Gedung Lembaga Kursus

Jenis-Jenis Genset Menurut Bahan Bakarnya

Pemadaman listrik termasuk masalah yang cukup besar bagi indrustri yang tidak bisa lepas dari pemakaian listrik. Apalagi, jika pemadaman sering terjadi dan berlangsung dalam waktu yang lama.

Hal tersebut tentu mengganggu aktifitas produksi, dan akibat yang ditimbulkan adalah kerugian. Oleh sebab itu, banyak perusahaan, maupun perumahan yang memanfaatkan generator set (genset) untuk mengatasi masalah pemadaman tersebut.

Generator set merupakan sebentuk mesin yang bisa menghasilkan daya listrik melalui suatu bahan bakar. Berikut ini beberapa jenisnya menurut bahan bakar yang digunakan:

  • Diesel, mesin tersebut bisa berfungsi dengan menggunakan bahan bakar solar. Mesin ini bisa menghasilkan daya yang besar, sangat cocok untuk digunakan perusahaan- perusahaan yang membutuhkan kapasitas listrik yang besar.
  • Non-diesel, menggunakan bahan bakar berupa bensin premium, berbeda dengan diesel. Jenis yang satu ini menghasilkan kapasitas yang kecil. Bisa digunakan sebagai cadangan pada industri kecil.
  • Portabel, jenis yang satu ini khusus digunakan pada aktifatas diluar ruangan seperti konser musik maupun perkemahan, yang membutuhkan daya listrik besar.
  • Urine, seperti namanya jenis yang satu ini menggunakan bahan bakar berupa urin manusia, tetapi masih dalam proses uji coba.
  • Gas, menggunakan bahan bakar berupa gas bumi hasil olahan, seperti LPG dan CNG. Digunakan dalam rumah tangga saja dan pada keadaan darurat.

8430865553_15d194b366_zNah, lima jenis genset di atas, yang diklasisfikasi berdasarkan bahan bakarnya bisa menjadi referensi bagi kamu sebelum membelinya. 🙂

4 thoughts on “Jenis-Jenis Genset Menurut Bahan Bakarnya

  1. Ternyata byk jenisnya ya genset itu, baru tau jg klo akan ada yg pakai urine. Kira2 bau tdk ya 🙂

    Pasang parfum untuk ruangan, Mbak. Biar kalau bau nggak terasa. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *