Berapa banyak air yang harus diminum setiap hari?

“Health is not everything but without health everything is nothing”

Saat mau nulis tentang air ini, tiba-tiba teringat sama Dinda. Bagaimana tidak, dia sangat suka dengan air, bermain air, hujan-hujannan, berendam di air, terlebih kalau disuruh angkat air galon. 😀 Berapa banyak air yang harus diminum setiap hari?Tahukah sahabat, sekitar 70% tubuh kita mengandung air, sehinga peranan air jelas sangat penting. Air berperan hampir pada seluruh proses tubuh, termasuk pencernaan, penyerapan, sirkulasi, dan pembuangan. Air dalam darah akan melarutkan dan mengedarkan nutrisi ke seluruh tubuh dan otak. Air juga menjaga temratur tubuh dan membawa “sampah” keluar tubuh. Namun demikian, hanya sedikit orang yang minum cukup air. Saya beruntung, karena setiap harina Dinda mau minum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jadi, tidak heran jika setiap dua minggu sekali dipastikan air putih di galonnya habis. 😉

Air Putih

Jumlah optimal air yang dapat kita minum dalam sehari tentu saja tergantung pada banyak faktor, termasuk cuaca dan kegiatan kita. Cuaca panas dan olahraga akan meningkatkan kebutuhan kita akan air. Berapa banyak air yang harus diminum setiap hari? Secara umum, setiap orang harus minum 1-2 liter dalam sehari. Ingatlah bahwa meskipun berbentuk cairan, kopi, teh, dan alkohol cenderung membuat dehidrasi karena tubuh akan kehilangan cairan saat harus mengeluarkan sisa minuman tersebut. Minuman tadi tidak menambah cairan dalam tubuh, tetapi justeru meningkatkan kebutuhan akan air.

Dehidrasi akan mengakibatkan turunnya konsentrasi dan memori bagi orang dewasa. Jus, teh herbal, dan buah merupakan alternatif pengganti air putih. Selain itu, minuman ini akan membantu memasok vitamin dan mineral. Usahakan mengonsumsi beberapa porsi jus buah dan sayur setiap hari, setidaknya hingga sekitar 50% dari kebutuhan harian. Dengan demikian, kita hanya perlu minum 1 liter air putih.

Selalu sehati dengan sehat. . . *_*

Ditulis oleh:

Gylang Tanzila .R.

12 thoughts on “Berapa banyak air yang harus diminum setiap hari?

  1. kalau pas udara dingin kadang2 suka lupa minum … makasih diingatkan untuk minum dalam jumlah yg cukup …
    *aku mau donk itu kleponnya …

  2. air sih sudah biasa, yang belum biasa itu lho kleponnya 😀
    kalo aku minum ya kalo haus, gitu aja. kadang malah sampe kebablasan haus blm juga minum 😀

  3. Saya termasuk orang yang sering lupa untuk minum air, Mbak Idah. Padahal, kalo membaca artikel seperti ini, lagi-lagi teringatkan, lho… kan…. bener kan….

  4. zwan jg penyuka air loh 😀
    kl lg di tempat ngajar dari mulai jam 07.30-15.15 saya bisa menghabiskan 2-3 botol air putih, botol saya ukuran 1 liter 😀

    nice article….

  5. kalau saya udah biasa minum air 4 gelas tiap bangun tidur. manfaatnya kerasa banget, bikin nyawa cepet kumpul lagi tuh

    Waah, perlu dicoba 4 gelasnya tuh. 🙂 ^_*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *