Melunasi Heaven Of Asia, Batang

Batang berani betul menciptakan tagline Heaven Of Asia ya, Mas.” Ucapku kepada Mas Erwin, teman lawas yang juga peserta fam trip Batang asal Wonosobo saat kami mulai eksplorasi Sikembang Park yang merupakan destinasi wisata pertama untuk dikunjungi.

Ucapanku ini bukan bentuk dari nyinyir, bukan. Dari awal tahu tagline tersebut, aku penasaran banget dengan pariwisata yang ada di Batang. Apalagi tiga destinasi wisata yang menjadi kunjungan fam trip merupakan wisata unggulan Batang. Artinya, paling tidak aku bisa melihat heaven of asia, dong.

Tagline Heaven Of Asia seringkali diucapkan oleh Pak Wabup Batang, Pak Dinparpora, dan juga teman-teman GenPI Batang selama kegiatan fam trip berlangsung. Tidak hanya diucapkan, tagline tersebut  pun menjadi hastag yang harus disematkan pada tiap foto dan video yang diunggah melalui media sosial.

Tagline dalam bidang pariwisata atau bidang lainnya bisa dibilang doa, sebuah keinginan,  dan cita-cita. Sebelum membuatnya pun pasti sudah digodok sampai matang dengan bumbu sedap. Tidak asal-asalan, apalagi hanya untuk sekadar mencari sensasi. Ya, ada suatu bentuk tanggung jawab untuk hal ini.

Jujur, saat aku tiba di Batang, lalu mengunjungi 3 destinasi unggulannya yaitu Sikembang Park, Forest Kopi, dan Kebun Teh Pagilaran, aku merasa destinasi wisatanya masih standard karena aku belum mendapati “surga” yang telah melekat dalam sebuah tajuk Visit Batang Year 2022.

Eits…wait! Saking penasarannya dengan program pariwisata Kabupaten Batang yang sudah mulai diumbulkan sejak dua tahun yang lalu, pada akhirnya aku dapat melunasi Heaven Of Asia! Namun terlebih dahulu, aku akan berceloteh. Hahaha.

Masuk ke dalam Whats App Group Fam Trip yang diselenggarakan oleh teman-teman GenPI Batang membuatku terus update berita terkait rundown kegiatan tersebut. Demi apa cobaaaa? Demi tidak ingin ketinggalan informasi sedikitpun. Padahal, tuh, aku tidak ikut Fam Trip, lho. Hanya saja, aku merasa harus tanggungjawab karena ada dua member GenPI Banjarnegara yang mengikuti kegiatan tersebut. Baiq banged, ya. 😆

Akhirnya aku mendadak dolan Batang.

Keputusan final karena pada tanggal yang sama yaitu 31 Agustus-1 September 2019, aku sudah membuat janji dengan keluarga untuk suatu acara. Namun, karena agenda bersama keluarga ada pergeseran, hati ini pun ikut geser! 😛 Langsung saja berandai-andai, jika ada yang aku tebengin, aku bakal ke Batang! 😉 Tidak ingin terjebak dalam hastag #WeekendNganggur, aku mencoba merancang kegiatan apa yang menarik untuk quality time bersama Kecemut.

Dua hari menuju akhir pekan, Rois tiba-tiba mengirim pesan melalui whats app yang intinya mengajak aku ikut Fam Trip Batang. Okedeh kalau begitu, akhirnya hastag pun berganti menjadi #MendadakDolanBatang.

Perjalanan dari Banjarnegara menuju Batang kami tempuh kurang lebih 2 jam dengan mengendarai sepeda motor. Kami mengambil rute Batur-Dieng-Batang yang ternyata tidak jauh-jauh banget. Waktu tempuh sama saja dengan perjalan ke Baturraden, Banyumas. Hanya saja setelah masuk Batang, jalan dari cor beton di beberapa titik sudah rusak. Agak was-was karena menggunakan motor matic. Apalagi saat direm seakan tidak mempan. Hahaha.

Dan aku telat gabung! Sedih, tapi masih bisa tenang.

Seluruh peserta fam trip harusnya bertemu di Kantor Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Batang yang sudah ditetapkan menjadi meeting point. Karena datang terlambat, aku langsung menuju lokasi destinasi wisata pertama yang dikunjungi sesuai rundown yaitu Sikembang Park. Dan tepat sekali, ternyata Sikembang Park ini lebih dekat dengan Banjarnegara. Sementara dari Kota Batang atau Disparpora Kabupaten Batang kurang lebih 45 menit. Lumayan jauh, kan.

OLEH-OLEH BATANG

Karena aku datang terlambat, sudah pasti tertinggal banyak kebersamaan bersama teman-teman, dong. Hasilnya, keakrabannya pun kurang. 😆 Nasib anak yang datang terlambat, ya. Sampai-sampai tidak mendapat teman tidur di tenda. Kasian. Hahaha…ini sok iba, padahal sudah ditawari panitia untuk bergabung dengan teman-teman lain yang satu tenda baru isi 2 orang. Tapi tetap ada hikmahnya tidur sendiri, sih, lebih lepas dan mandiri. Ehhh…songong amat. Hahaha.

Ini dia 3 Destinasi unggulan Batang.

Seperti yang aku tulis di awal bahwa, destinasi Wisata yang dikunjungi oleh para peserta fam trip adalah destinasi wisata unggulan Kabupaten Batang. Aku ulang lagi ya, ada Sikembang Park, Forest Kopi, dan Kebun Teh Pagilaran. Tiga destinasi wisata tersebut semakin dikenal banyak wisatawan karena sempat ramai di Media Sosial. Tidak hanya masyarakat lokal, banyak wisatawan dari berbagai daerah yang menyengajakan datang ke Batang hanya untuk ngopi-ngopi di Forest Kopi. Merasakan sensasi ngopi di ketinggian dan berkabut.

Kecuali Perkebunan Teh Pagilaran, dua destinasi wisata yang kami kunjungi bisa dibilang wisata baru. Satu baru bukan tahun ini, satunya lagi buka tahun 2016 (kalau tidak salah ingat). Masih rintisan namun ramainya luar biasa. Pun dengan Kebun Teh Pagilaran, ramai banget. Mulai dari sini, aku mulai mencari tahu tentang heaven of asia. Aku merasa harus mencari tahu saat itu juga, tepatnya saat sedang makan siang di Pagilaran. Lagi-lagi ini penting banget supaya saat pulang dari Batang nanti tidak ada lagi rasa penasaran. 😛

MOBIL DALMAS

Melunasi Heaven Of Asia!

Visit Batang Year 2022 dengan tagline Heaven Of Asia telah dilaunching oleh Bupati Batang pada tahun 2017. Artinya, sudah dua tahun berlalu dan masih ada sisa tiga tahun lagi untuk mewujudkan tagline tersebut.

Kabupaten Batang menjadi surganya Asia adalah salah satu bentuk spirit, sebuah pengharapan yang ditawarkan kepada wisatawan, melalui pembuktian program-program wisata yang dapat menarik pengunjung. Informasi ini saya baca di website resmi milik Pemerintah Daerah Kabupaten Batang.

Tiga destinasi wisata alam yang telah aku kunjungi bisa dibilang gerbangnya wisata Kabupaten Batang. Pantas saja kalau aku belum bisa menikmati surga di sana.

FYI, Kabupaten Batang miliki kombinasi daerah pantai, dataran rendah dan pegunungan sehingga potensinya sangat besar untuk di kembangkan menjadi agroindustri, agrowisata dan agrobisnis. Sebut saja wisata Sikuping atau Paralayang yang berlokasi di Kecamatan Banyuputih. River Tubing di Kali Lampir Kecamatan Tersono. Belum lagi wisata pantainya yang masing-masing memiliki keindahan dan suguhan yang berbeda. Uniknya, nih, hampir di tiap Kecamatan di Batang mempunyai Wisata Curug atau Air Terjun. Dengan banyaknya destinasi wisata, tidak menutup kemungkinan untuk memudahkan wisatawan nantinya dibuatkan paket wisata terusan dengan harga terjangkau, paket wisata a la backpacker, atau paket honeymoon murah.

SIKEMBANG PARK

Sebuah fakta yang menjadi potensi kuat Kabupaten Batang yaitu adanya PLTU terbesar se-Asia Tenggara, pelabuhan tingkat nasional, pabrik cokelat terbesar di Indonesia yang sedang dibangun di Tulis, dan Kampung Inggris di Wonotunggal. Gilaaaa, ya, banyak banget potensi Kabupaten Batang. Pantas saja doanya melambung tinggi. Belum lagi potensi Kuliner dan Ekonomi Kreatifnya, pasti lebih beragam.

Wabup Batang saat membuka kegiatan Fam Trip juga yakin, sektor pariwisata akan turut serta meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), menjadi pusat perekonomian baru, dan penyerapan tenaga kerja. Ini lah salah satu yang membuat Batang yakin dengan tagline Heaven Of Asia.

Jadi, Kapan kalian ke Batang? Ayo Dolan Batang!

Aku bangga dengan Batang. Kabupaten di Jawa Tengah, kabupaten yang tidak jauh dari tempat tinggalku, kabupaten yang terlihat “tenang-tenang” saja, tapi ternyata banyak potensi pariwisatanya. Aku juga salut dengan sinergi antara pemerintah setempat, para pemuda, stakeholder, dan masyarakat, untuk mewujudkan #HeavenOfAsia. Dan yang paling mengesankan ketika berkunjung ke sana yaitu tentang keramahan dari teman-teman GenPI, Pak Wabup, serta Pak Kadin Parpora. Mereka semua ramah, mereka tidak canggung menyapa kami, mereka mudah akrab. 😉

GENPI JATENG

Nah, karena aku sudah berkunjung ke Kabupaten Batang dan telah mendapat banyak informasi mengenai Heaven Of Asia, aku akan turut menyukseskan #VisitBatangYear2022. Sukses untuk Batang. Spesial untuk teman-teman GenPI Batang, terus semangat mempromosikan pariwisata Batang.

notes: seluruh informasi tentang heaven of asia didapat dari website resmi pemda Kab. Batang.

19 Comments

  1. Aku penasaran more photos mbaaa..mau tau banget hehe. Asyik ya klo deket tempat tinggal ada pariwisata model gini. Ramai banget yaa pasti krna bagus deh.

    ikut mendoakan suksesnya program VisitBatang…

  2. Sering banget lewat Batang kalau pas pulkam tapi masih belum tau wisatanya apa aja. Baru tau pas baca artikel ini.

    By the way kalau nyebut Heaven Of Asia sepertinya Dieng atau Banjarnegara lebih cocok menurutku. Lebih banyak tempat wisata yang keren. Tapi salut juga ya buat pemerintah Batang yang berani bikin tagline Heaven Of Asia.

  3. wow…selamat buat Batang dengan tagline Heaven of Asia nya…Semoga ada kesmepatan untuk eksplor Batang..Selama ini cuma lewat aja kalo pas mau ke Jabar hehe

  4. Belum pernah explore Batang. Biasanya pas mudik aja, mampir ishoma di daerah Batang. Habis keluar tol langsung deh melipir dulu di kota ini. So far aku bener-bener nggak paham kuliner khas atau destinasi wisata di sana. Next mudik mungkin harus membuktikan tagline Batang Heaven of Asia. Ya, kalau nggak di-explore gak bakalan ketahuan heaven-nya kan?

  5. Idah, jujur aku gak tau loh Batang itu di mana *tutupmuka* Ternyata salah satu kabupaten di Jawa Tengah ya. Jadi kalau baca2 postingan teman2 blogger tentang wisata daerahnya masing2 tuh seneng bangeet ?

  6. wuah,aku malah baru denger daerah batang. Ternyata tempat wisatanya kece kece yaaaaa. bakal seru nih kalo traveling ke Batang <3

  7. Baik banget pj nya ya xixixi
    Aku pas awal ada genpi itu sebenarnya bingung ini arahnya gimana. Skrg terorganisir baik ya ternyata. MasyaAllah.

    Aku selalu lewati batang tapi belum nyicipin keindahane batang. Selak pengen cepet smpe

  8. Aku bener-bener nggak pernah tau kalau Batang sebagus itu. Mana tempat wisatanya lengkap kombinasi pantai, dataran rendah dan pegunungan. Hmm menarik juga buat dimasukin wish list traveling berikutnya. Semoga kesampaian bisa tahun ini ke Batang.

  9. Semoga tercapai cita2 menjadi Batang sebagai Heaven of Asia, jujur aku belum pernah bener2 main ke Batang, biasa numpang lewat kalo mudik buat mampir ke semarang, pernah sih sekali berhenti di batang buat makan, tapi ini tulisan kedua yg aku baca tentang wisata Batang jadi bikin penasaran, kapan2 boleh lah main ke kebun teh Pagilarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *