JALAN-MENUJU-GIRITIRTA

Sinau Menanam Buah Strawberry

Postingan ini lanjutan dari postingan yang lalu. Dan saatnya nyeTrawberry lagi!!! 😆 Sok sensasionel banget, ya. Padahal, sih, sebenarnya biasa saja. Tapi, sesekali boleh lah, ya, heboh se heboh kalau ada diskon di online shop. :mrgreen:

Kilas balik dikit dari postingan sebelumnya. Ceritanya, kan saya makan buah Strawberry oleh-oleh dari Guci yang rasanya enak pakai banget tuh, ya. Atas dasar ingin mencoba menanam, saya pun mengajak Adik untuk membeli bibit Strawberry.

Ini pengalaman pertama kami menanam buah Strawberry. Karena pertama kali, kami pun membeli bibitnya enggak banyak. Hanya membeli empat bibit dengan harga Rp 2.500 per bibit. Bukan berarti ngirit atau pesimis lho, ya. Tapi, karena masih dalam tahap trial, kami tidak berani membeli banyak bibit. Takut…

Empat bibit Strawberry kami beli di Bojonegoro. Sebentuk Desa di Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara. Di pinggir jalan masuk Desa tersebut memang banyak menawarkan aneka macam bibit buah dan juga pohon. Nah, bibit berupa pohon yang kami beli ini tingginya kurang lebih 5 cm. Tadinya kami mau minta benihnya saja. Tapi, mereka tidak pernah stok benih Buah Strawberry. Dan saya malah enggak tanya, apakah ada benih Strawberry atau tidak. Mungkin ada kalik, ya. Pastinya…

Setelah mendapat empat bibit, kami langsung pulang dan menanamkannya di polybag yang sudah terisi tanah dan sedikit pupuk.

Tanaman Strawberry

Nyobain nanem di Polybag. . .

Kurang lebih sudah satu bulan lebih kami menanamnya. Dan saat ini, satu pohon sudah mulai berbuah. Tapi….em…buahnya kok lesu gitu, ya. Kalau segar, sih, iya. Merah juga iya. Tapi, buahnya enggak padat. Bisa dibilang kurang isi. Kalau dipegang pus-pus, gitu.

Saya bingung, dong. Kira-kira kenapa? Apakah ada yang salah dengan penanamannya. Atau, karena perawatannya kurang maksimal? Btw, kami tidak pernah memberi perawatan ekstra pada pohon Strawberry. Hanya sebatas menyiram saja tiap pagi. Hihihi

Karena ingin tahu kenapa, saya mencoba mencari artikel tentang tanaman Strawberry. Dan saya pun membaca hasil pencariannya. Berikut beberapa hal penting yang saya dapat.

Strawberry merupakan tanaman yang mempunyai ketahanan dan adaptasi yang cukup luas. Secara umum, syarat tumbuh yang baik untuk Strawberry adalah seperti kondisi iklim berikut ini:

  • Suhu udara optimum 17 – 20 C dan suhu udara minimum antara 4 – 5 derajat Celcius.
  • Kelembaban udara (RH) 80 – 90%.
  • Penyinaran matahari 8 – 10 jam/hari.
  • Curah hujan berkisar antara 600 – 700 mm/tahun.

Saya belum melakukan action terhadap empat point di atas. Masih belum tahu berapa suhu udara, curah hujan atau kelembaban di daerah saya. Tapi, yang jelas suhu dan udaranya sedang. Di sini kalau panas enggak panas banget. Begitu pun dengan dingin. Kami memang harus memperbanyak referensi terkait cara tanam buah Strawberry secara baik dan tepat. Supaya buahnya enak!

Apakah teman-teman mempunyai pengalaman menanam buah Strawberry? Bisa share cara menanam dan hasil tanamannya melalui kolom komentar, ya.

23 thoughts on “Sinau Menanam Buah Strawberry

  1. Wah, asyiknya bs menanam strowberry sendiri, tapi sayangnya lesu ya mbak buahnya, hehehe… Mungkin faktor kondisi iklim memperngaruhi ya 😉

    Iya, mempengaruhi. Kok pinter, sih. 😀

  2. hallo mbak, kalo di daerah saya, strawberry banyak tumbuh di dataran tinggi seperti Ciwidew, daerahnya emang dingin, klo di Bogor belum lihat, tapi klo yg jualan strawberry banyaknya di puncak Bogor atau lembang daerah dingin gitu. kadang tanaman itu spesifik lokasi artinya bagus disutau tempat belum tetu bagus di daerah lain yaitu krn agroklimatnya

    Waah..canggih bener komentarnya. Hihihi Makasih sharingnya ya, Mbak. 😉

  3. keren ih!
    di kebun komplek ada strawbery jg, ditawarin buat nanam di rumah tp saya mah males, mau yg udah tau jd aja, yg udah berbuah hihihi…

    Penyakit tuh, Mbak. Saya juga malesan. 😛

  4. kayaknya asik juga nih,,, tinggal pahami strategi menanamnya aja, biar bisa sukses di lahan tropis ,.

    Ikut nyobain nanem aja, Kak. 😀

  5. haha stroberi nya lesu, butuh kasih semangat mungkin
    btw salam kenal ya 😀

    Butuh suntikan. Hahaha. Salam kenal juga ya.

  6. asyik juga ya kak bisa nanam buah strawberry di depan rumah, jadi nya bisa bikin pekarangan rumah jadi indah 😉

    Mayan ada kerjaan di rumah, Mbak. 😀

  7. belom pernah nanam strawberry idah, seringnya nanam cabe, tomat 🙂
    dan biasanya strawberry memang tumbuh di tempat yang adem2 yaa 🙂

    Cabe2an, Mbak? Wkwkwkw

  8. Belajar nanam strawberry nya sama aku aja sinih .. hihihi. *padahal ngga bisa juga.

    Kalau yang aku liat di daerahku sini, daun/bunga/buahnya jangan sampai menyentuh tanah.
    Tanahnya di tutupin plastik gitu. Kalau di polybag, nanemnya rada ke pinggir. Jadi daun/bunga/buah bisa menjuntai ke luar polybag.

    Ini tips yang sangat bermanfaat. Makasih banget ya, Buu. . . 😀

  9. kayanya kalo di rumah saya ga bakal berbuah tuh, Dek. Karena suhunya dah ga masuk kategori, hehe.

    di rumah pohon Jambunya baru mati karena ketiban pohon melati 🙁

    Pohon melatinya lebih besar, gitu? Hahaha Turut berduka cita. ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *