Sebelum Membeli Mesin Jahit Mini, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangannya

Aku termasuk tipe perempuan yang ngga bisa rajin kalau harus menjahit manual. Meski hanya memasukkan benang ke dalam jarum, dan lanjut menjahitnya. Sesederhana itu, tapi aku susah rapih untuk hal yang satu ini.

Menjahit yang kumaksud di sini tuh sekadar menjahit baju sobek barang sepuluh centi meter. Bukan menjahit bahan menjadi pakaian utuh. Hihihi. Ya bayangin saja, rok kerja sobek bagian saku, harus ke penjahit. Celana Jasmine sobek cuma sepuluh centi meter, musti nunggu tukang jahit keliling. Duuuuh…dikit-dikit penjahit, ya.

Memang, seberapapun panjang sobekan kalau menjahitnya di Penjahit pasti ada tarifnya. Tapi semisal Penjahit lagi pada sibuk, rasa-rasanya gombelan tidak akan langsung diperhatikan. Kalau udah gini, kadang aku ingin menambah peralatan rumah tangga berupa Mesin Jahit Mini.

Di Indonesia ada beberapa jenis mesin jahit terkenal seperti mesin jahit mini. Jenis mesin jahit ini biasanya digunakan oleh para pemula dalam hal menjahit. Karena bentuknya yang mini atau kecil dan ringan, maka mesin ini menjadi banyak disukai oleh orang-orang. Simpel, dan tidak membutuhkan banyak ruang.

Secara umum, mesin jahit ukuran mini ini terbagi menjadi dua macam yaitu:

  • Mesin Jahit Tangan.

Mesin jahit tangan merupakan jenis mesin jahit dengan ukuran mini yang sering disebut dengan mesin jahit staples karena memiliki bentuk yang hampir mirip dengan staples. Jenis mesin jahit ini memiliki ukuran yang sangat kecil dengan hasil jahitan yang sangat standar.

MESIN JAHIT TANGAN

Jahitan yang dihasilkan hampir mirip seperti rantai karena hanya menggunakan satu benang saja. Dengan ukurannya yang hanya segenggam tangan, jenis mesin jahit ini memiliki harga yang sangat terjangkau yaitu hanya sekitar puluhan ribu rupiah saja. Pingin nyoba beli yang ini.

  • Mesin Jahit Portable.

Mesin jahit ini merupakan jenis mesin jahit yang memiliki ukuran mini atau kecil dengan pengoperasian mesin yang hampir mirip dengan mesin jahit pada umumnya. Bedanya adalah jenis mesin ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringan.

MESIN JAHIT MINI PORTABLE

Secara umum, hasil jahitan dari mesin jahit ini hampir mirip dengan mesin jahit besar karena jenis mesin jahit ini menggunakan 1 benang spool dan 1 benang sekoci. 

Jenis mesin jahit portable ini memiliki harga yang bervarian sesuai dengan mereknya. Beberapa diantarnya menggunakan baterai dan juga tenaga listrik. Jadi, jika sedang mati listrik maka tidak perlu khawatir karena mesin ini memiliki baterai, namun penggunaannya dalam waktu tertentu saja.

Uuuh…ingin punya mesin jahit yang ini. Musti nabung dulu, ya.

Penggunaan mesin jahit mini dalam kegiatan jahit menjahit memberikan banyak kelebihan dan juga kekurangan yang dapat dirasakan oleh penggunanya. 

Nah, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan jenis mesin jahit ukuran mini:

Kelebihan:

  • Secara umum semua mesin jahit yang memiliki bentuk mini atau kecil di pasaran memiliki harga yang sangat murah dan terjangkau oleh siapa saja.
  • Semua jenis mesin jahit ukuran mini memiliki bentuk yang kecil dan ringan sehingga sangat mudah untuk dibawa kemana saja.
  • Memiliki dynamo atau baterai sehingga saat terjadi mati listrik maka tidak perlu khawatir karena penggunaannya bisa menggunakan daya baterai.
  • Merupakan jenis mesin jahit yang memiliki pola pengoperasian yang sangat mudah sehingga sangat cocok untuk digunakan oleh para pemula maupun anak-anak. Untuk itu jenis mesin jahit ini sangat baik digunakan sebagai sarana belajar menjahit.
  • Beberapa jenis mesin jahit ini memiliki desain jahitan yang cantik dan menarik.

Kekurangan:

  • Merupakan jenis mesin jahit yang menggunakan bahan dasar plastik sehingga lebih body mesin relatif ringkih.
  • Dalam penggunaannya kurang bisa digunakan untuk menjahit pakaian yang menggunakan bahan tebal seperti jeans, tas dan lain sebagainya.
  • Mesin jahit dengan ukuran mini biasanya tidak memiliki garansi resmi seperti jenis mesin jahit portable.
  • Jika digunakan untuk kebutuhan bisnis seperti konveksi maka jenis mesin jahit ukuran mini kurang cocok untuk digunakan.

Setelah tahu kelebihan dan kekurangan, sekarang makin tahu tentang dunia penjahit. 😄😄

Btw, sekarang mesin jahit mini dapat dengan mudah ditemukan, dan dibeli di toko alat khusus mesin jahit. Tapi ya gitu, kalau udah punya duit, kadang ada saja kebutuhan lain yang lebih primer. Hahaha.

8 Comments

  1. Waktu kecil aku punya mesin jahit mini, warnanya hijau-pink. Mirip mainan tapi sebetulnya berfungsi. Eh, karena gak hati-hati akhirnya rusak, deh 🙁 Sekarang jadi pengen punya lagi dengan model yang sama. Sayang gak ada yang jual :’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *