RESTAURANT HOTEL

Tempat-tempat Menarik di Solo yang Perlu Kamu Kunjungi

Memang ngga seramai Kota Jogjes yang ngangenin. Ngga sesepi Kota Banjarnegara pula. Tapi, banyak hal unik dan menarik dari kota yang satu ini. Oslo alias Solo.

Salah satu kota yang malamnya asyik banget buat jalan-jalan adalah Kota Solo. Siangnya? Em…asyik juga meski hot! Apalagi, jika seharian digunakan untuk wisata. Uwuwuwu…nikmaat!

Terakhir ke sana, dua tahun yang lalu saat masih kinyis, gitu. Selama dua hari satu malam, aku menghabiskan hari-hariku untuk berjalan, pagi sampai sore. Malam? Cukup nongkrong di Jl. Slamet Riyadi, depan SMP, ada nasi kucing di sana. 😀

Piknik syantik selama dua hari di Solo, bisa dibilang masih kurang puas. Belum banyak tempat wisata yang aku singgahi. Padahal aku pakai motor, lho. 😉 Ada dua tempat yang menurutku menarik untuk didatangi, tapi saat itu terpaksa aku lewati.

Stadion & Monumen PON I

Stadion R. Maladi (2003-2011)  atau Stadion Sriwedari merupakan sebuah stadion yang bisa kamu kunjungi di Kota Surakarta. Stadion Sriwedari ini sendiri termasuk salah satu stadion yang paling tua di Indonesia sekaligus stadion tempat dilangsungkannya PON (Pekan Olahraga Nasional) I pada 9 September 1946.

Stadion yang sangat menarik dan bersejarah ini mulai dibangun pada tahun 1932 dan mampu diselesaikan delapan bulan kemudian berdasarkan permintaan Sri Susuhunan Paku Buwono X.

Stadion R. Maladi bisa dikatakan menjadi satu-satunya stadion yang dibangun oleh Indonesia pada masa itu, mengingat stadion-stadion lain yang ada di tanah air dibangun oleh Belanda. Pada saat itu, Sri Susuhunan Paku Buwono X menginginkan warganya memiliki satu tempat tersendiri untuk melaksanakan aktivitas olahraga.

Stadion Solo dan Monumen 1

Yuuuk…ke sini bareng! 😉

Sumber : tempo.co

Untuk saat ini, Stadion ini bahkan menjadi monumen PON I sekaligus digunakan sebagai sebuah arena pertandingan sepak bola besar.

Stadion R. Maladi belakangan lebih banyak digunakan oleh tim sepak bola asal Solo yaitu Persis Solo dan juga pelatnas NPC (National Paralympic Committee) Indonesia. Hal ini seolah menegaskan bahwa Stadion R. Maladi akan terus bertahan dan berjuang mengobarkan semangat yang besar kepada para atlet tanah air agar selalu memacu prestasinya, berjuang di lapangan hijau, dan membawa nama Indonesia tetap harum sepanjang masa.

Monumen Stadion Solo

Ada aku di situ lho. . . *mimpi*

Sumber : surakarta.go.id

Tanpa sedikitpun mengurangi rasa hormat terhadap sosok Maladi yang sempat menjadi nama salah satu stadion tertua di Indonesia ini, Pemkot Surakarta melalui peringatan HAORNAS (Hari Olahraga Nasional) pada tanggal 9 September 2009 mengembalikan nama Stadion R. Maladi menjadi Stadion Sriwedari.

Berburu oleh-oleh khas Solo di Pusat Grosir Solo (PGS)

Satu monumen di atas telah terlewatkan. Sedangkan tujuan berikutnya yang terlewatkan adalah PGS! 😉

Pusat Grosir Solo (PGS) merupakan pusat perbelanjaan batik yang telah menjadi trade center di kawasan Kota Solo. Tempat wisata belanja ini bahkan telah dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang kenyamanan dan keamanan bagi para pedagang maupun pembeli dan wisatawan yang ingin berbelanja secara grosir atau satuan/eceran.

Bukan hanya sebagai pusat perdagangan, PGS telah menjelma dengan begitu pesat sebagai salah satu tujuan utama wisatawan yang mengunjungi Kota Solo.

Njajan puas...

Njajan puas…

PGS ini terletak di Jl. Mayor Sunaryo No.1 Gladag, Solo. Hal yang tidak kalah menarik adalah bahwa PGS menjadi tujuan akhir dari transportasi wisata khas dari Kota Solo seperti misalnya Kereta Uap Jaladara, Kereta Kencana, dan Bus Tingkat Werkudara.

Dua tempat di atas termasuk wisata menarik di Solo yang gagal aku kunjungi. Entah kapan aku bisa ke Solo lagi untuk mengunjungi tempat tersebut atau tempat wisata lainnya. Soalnya, masih banyak destinasi wisata di Solo yang belum aku kunjungi. :mrgreen:

Terkait akomodasi, untuk menuju Monumen dan PGS juga ngga membutuhkan waktu lama. Cukup dekat dengan kota. Jika akan bermalam pun banyak hotel di dekat dua tempat wisata tadi.

Airy hotel Solo

Kamar Hotel Airy Keraton Solo Gatot Subroto Segeer bangeet…

Salah satu hotel dengan harga yang terjangkau bisa booking hotel di Airy Keraton Solo Gatot Subroto. Jaraknya cuma 1,2 km dari Stadion Sriwedari, dan 2,1 km dari Pusat Grosir Solo. Hotel tersebut beralamat di Jl. Gatot Subroto No 89-103, Solo.

Airy Rooms Hotel Solo

Lirik harganya….

Lokasi hotel strategis dan harganya juga terjangkau. Cukup membayar Rp 233.000, Teman-teman sudah bisa tidur nyenyak di kasur empuk dan menikmati fasilitas sepuasnya di Airy Hotel (tapi harga bisa berubah sewaktu-waktu lho ya).

Selain harga terjangkau, fasilitas Hotel Airy Keraton Solo Gatot Subroto ini juga lengkap. Harga sudah termasuk AC, TV flat screen, wifi, dan juga sarapan.

Airy Hotel Solo Jawa Tengah

Eh, arisan di sini, yuk…. hahaha

Sekarang, hanya dengan Rp 233.000 Teman-teman sudah bisa dapat hotel yang asyik, dan letaknya juga cukup strategis dari lokasi tempat-tempat menarik tadi. Bisa juga jalan kaki untuk ke tempat-tempat tersebut.

Catatan: seluruh dokumentasi hotel diambil di airyrooms.com.

20 thoughts on “Tempat-tempat Menarik di Solo yang Perlu Kamu Kunjungi

  1. Aku Desember lalu ke Solo tapi cuma sebentar, karena ada keluarga Mama meninggal.
    Hotel Airy di Solo itu kelihatan bersih dan nyaman ya, harganya juga terjangkau. Bisa jadi pilihan nih kalo aku ke Solo lagi.

  2. Tetep nasi kucing ya mbak Ida carinya sambil menikmati suasana Kota Solo,,,, hahaha, bisa aja Solo jadi Oslo, eh tapi ya huruf – hurufnya sama aja dink,,,, keren Kota Solo sing dadi kenangan jare Pak Didi Kempot 🙂

  3. Wah,, ini referensi terbaik yang ada di solo nih, bookmark dulu ah, lain kali kalau sudah siap langsung berkunjung satu persatu,,, Hehe

  4. Assalamualaikum, salam kenal mbak 🙂

    SOLO bikinku rinduuu tuk dateng kembali.

    Saya Pernah ke Taman Sriwedari lihat wayang orang / ketoprak .. menarikk banget !

    Tak ketnggalan ke PGS dan Pasar Klewer ..yuhuuuiii asyiiik.

    Terimakasih, info hotelnya mantabz, next bisa jadi rujukan ni hotel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *