PASAR MADUKARA BANJARNEGARA

Tentang Rames Kliwonan

Apa sih Rames Kliwonan itu?. Adakah diantara Anda yang baru mendengar istilah Rames Kliwonan?. Sudah pada tahu Rames kan, ya. Sudah, pasti sudah tahu!. Sedangkan, Kliwon sendiri merupakan hari pasaran. Jadi, Rames Kliwonan yaitu Rames yang dijual di sebuah warung di Pasar Madukara, tiap hari pasaran Kliwon. Mulai pukul 05.00-12.00 WIB.

Rames Kliwonan ini kata Simbah Saya recommended untuk para anak-anak yang belum lancar bicaranya. Anak-anak yang dimaksud disini adalah anak-anak yang berumur antara satu sampai dua tahun.

Maaf sebelumnya, tidak ada niat untuk musyrik atau sejenisnya, ya. Tapi, konon menikmati rames kliwonan ini termasuk adat (di Desa saya), yang sampai sekarang masih berlaku. Lebih baik Saya bilang adat daripada kepercayaan, supaya tidak meresahkan warga. :mrgreen:

Simbah menyarankan untuk ke pasar pada hari Jum’at Kliwon. Katanya lebih mustajab pada hari pasaran tersebut. Dan ternyata, pada hari Jum’at Kliwon lauknya lebih rame, komplit dan lebih cenderung lauk yang kira-kira disukai anak-anak. Ada nasi kuning lauk kering kentang, nasi putih lauk mie, mendoan, telor puyuh, ikan dan masih banyak lauk.

RAMES KLIWONAN

Rames Kliwonan buat Hosea. . .

Ceritanya, sepupu Saya, Hosea yang berumur dua tahun tanggal 10 bulan ini, belum lancar berbicara. Banyak yang bilang “nanti kalau sudah saatnya capcus, dia pasti capcuscis”. Iya, sih. Tapi, kalau teman seumurannya sudah pada bisa berbicara capcuscis plus lari sprint, manusiawi banget kalau orang tua sedikit resah, kan?. Oleh karenanya, membeli rames kliwonan merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh orang tua. Ini saja karena disuruh Simbahnya. Nurut kata orang tua. Whahaha.

Kami pergi ke Pasar terdekat, yaitu Pasar Madukara. Bundanya langung menuju warung rames dan pesan Rames Kliwonan. Menurut Simbah, lebih afdhol jika makan ramesnya di warung tersebut, gak dibawa pulang. Bundanya dudah pesan nasi, kering kentang plus mie, e malah Hosea susah makan. Disuapin dikit-dikit dan sesekali dilepeh. Bisa jadi, karena belum lapar, ya.

Bundanya terlihat telaten nyuapinnya. Sambil diajak bicara terus, supaya gak minta jajanan lainnya. Saat ini, Hosea baru bisa bicara satu kata, misalnya “ha, ho, emoh, oh”. Pokoknya kalau ada huruf H-nya, mudah diucapkan olehnya. Berpikir positif, ini adalah sebuah proses untuk bisa berbicara Hongkong, Emoh bobo, Ohya dll.

Apakah setelah makan rames kliwonan bisa langsung capciscus?. Hyass. . .seperti yang saya bilang tadi, ini semacam adat saja. Dimana kalau sudah dipenuhi tuh merasa lega dan tentunya Simbah gak wewewew lagi. Whahaha. Tetap semangat Hosea. Besok, beli Rames Kliwonan lagi, ya!. :mrgreen:

14 thoughts on “Tentang Rames Kliwonan

  1. Nasi ramesnya kok kuning Dah? kalau di Surabaya nasi rames mirip nasi campur. Selain nasi putih ada lauk krengsengan daging, mie, dan macam2.
    Tentang Kliwonan itu memang kebiasaan daerah aja sih. Sama seperti pasar Kliwon yang dibuka pas pasarannya Kliwon 🙂

    Baca lagi dari atas yuuuuk. 😆 ^_*

  2. woh,ndek jombang onok ta g yo????emmm,,,koyok’e gaknok mbk *kook’e lo yo*hehehe….tp nek ibu tumbas sego kuning ndek pasar,pasti luesss,enak soale hehe…nasi rames ra onok seng dodol,paling2 sego jagung ambek sego kuning 😀

    Sega jagung enak ya, Mba Hz? 😀 ^_*

  3. Ternyata ada juga ya adat yg seperti itu. Nek di tempatku, dikerik pakai cincin lidahnya biar ngomongnya lancar. Indonesia memang unik ya 🙂

    Salam buat Hosea ya Mbak Sri 😀

    Cintinnya eman2 lho. Hahahaha. Salam nanti disampaikan, Ibu Asro. 🙂 ^_*

  4. ya dituruti saja dulu biar seneng.
    Tapi logikanya kan memasak nasi tidak hanya dengan doa. Pasti ada proses mususi, enyalakan kompor, memasukkan beras ke dalam dandang, mengukus dan sebagainya, baru kemudian berdoa.

    Kapan saya dibagiin rames kliwonan itu, biar saya lancar bicaranya xixixixi

    Dolan ngene bae, Om Mandor. 😛 ^_*

  5. AKu gak mau nyobain ahh.. Nanti aku malah kebanyakan omong lagi Mbk. Hahaaa… Kliwon itu pasaran lahirku. Mungkin penyebabnya itu ya, jadi saya suka siaran radio, dan MC (ngemce). Hehee *Capcuscisss

    Cieeeeeee, cap cis cus. . .:P ^_*

  6. Yah komennya ilang kemana koq gak nongol, gak ada peringatan lagi…

    Hayoo, kenapa gak nongol. Hohohoho ^_*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *