satu rekening untuk masa depan tuh. Masa cuma lewat dowang, Mas To. 😆

  5. Aku kok nggak bisa pakai simulasinya ya Mak? Apa lagi troublekah? Enggak terproses kalkulasinya.*penasaran

    Mba Widyanti pilih bahasa inggris saja, Mba. Yang Indonesia memang belum jadi. Saya juga mencoba belum jadi.

  6. Wah, menarik nih. Aku pengen pensiun muda. Tp, emangnya aku karyawan? Isss…. 😀

    Tabungan pensiun muda ini bukan hanya untuk karyawan, Mba. Baca lagi, ya. 😉

  7. Ini program tabungan yang sangat mendidik, Mbak Idah. Mengajarkan orang disiplin dalam mempersiapkan masa depan 🙂

    Benar, Ibu. Yuuk, buka tabungan simponi. 🙂

  8. Setujuuuu…. Tabungan biasa memang kurang menantang, kudu ada investasinya.

    So, mari siapkan dana untuk membuka tabungan simponi. 😀

  9. BNI Simponi? Baru dengar sekarang aku mbk. Tapi aku masih belum rencana ke situ ya. Biayain adik dulu sekolah aaja. Sambil semangat kerja.

    Membiayai adik juga investasi lho. 🙂

  10. cepetnya, aku baru tahu lomba blog BNI ini td siang. Pengen ikutan dan semoga sikonnya cooperative.
    Sukses ya lombanya, nti main ke jogya trs traktir guweh lho?

    Hahahaha. Makan2 ayuuh, Mba. 😛

  11. Alhamdulillah saya udah ikutan walaupun bukan di BNI tapi di bank lain, bener mak Idah, ikutan nabung untuk masa tua HARUS itu, kita kan engga tau bagaimana nasib kita di masa tua nannti thoo…! ayo nabung! ssttt saya bukan karyawan lhoo tapi tukang warung kecil-kecilan!

    Asyiik banget udah punya simpanan, Mba. 😀

  12. Kantor saya juga memprogramkan ini buat semua karyawannya,deh akhir tahun nanti sudah bisa ikutan. Langsung aja ke BNI nggak perlu lewat kantor. ??????? tlg doakan

    Saya harus mendoakan gimana, Mas? 😆

  13. Bagaimana jika sudah pensiun? Masih boleh ikut?
    Terima kasih infonya
    Salam sayang dari Surabaya

    Tidak bisa, Pakde. Tapi, Pakde bisa mendaftarkan BNI Simponi untuk anak atau ponakan, ya.

  14. Aku mau ikutan juga aaahh…mumpung dah ada rekening BNI. thks for share ya Idah.

    Nanti untuk setornya bisa langsung potong dari tabungan lho, Mba. Kalau sudah punya tabungan taplus BNI. 😀

  15. Padahal kantor BNI mepet dengan rumah saya, eh malah saya nggak tahu program ini.

    Sekarang sudah tahu kan, Pak. Yuuuk, nabung untuk hari tua.

  16. Kemaren baru denger2 doang dari kaka tapi kayanya jadi minat buat ikutan ni walau blom kerja juga 🙂

    Sisihkan uang jajan saja, Linda. Yang penting ada niat, ya.

  17. mbae, ini buat lomba menulis blog dari BNI simponi kan yah? saya juga ikut, tapi ko kg ada pengumuman pemenangnya smp skrg…

    Belum mungkin, ya. 😆

  18. ga pake lama,baca2 dan cari infonya dah dr minggu kemarin,senin depan sdh hrs jd peserta,,,hayoo aku hrs semangat,,,,!!!

    Semangat terus, dong! 😀

  19. Sama ikut bni simponi.btw sama jg orang banjarnegara.salam kenal.
    Lbh enak ikut yg fiftyw deposito dan obligasi?atau full deposito?

    Belum survey apalagi prakti, jadi belum tahu. . 😀

  20. Saya udah lama d ikutkan kantor dplk bni.. Namun banyak temen kantor belum sadar manfaat ini ( buru2 d cairkan walau blum seberapa).. Selain msh rutin d bayari kantor sy jg tambahin sendiri klo ada uang lebih… Mudah2 an bermanfaat kelak.. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *