IKAN LAUT SEGAR

Tips Membeli Ikan Laut #FavoritKeluarga

Tips Membeli Ikan LautTeman-teman melihat ikan laut yang sudah di packing, kan? Itu lho, foto yang saya jadikan umbul-umbul di atas.

Pemandangan di atas saya jumpai ketika saya dolan ke Pantai Pangandaran, Jawa Barat. Pemandangan serupa pernah saya jumpai juga di Pantai Depok, Yogyakarta. Karena, memang ke dua pantai tersebut memiliki kekayaan laut yang luar biasa. Dan, saya yakin, masih banyak pantai di Indonesia dengan hasil ikan laut yang melimpah.

Ketika sedang menikmati Sunrise di Pantai Pengandaran, saya melihat beberapa Ibu dengan penuh semangat memasarkan ikan laut. Ikan laut ditenteng dan ditawarkan langsung kepada para wisatawan. Ada dua jenis ikan laut yang ditawarkan, ada yang sudah dikeringkan (Ikan Teri, Ikan Kembung, Ikan Kakap dll). Ada juga yang masih segar (Udang, Cumi, Kepiting dll).

Dalam hati bertanya “ngapain ibu-ibu pada bawa ikan. Lha di sekitar pantai saja sudah banyak kios atau warung yang menjual berbagai macam ikan kering. Bahkan, sudah ada Tempat Pelelangan Ikan juga”.

Usut punya usut, dibisikin oleh penjaga toilet Pantai, ikan-ikan yang diecerkan oleh Ibu-ibu adalah ikan yang masih fresh, tanpa bermalam atau menginap berhari-hari. Tau maksud saya, kan? Begini, katanya, terkadang ikan yang di warung-warung sekitar pantai, ikannya termasuk ikan lawas atau sudah lumayan lama digantung.

IKAN LAUT MURAH DAN SEGAR

Ikan Laut Kesukaan. . .

Jadi, Tips Membeli Ikan Lautyang masih fresh, kinyis, yaitu dengan cara membelinya kepada Ibu-ibu yang pada nenteng ikan keliling pantai. Hahahaha. Selain ikannya memang kinyis, harganya pun lebih murah. Asalkan bisa nawarnya. Anda bisa menawarnya setengah harga dari harga yang ditawarkan oleh para ibu-ibu. Insya Allah dikasih.

Saya membeli ikan di atas, isinya lima bungkus Rp 5.000. Sedangkan satu bungkus, isinya lima ikan asyin. Ikan ini adalah salah satu ikan asyin favorit keluarga. Serius, ikan imut ini enak banget jika dinikmati pas masih anget. Kriyik-kriyik, tambah nasi anget plus sambel. Yuuumii. . .

20 thoughts on “Tips Membeli Ikan Laut #FavoritKeluarga

  1. Seneng ya kalau bisa beli ikan yg msh seger bgt, rumahku jauh dr laut sih

    Dekatnya dengan apa, Mba? ^_*<

  2. Aku juga suka ikan asin. Tinggal ditambah nasi liwet, sambel terasi, lalapan, plus tahu tempe, udah deh… abis nasi sebakul. Hehehehe…. malah curcol 😀

    Nasi sebakul habis? Wooow, keren banget, Mba Nia. Hahaha ^_*<

  3. Terkadang penjual itu nakalan ya mbak. Ya siapa sih yang mau rugi tapi bukan berarti harus mencurangi pembeli

    Cukup penjual saja yang naka ya, Mba. 😀 ^_*<

  4. Nah, itu yg paling aku sukai di Riau ini, ikan2nya segar2. Ikan asin juga sampai puluhan macem. Tapi aku jarang makan ikan asin, sukanya yg fresh. Tukang ikan disini bisa diminta ngiris sesuai selera, fillet, belah atas, potong berapa. Sedangkan kalau di Jogja adanya cuma lele & gurame, kecuali mau mlipir ke tempat2 spt pantai Depok itu :((

    Maksudnya mau bilang, enakan hidup di Riau. Gitu ya, MBa? Hahahaaha ^_*<

  5. Nyam-nyam… ikannya bkn ngiler.. ku suka ikan tapi gak bisa masaknyaa… (takut nyiprat2..) hehe

    Pake clemek baja, Mba. Hahahaha ^_*<

  6. wah kudu pintern nawar yah, ntar coba ah beli dari ibu2 juga kalo ke pantai
    pantai yang saya sukai pantai ujung genteng, hanya saja lokasinya jauuuuhhhh banget 🙂

    Bagus ya pantainya, Mas. ^_*<

  7. kayaknya rasanya bakal kriuk-kriuk, ditemani nasi anget plus sambal *ini tips makan ikan asin 🙂

    Hahahaha, makasih tipsnya, Mba Y. ^_*<

  8. Gw suka ngak begitu tertarik liat belanja ikan, liat nya agak jijik. Klao udah kayak gitu jadi males makan. Paling enak kalo udah terima jadi aja hehehe

    Kayak bos ajah, Mas. Taunya jadi. 😛 ^_*<

  9. nelen ludah lihat tuh gambar,,,suka banget ma ikan asin goreng,,di maem anget2 sama nasi jagung sayur bayam dan sambel terasi,,duh enaknya nggak ada lagi deh 🙂

    Dobel komen ya, Mba. Hehehe ^_*<

  10. pantesan awakmu pinter, panganane iwak laut teruuus.. mengandung omega tiga hahaha..

    Tipsnya perluuu banget dipraktekkan soale dilut ngkas aku liburan ke laut..

    Terus? Iki nembe njajal, Mas. 😛

  11. Wah.. sama dong seperti di Kedonganan, Bali Idah, dsn juga da ibu-ibu yang jual ikan di pantai dibawa pake ember, tp ga ada ikan asinnya dan kadang ikannya ga segar bahkan ada yg cenderung sudah agak lembek dan busuk wlw insangnya masih terlihat merah *Dhe pernah ketipu soalnya*, ga tau knp bs seperti itu, jd citranya bukan lg pedagang ikan segar deh jd serasa tipu menipu. hehehe 😀

    Hah? Busuk masih dijual gitu, Mba? Hiiih. . . ^_*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *