Saat Mencari Tiket Pesawat Murah, Hindari Banget Kesalahan Ini

Serius mau booking tiket sekarang? Yasalaaam, kita kan perginya masih lama.” Pesan dari Tante lewat messenger telat kubaca.

Saat itu, aku memang sedang minta pendapat sekaligus minta tambahan ongkos untuk booking tiket pesawat yang rencananya akan kami gunakan akhir tahun ini. Tapi karena responnya slow banget, aku putuskan buat booking karena harganya betul-betul selisih banyak dari harga biasanya.

Sebenarnya booking tiket pesawat online yang dilakukan jauh-jauh hari ini termasuk trik yang kerap dilakukan oleh teman-teman blogger yang pada rajin naik pesawat. Asli. Beberapa teman kadang ada yang ngga sengaja share capture pemesanan tiket yang akan digunakan tahun berikutnya. Dari situ lah, aku ikut-ikutan pesan tiket pesawat jauh-jauh hari. 😀

Ini mental ikut-ikutan, ya. 😆 😀 Emmh…kalau memang terbaik, kenapa ngga dicontoh, sih. Hahaha. Terlebih sekarang cari tiket pesawat murah bukan lagi hal yang sulit semenjak ada kemajuan dan perkembangan teknologi digital seperti pemesanan online.

Memesan tiket pesawat bisa dilakukan secara online, baik lewat website maupun aplikasi. Terkadang harganya juga jauh lebih terjangkau ketimbang membeli di agen-agen offline. Tentu ini sangat menguntungkan, bukan?

Meski demikian, ternyata masih ada orang yang belum mengetahui, bahkan melakukan kesalahan dalam pemesanan tiket pesawat secara online yang berakibat pada mahalnya harga tiket yang harus dibayar atau tak berbeda jauh dengan harga normal. Seperti Omku.

tiket pesawat online

Belajar dari beberapa teman yang lebih kerap menggunakan pesawat sebagai moda transportasi, sebenarnya untuk bisa memperoleh tiket pesawat murah ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari memesan dari jauh-jauh hari, memakai aplikasi mobile, sampai dengan menggunakan kartu kredit.

Dan berikut kesalahan-kesalahan yan kerap terjadi dan perlu dihindari kalau berniat mendapat tiket pesawat murah.

Asal pakai kartu kredit.

Banyak yang beranggapan bahwa membeli tiket pesawat online dengan kartu kredit akan jauh lebih murah daripada metode pembayaran lain, padahal kenyataannya ngga mesti.

Sebelum membeli tiket, harus mengetahui bahwa membayar dengan kartu kredit maka akan ada bunga yang harus dibayar pada saat tagihan datang dan tak jarang, asal membayar seperti ini justru membuat tagihan membengkak. Berbeda dengan metode pembayaran lainnya seperti ATM atau kartu debit. Ada baiknya jika ingin menggunakan metode pembayaran dengan kartu kredit, lakukan pada saat ada promo saja.

Tidak memakai perbandingan harga.

Hindari pula kesalahan ini saat berniat untuk cari tiket pesawat murah, yaitu tidak melakukan perbandingan harga. Setelah aku pahami pelan-pelan, ternyata ada banyak situs travel agent online yang mematok harga berbeda-beda untuk tiket pesawat. Bahkan dalam beberapa situs tertentu, kadang ada promo atau diskon yang menarik. Selisih harga tiket pesawat bisa cukup signifikan, jadi jangan ragu gunakan situs pembanding harga.

Mengambil jadwal terbang saat akhir pekan.

Ini kesalahan yang cukup banyak dilakukan oleh customer, yaitu membeli tiket pesawat pada akhir pekan. Ini Om banget, nih. Hahaha. Pada saat akhir pekan tiba, harga tiket pesawat kadang dinaikkan hingga 2 kali lipat daripada hari biasa. Asli, aku udah teliti dan cermati. 😛 😛

tiket pesawat murah

Jika memang butuh bepergian pada saat weekend, mungkin mau tak mau harus melakukannya. Namun jika tujuannya adalah berlibur sih sebaiknya ambil jadwal terbang pada hari biasa, misalkan Selasa, Rabu atau Kamis. Idiih…orang pingin pergi pas akhir pekan! Emmh…yaudah kalau gitu, berapapun bayar lah, ya. Tapi sih mending ambil jatah cuti kerja kalau masih punya. 😀

Memborong tiket.

Nah ini diaaaa, jika berniat untuk bepergian bersama keluarga atau teman-teman dalam jumlah yang cukup banyak misal lebih dari 5 orang, sebaiknya hindari cara memborong tiket. Sebab dengan memborong, maka harga tiket akan cenderung dinaikkan. Biasanya, sih. Justeru ngga dapat diskon.

Maka, akan lebih baik jika booking tiket masing-masing dalam waktu yang bersamaan atau berdekatan. Meski relatif lebih ribet, Namun cara ini cukup ampuh untuk memperoleh tiket murah.

Booking tiket dadakan.

Untuk tujuan berlibur dan menggunakan transportasi pesawat terbang, memang sebaiknya rencanakan dari jauh-jauh hari, bukan dadakan.

Sebab cari tiket pesawat murah dadakan itu juga hal yang agak mustahil. Meski demikian, membeli terlalu awal misal dua bulan sebelum keberangkatan juga sangat tidak dianjurkan. Gunakan waktu yang ideal dalam memesan tiket, umumnya adalah empat sampai lima minggu sebelum keberangkatan. Atau, cek secara berkala pada salah satu situs untuk mendapat promo dan diskon.

Niat mencari tiket pesawat murah, betul-betul butuh kesabaran dan ketelitian, ya. Ngga asal, gitu. Minimalkan kesalahan-kesalahan di atas, supaya bisa dapat yang sesuai dengan anggaran. 😉

8 Comments

  1. Wah aku baru tahu lho kalo borong tiket malah jadi lebih mahal jatuhnya. Kan aku biasanya kalo beli ya sekalian buat berlima. Coba deh nanti mau ceki2 lagi buat lebaran. Mana tau dapet diskon kalo belinya satu2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *