Eksplorasi Potensi Daerahmu

Eksplorasi Potensi Daerahmu – Daerahmu? Banjarnegara, dong? Hihihi. Sssst. . .banyak orang bilang, Banjarnegara termasuk Kabupaten yang cukup. Cukup kecil, maksudnya. Ya, saya akui memang cukup kecil jika dibandingkan dengan Kabupaten sebelah. Kabupaten Purbalingga, Wonosobo atau Cilacap, misalnya.

Namun, dengan sebutan “kota kecil“, sama sekali tidak menyurutkan semangat masyarakat Banjarnegara untuk tetap berkarya, meciptakan suatu usaha. Terlebih, sekarang Pemerintah Daerah support penuh kepada masyarakat yang mau merintis usaha, dengan memanfaatkan program PNPM-MD.

Lalu, ada usaha apa saja di Banjarnegara? Oke, saya urut satu per satu dari Kecamatan ujung barat. Adalah Kecamatan Susukan. Kecamatan ini mempunyai banyak wirausaha yang menjalankan usahanya secara individu. Kerajinan Batik Tulis Gumelem, misalnya. Tak berhenti pada home industri, di Kecamatan ini juga terdapat kelompok usaha yang memproduksi aneka cemilan, seperti; Sale, Kripik Pisang, dll.

Lanjut menuju timur, yaitu Kecamatan Klampok. Banyak terdapat home industri milik penduduk. Antara lain; Kerajinan Keramik, Rajutan, Anyaman dll. Singkat penjelasan, makin ke timur, ada Kec. Mandiraja yang unggul dengan Minapadi dan Pederes Gula. Kec. Bawang dengan hasil ikan gurameh, ikan patin, ikan lele dll. Lanjut Kecamatan yang ada diantara bukit, yaitu Kec. Batur, memiliki hasil produk unggulan berupa aneka sayuran segar, kripik kentang, ubi dll. Kec. Madukara unggul dengan produk Salak dan aneka cemilan berbahan dasar salak.

Emmm. . . katanya Kabupaten kecil. Tapi, belum ada sebagian Kecamatan yang disebut, sudah ada banyak potensi. Padahal itu baru potensi buatan manusia, belum lagi potensi Alam, ya. Jika kesemuanya di ekplorasi, akan menjadi suatu daya tarik, makin menarik dan menawan. Hahaha

Ini bukan secara tiba-tiba saya menulis tentang Eksplorasi Potensi Daerah. Namun, ada hal yang melatar belakangi postingan kali ini. Yaitu, bahwa komunitas Warung Blogger, pada usianya yang ke-3, mengajak teman-teman semua untuk PEDULI POTENSI DAERAH. Saya yakin, masing-masing daerah mempunyai potensi, yang jika dieksplorasi akan makin diketahui keberadaannya.

Kegiatan eksplorasi ini tidak melulu terkait dengan tempat wisata, SDA, produk atau karya yang sudah ada atau dikenal. Bisa juga produk atau potensi daerah yang belum pernah dipublikasikan, masih menjadi riset, tetapi mempunyai potensi. Melalui tahap penjelajahan, pencarian, penelitian, maka eksplorasi akan membuahkan hasil. Akan terus berkembang dan dikenal khalayak ramai nantinya.

Nah, akhir kata, saya mengajak teman-teman semua untuk turut Eksplorasi Potensi Daerahmu. Eksplorasi ini bertujuan baik, selain mengenalkan potensi daerah melalui media Online, ini juga termasuk salah satu bentuk promosi online terhadap potensi daerah. Buatlah satu artikel tentang Potensi Daerahmu. Kemudian, baca persyaratannya di #3TahunWB Blog Competiton. Kalau bukan Anda sendiri, siapa yang akan peduli dengan potensi daerah Anda. .

Warung Blogger

23 thoughts on “Eksplorasi Potensi Daerahmu

  1. Dengan tema ini kita akan lebih mengenal lagi daerah kita ya.
    Siapa lagi klo bukan kita yang mengenal dan mengenalkan daerah kita?
    Moga sukses dan lancar jaya buat Warung Blogger 🙂

    Siapa hayoo? Pemerintah harus mendukung tentunya ya, Mas. Aamiin. . . ^_*

  2. Semarang juga punya batik, trus apa lagi ya.. *mikir

    Yang lebih khas kayaknya ada lho, Mba. Seperti Lumpia sama Bakso Tahu. 😀 ^_*

  3. lombanya sgt unik dan menarik, dpt berpartisipasi utk pembangunan daerah masing2, apalagi klo hasil lombanya berhasil diteruskan dan dihubungkan dgn stakeholder terkait spt pemda dan pelaku usaha 🙂

    HoOh. Jangan lupa ikut ya, Mas. ^_*

  4. Potensi SDA nya sepertinya sangat komplit apalagi di setiap kecamatan berbeda keunggulannya. Sayangtnya saya belum pernah ke Banjarnegara pingin ngicipi salak Madukara

    Sini main, Pak. 😛 ^_*

    • Banjarnegara mah beda tipis sama Sumedang yang juga punya potensi SDA dan SDM yang ngga kalah sama daerah laen.
      kayanya boleh juga dicoba ikutan ekplorasi daerahku nih.
      makasih ah

      Ditunggu partisipasinya ya, Mas. ^_*

  5. seru mba banjarnegara..saya suka banget kalo lewat kota ini..dan berkhayal, kota lain seperti kotane mba’e..adem ayem 🙂
    betewe selamat berkontes ria ya mba..numero uno nih! semoga berhasil memboyong piala!

    Ini bukan kontes, Kaka. Kabar2 kalau ke Banjar, ya. ^_*

  6. pengeeeen ikutaan >.< tapi saya gak pinter 'menelisik' hmm, coba baca-baca dulu ahh syaratnya 😀
    makasih kakaaa infonyaa..

    Rani, coba dulu deh, ya. Ditunggu keikutsertaanya, ya. .. ^_*

  7. Kota2 yg namanya ada “negara” nya pastinya punya potensi besar, kayak Bojonegoro, banjarnegoro..
    Kalau saja Nganjuk ada negaranya pastinya juga punya banyak potensi haha..
    ngawur banget ya komenku..

    Keknya dirimu suk mben jadi bupati Banjarnegara saja deh Dah, cocok.

    Kamu saja sana yang jadi Bupati Nganjuk, Mas. 😛

  8. Keren … semua daerah punya potensi sebenarnya ya. Sy sudah sering menulis ttg Makassar .. bingung mau menulis apa lagi .. mudah2an segera dapat ide biar bisa ikutan

    Sukses ya 🙂

    Kalau kuliner gimana, Mba? Banyak banget kuliner khas makassar. 🙂 ^_*

  9. wah ternyata Banjarnegara banyak juga ya potensi daerah yang harus ditampilkan ke publik agar lebih dikenal umum. Yang saya tahu cuma dawet ayu saja hehehe….soalnya dimana-mana ada, sampai Denpasar pun juga ada yang namanya dawet ayu Banjarnegara.
    Pengen deh ikut lombanya tapi bingung mau pilih daerah mana hiks…saya asli Blitar tapi pernah lama di Papua dan sekarang di Bali…….

    Papua aja, Mba. Kayaknya masih jarang yang share. ^_*

  10. banjarnegara memang keren
    sayang kurang didukung pengembangan jalannya ya
    terakhir kesana pembangunan begitu pesat tapi jalan raya masih seperti dulu keknya…

    Jangan keras2, nanti Bapak Bupati dengar. 😀 ^_*

  11. Lho WB ada lomba blog to? Waaah bisa diprenguti mimin momon nih sampai nggak tau hihihiiii

    Pokoknya ditunggu partisipasinya ya, Mba. . . ^_*

  12. sepertinya memang harus saya eksplorasi daerah saya di madura ini

    Madura banyak SDAnya ya, Mas. Ditunggu keikutsertaanya, ya. ^_*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *