Kurma, Daging dan Bijinya Sama-sama Bermanfaat

“Waaah…udah mulai banyak Kurma, Bu. Beragam merek, dengan harga yang berbeda pula. Bedanya apa, sih?”

Nampak penasaran, suami melihat satu per satu Kurma yang sudah di kemas. Kurma yang berderet di atas etalase mini market langganan kami memang ngga hanya satu merek. Kalau ditanya perbedaanya, yang jelas beda merek, kemasan, dan berat netto. Hahaha.

“Kurma makin empuk, semakin enak lho, Mbak. Pilih yang besar, bijinya kecil, dan warnanya lebih gelap.”

Mbak Mawar (bukan nama sebenarnya), kasir mini market, kelihatannya cukup paham dengan buah yang memiliki nama ilmiah Phoenik dactylifera. Dia pun merekomendasikan kurma dengan merek tertentu kepada kami. Etapi, gimana bisa tau kalau kurma yang udah dikemas ini empuk-empuuuuk. Kan ngga megang. Hahaha.

Kalau suami, sih, terpenting dibeliin. Ngga mandang empuk, apalagi merek. Karena pada dasarnya, dia memang doyan kurma yang merupakan salah satu tanaman buah dari timur tengah ini.

Buah dengan warna coklat dan memiliki rasa yang manis ini mengandung karbohidrat sederhana yang dapat dengan mudah dicerna tubuh untuk diolah menjadi energi. Kurma biasanya dijadikan sebagai buah wajib untuk orang berpuasa karena dapat menjadi sumber energi serta membuat tidak mudah lapar.

MANFAAT BIJI KURMA

Umumnya, yang sering dikonsumsi dari buah kurma adalah dagingnya atau diambil sarinya. Namun, ternyata biji kurma juga bermanfaat. Iya, ngga hanya daging, dan sarinya saja. Berikut beberapa manfaat biji kurma yang diambil dari beberapa sumber artikel.

Pertama adalah dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kopi. Khasiat dari kopi biji buah timur tengah tersebut yaitu:

  • Menyembuhkan diabetes.
  • Menjaga stamina dan menghilangkan lesu dan capek.
  • Menghangatkan badan.
  • Merilekskan tubuh.
  • Mengobatimasuk angin, gatal-gatal, keputihan dan kembung.
  • Melancarkan peredaran darah.

Untuk membuat kopi dari biji Phoenik dactylifera, caranya yaitu:

  • Siapkan biji kurma, lalu cuci bersih dengan cara di gosok dengan sikat gigi dan air.
  • Jemur biji hingga kering di tempat yang jauh dari debu dan gangguan semut. Jika panas matahari cukup terik maka hanya membutuhkan waktu selama 2 hari agar benar-benar kering.
  • Sangrai hingga warnanya kehitaman dan mengeluarkan aroma yang sedap agar bakteri pada biji yang masih menempel dapat terbunuh.
  • Tumbuk hingga halus seperti kopi.
  • Seduh 1 sdm kopi Phoenik dactylifera dengan 1 sdm gula pasir dan Anda dapat mengkonsumsinya hingga 3x sehari.

KURMA EMPUK DAN ENAK

Kedua adalah membantu untuk menguatkan tulang dan gigi.

Kurma memiliki kalsium yang cukup tinggi sehingga dapat membantu untuk menjaga agar tulang dan gigi menjadi lebih kuat. Membantu untuk mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang sejak masih muda.

Ketiga yaitu membantu untuk memperlancar pencernaan dan mengatasi sembelit.

Phoenik dactylifera memiliki kandungan serat yang tinggi dan manfaatnya sama seperti mengkonsumsi oatmeal. Untuk mengatasi sembelit, cara yang dapat dilakukan adalah dengan merendam buah yang rasanya manis tersebut selama satu malam di dalam air matang. Konsumsi air rendaman tersebut keesokan harinya.

Keempat adalah membantu untuk merawat kesehatan mata karena adanya kandungan vitamin A.

Biji buah yang berasal dari timur tengah tersebut dapat dikombinasikan dengan mengkonsumsi daging buahnya untuk menjaga agar mata tetap sehat terutama bagi kamu yang sering duduk di depan komputer. Ini cukup membantu.

Kelima adalah bagus untuk penderita anemia.

Tiap butir buah kurma ternyata juga mengandung zat besi. Artinya, ini bagus untuk memproduksi sel darah merah sehingga tidak mudah lemah.

BUAH KURMA YANG ENAK

Manfaat lainnya dari kurma yaitu untuk membantu menjaga kesehatan tubuh diantaranya:

  • Mengurangi adanya risiko jantung koroner karena dalam Phoenik dactylifera terdapat kandungan kalium yang bagus untuk mengendalikan denyut jantung.
  • Membantu mempercepat pembekuan darah sehingga meminimalkan risiko kehilangan darah yang terlalu banyak. Terutama saat kamu mengalami kecelakaan atau mendapatkan luka.
  • Meningkatkan responsivitas karena kandungan kalium untuk membantu menyehatkan sistem syaraf.
  • Membantu untuk mencerdaskan dan mengoptimalkan pertumbuhan otak pada bayi saat masih dalam kandungan. Nah ini, mengingatkanku saat hamil, dulu. Hampir tiap hari konsumsi sari kurma.

Ternyata banyak banget manfaat buah Kurma, ya. Terlebih untuk bijinya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sejauh ini, kalau melihat biji kurma, sih, pasti aku buang. Setelah tahu manfaatnya, tiba-tiba pingin buat kopi dari biji kurma. Hahaha. Tantangan, nih. 😛

Makasih buat rekomendasi Kurma yang empuk ya, Mbak Kasiiiiiir. 😉

25 thoughts on “Kurma, Daging dan Bijinya Sama-sama Bermanfaat

  1. Kurma udh mulai bertebaraaan, aku syukaa aku syuka. Soale susah nemu kirma yg dimau klo gk deket2 ramadhan. Haha. Bermanfaat baik jg kan utk ibu hamiil

  2. Bijinya selalu kubuang, malah pas beli kurma yang masih ada tangkainya, tangkainya yang aku simpan. Idah makasih ya postingannya…aku jadi ngerti kalau biji kurma banyak manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *