KANTOR PAJAK BANJARNEGARA

Pembayaran Pajak Makin Mudah

Pembayaran Pajak Makin Mudah. Itulah yang saya rasakan ketika akan membayar pajak di Kantor Pajak Banjarnegara.

Saya mendapat amanah untuk mebayarkan pajak kantor di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Banjarnegara. Ini kunjungan ke dua saya ke Kantor Pajak, setelah mengadakan konsultasi terlebih dahulu. Hihihi.

TEMPAT PELAYANAN TERPADU DAN PELAPORAN

Ada tipinya, biar wajib pajak gak bosye. .Β  πŸ˜›

Pernah dengar dari beberapa teman, katanya kalau bayar pajak tuh susah dan ribet. Tapi saya tidak merespon tentang susah dan ribetnya dibagian apa. Mungkin, karena saya merasa belum membutuhkan kali, ya. Jadi, kalau ada yang ngobrolin pajak saya cuek saja. Hahahaha. Kata Bapak saya, dulu (entah dulunya kapan), bayar pajak di Banjarnegara membingungkan. Entah Bapak saya yang bingung, tidak tahu prosedurnya atau memang benar membingungkan.

Nah, karena sekarang sudah tahu dan lumayan paham, saya tulis saja di sini. Hohoho. Cara membayar pajak di KP2KP Banjarnegara menurut saya mudah. Saat itu, saya membayar pajak milik instansi, jadi ada beberapa pelengkapan yang harus dipersiapkan antara lain; Pulpen, Nomor Wajib Pajak, Nama Wajib Pajak, Akun Pajak dan Stempel.

Hal pertama yang harus kamu kerjakan yaitu mengisi formulir Surat Setoran Pajak (SSP). Saat itu, saya hanya mengisi SSP saja, karena pajak yang saya bayarkan adalah pajak pembelian barang. Sebaiknya formulir yang akan kamu laporkan sudah terisi, jadi sampai kantor pajak tinggal membayar dan melaporkan saja. Tidak ribet, kan?

TEMPAT PEMBAYARAN PAJAK

Kerjasamanya dengan Kantor Pos. ..

Kedua; saya membayar pajak menggunakan jasa kantor pos. Saya mengatakan Pembayaran Pajak Makin Mudah, karena di kantor pajak Banjarnegara terdapat tempat pembayaran pajak dari kantor pos. Tempat pembayaran ada dalam satu lokasi. Jadi, ini makin memudahkan wajib pajak untuk membayar pajak. Petugas yang menerima pembayaran tidak hanya bertugas menerima dan mencetak bukti pembayaran pajak saja, mengecek dan meneliti kode akun pajak juga. Pembayaran pajak juga bisa dibayarkan di Bank, tidak hanya di Kantor Pos saja.

MEJA KONSULTASI PAJAK

Duduk dolooo. . .

NUNGGU SAMBIL BACA-BACA

Disediakan minum juga. . .

Terakhir; setelah pajak terbayar, kamu bisa mengambil kartu atau nomor antrian yang ada di meja Tempat Pelayanan Terpadu. Di tempat pelayanan inilah kamu melaporkan pajak yang sudah kamu bayar tadi. Kamu bisa duduk manis menuggu panggilan petugas, sambil membaca koran atau buku-buku yang ada di rak.

Cepat atau lama proses pembayaran serta pelaporan pajak tergantung jumlah wajib pajak yang antri. Dan kalau sudah selesai pembayaran, dua lembar SSP akan dikembalikan. SSP lembar pertama untuk wajib pajak dan SSP lembar lima (rekanan) dan atau lembar tiga (untuk KPP).

MEJA KONSULTASI PAJAK

Konsultasi geratis dan dapat senyum. . . πŸ˜€

Jika ada hal yang belum kamu pahami seputar perpajakan atau pembuatan NPWP, kamu bisa konsultasi di Kantor Pajak Banjarnegara. Di sini ada dua petugas konsultasi perpajakan. Berada di sebelah kanak ruang tunggu. Pelayanan konsultasinya benar-benar memuaskan, detail banget menjelaskannya. Saya bisa mengatakan demikian, karena saya pernah konsultasi tentang kode akun pajak. Hohoho.

Benar adanya kalau Pembayaran Pajak Makin Mudah. Saya tidak mengada-ada, saya merasakan sendiri. Dan kalau ada yang merasa masih susah atau ribet, ada baiknya konsultasi terlebih dahulu.

Bagaimana cara pembayaran pajak di daerah teman-teman? Masih tibet atau susahkah?

KP2KP Banjarnegara
Jl. Stadion No. 02, Rt 01/02 Parakancanggah, Banjarnegara. Telp: (0286) 591097

13 thoughts on “Pembayaran Pajak Makin Mudah

  1. Dulu waktu kerja aku cuma lapor pajak aja, gak pernah bayar pajak sendiri, eh pernah deh paling bayar pajak bumi dan bangunan πŸ™‚

    Saya malah belum pernah mersakan bayar PBB. Belum punya bangunan. Hahaha ^_*

  2. Saya belum pernah berhubungan dengan kantor pajak. πŸ˜€
    Maklum, penghasilan masih dibawah nilai minimum gaji yang kena pajak pengahsilan. Jadi belum pernah ngurus NPWP. πŸ™‚

    Sama dong, hanya saja saya mengemban amanah untuk membayarkan. πŸ˜› ^_*

  3. Aku ke kantor pajak sekali cuma nganter temen mau bikin npwp πŸ˜€
    betewe aku suka bgd ama kalimatmu yg dibawah potomu

    “Menulis Adalah Perang Melawan Sepi”

    Kalau Mba Icha sudah punya NPWP belum? πŸ˜› Tagline itu ada pada lingkaran orang kesepian, Mba. ^_*

  4. Gak ah.. di Sumatera Barat kagak ribet kok. malahan biasanya dikoordinasi oleh camat agar lebih memudahkan masyarakat dan pemilik usaha. πŸ˜€

    Bapak Camatnya baik, ya? ^_*

  5. waduh.. komen ku hilang lagi.. πŸ˜€
    Biasanya kalau di tempat ku camat mengkoordinir pemilik usaha beserta masyarakat. jadi terkadang, camatlah yang susah2 minta pajak nya. πŸ˜€

    Masuk SPAM, Mba. Hihihihi πŸ˜› ^_*

  6. pembayaran emang udah semakin mudah, bahkan bisa lewat kantor pos terdekat. yang ribet biasanya jika hendak lapor ssp dan bukti potong pajaknya,,, tp sepertinya saya aja kali ya yg merasa ribet hhehehehehe

    Hahahaha, gak koq, cuma karena harus antri saja, jadi terkesan ribet. Gitu kalik, ya. πŸ˜› ^_*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *