Memberi Makan Otak

Penulis Tamu

“Health is not everything but without health everything is nothing

Memberi Makan Otak. Otak mendapat banyak pasokan darah. Ada aliran darah konstan yang membawa neuronutrient (nutrisi penting untuk saraf), seperti asam aminto, vitamin, dan mineral. Neuronutrient bersama oksigen dan glukosa (sejenis gula) akan menyediakan energi untuk otak. Gangguan aliran darah selama satu atau dua menit dapat menurunkan fungsi otak, sehinga mengakibatkan linglung atau tidak sadar. Jika gangguan berlangsung lebih lama, yakni sekitar empat menit, maka kerusakan permanen di otak akan terdaji. Sirkulasi yang baik serta pembuluh darah yang sehat dan kuat penting agar otak mendapat cukup makanan.

Struktur otak memang sangat penting, sehingga tubuh memberi sejumlah penlindung untuk mencegahnya dari kerusakan. Memberi Makan Otak tidak hanya perlindungan fisik berupa tengkorak dan alas berupa membran, tetapi juga sebuah sistem yang disebut penyaring otak darah. Penyaring ini melindungi otak dari racun yang ada di dalam darah. Penyaring ini hanya meloloskan oksigen, glukosa, dan beberapa jenis gizi yang diperlukan. Sayangnya, penyaring ini pun bisa dikelabui.

Walaupun hanya meloloskan nutrisi penting dan beberapa jenis zat yang mempengaruhi suasana hati untuk memasuki otak, bahan kimia seperti alkohol, nikotin, dan kafein juga dapat melewatinya. Padahal, zat-zat itu sangat sedikit manfaatnya untuk tubuh.

Selalu sehati dengan sehat. . . *_*

Dituli Oleh: Gylang Tanzila .R.

11 thoughts on “Memberi Makan Otak

  1. Barangkali yang disebut orang tak punya otak itu karena otaknya sudah tak lagi diberi makanan bergizi ya. Bisa juga sudah diberi tetapi lewat begitu saja tanpa nyangkut sama sekali. :silau:

  2. otak-otak kan senengannya mbak idah yah kan mbak idah kalau seandainya otak ini tak dikasih asupan gixzi utk otak apakah ndak papa

  3. inilah organ yg sangat vital buat diri kita, seyogyanya di inject juga dgn makanan berkualitas yang sangat berguna bagi perkembangan otak utamanya ketika masih bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *