Lemak Jenuh dan Esensial

Lemak Jenuh dan Esensial

“Health is not everything but without health everything is nothing”

Apakah diantara Anda ada yang mecintai lemak? Sepertinya, hampir seluruh lapisan masyarakat tidak welcome dengan hadirnya lemak. Apalagi lemak yang hadir di bagian tubuh tertentu, dimana bisa mengurangi keindahan tubuh Anda. Ada dua jenis lemak yang perlu Anda tahu dan pahami. Yaitu Lemak Jenuh dan Lemak Esensial.

Bagi masyarakat modern yang mengalami “fobia lemak”, pendapat bahwa lemak diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh agaknya akan sulit diterima. Sejumlah lemak di dalam makanan memang sering kali tidak diperlukan dan akan menimbulkan masalah kesehatan. Namun, sebenarnya ada beberapa lemak, asam lemak esensial, yang justeru sangat diperlukan.

Lemak (lipid) berasal dari asam lemak. Sejumlah asam lemak memiliki panjang dan tingkat jenuh yang berbeda-beda. Asam lemak terbangun atas atom karbon, hidrogen, dan oksigen yang berikatan menjadi rantai panjang. Ketika atom hidrogen memenuhi semua ruang ikatan dalam rantai, lemak akan menjadi lemak jenuh, karena rantai lemak itu “jenuh” dengan atom hidrogen.

Sejumlah lemak jenuh, biasanya akan mengeras atau padat pada  suhu kamar. Lemak jenuh terdapat pada produk hewani, seperti daging, keju, Produk Susu, dan mentega. Lemak jenuh tidak menyehatkan jantung, karena jenis lemak ini dikenal sebagai pemicu meningkatnya kolesterol LDL (kolesterol yang buruk) Anda.

Jenis lemak yang lain adalah lemak tak jenuh tunggal. Dalam lemak tak jenuh tunggal, ada satu atom hidrogen yang hilang. Asam lemak ini ditemukan dalam minyak zaitun.

Berikutnya, ada jenis lemak tak jenuh ganda. Lemak ini memiliki sejumlah atom hidrogen yang hilang disepanjang rantai. Lemak ini ditemukan dalam ikan, kacang dan Alpukat. Yang disebut asam lemak esensial adalah lemak tak jenuh ganda.

Tubuh kita tidak memerlukan lemak jenuh. Lemak jenuh dapat dihubungkan dengan resiko terkena obesitas, stroke, dan penyakit jantung. Pola makan kaya lemak jenuh akan membuat dinding arteri menebal sehingga mengurangi aliran darah yang membawa nutrisi penting dan oksigen ke otak.

Lemak Esensial berbentuk cair di suhu kamar. Ada dua asam lemak esensial yang utama, yakni minyak Omega-6 dan Omega-3. Minyak Omega-6 di temukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, sedangkan minyak Omega-3 di temukan dalam ikan berminyak. Kedua lemak ini sangat penting dalam membangun struktur jariangan saraf dan menjalankan fungsi kegiatan mental 60% bagian otak terbangun dari lemak.

Kecerdasan dan kerja otak sangat tergantung pada jumlah jalur penghubung antara neuron dan sel saraf. Di bagian tempat sel saraf saling bersentuhan, itulah terdapat lapisan lemak esensial. Pola makan yang kaya dengan asam lemak esensial akan meningkatkan kemampuan belajar. Itu terjadi karena terjaganya kelancaran penyampaian pesan anatar sel.

Semoga Anda bisa memilah makanan yang mengandung Lemak untuk kesehatan Anda, khususnya untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Lemak Jenuh dan Lemak Esensial, pilihlah makanan (lemak )yang tetap menyehatkan tubuh.

Selalu sehati dengan sehat. . . *_*

Sumber Gambar
http://female.kompas.com/read/2010/05/06/18155123/manfaat.lemak.esensial.untuk.anak

Oleh: Gylang Tanzila

5 thoughts on “Lemak Jenuh dan Esensial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *