Tentang Penyakit Darah Rendah

“Health is not everything but without health everything is nothing”

Penyakit Darah Rendah. Budeynya anak-anak, yaitu Budey Idah sedang sakit. Kabar itu saya dapat dari WA kemarin sore. Sebenarnya antara percaya dan tidak, karena dengan semangat, paginya Budey baru cerita tentang rencananya ke Jakarta untuk kondangan sekaligus menghadiri event akbar perkumpulan para emak-emak Blogger. Saya kurang paham, apa maksud Budey tentang eventnya emak-emak itu apa.

Setelah saya konfirmasi lebih lanjut, ternyata Budey darahnya rendah, menyentuh 90/60. Jadi, pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan Penyakit Darah Rendah.

Darah Rendah atau Hipotensi (hypotension) adalah suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang turun dibawah angka normal (120/80 mmHg), yaitu mencapai nilai rendah 90/60 mmHg. Ketika saya mendapat kabar, kalau Budey tensinya 90/60, saya sedikit tidak percaya. Karena, bulan kemarin Budey mengabarkan, kalau Berat Badannya naik 2 kg. Pikir saya ya tambah subur, tetapi ternyata tidak. Berat badan yang lebih, pada dasarnya memang tidak mempengaruhi tekanan darah. 🙂

Tekanan darah rendah akan menyebabkan proses penyuplaian oksigen dan nutrisi-nutrisi ke organ vital seperti otak, jantung, dan ginjal sehingga organ-organ tidak berfungsi secara normal. Juga dapat menyebabkan penderita kejang-kejang, bahkan pingsan. Tetapi kebanyakan orang mengganggap penyakit ini sebelah mata, dan cenderung membiarkan penyakit ini. Contohnya ya Budey. Budey tahu kalau darahnya rendah, tetapi dia tetap saja bekerja, lembur dan terlihat sengaja memadatkan aktifitas, layaknya artis sedang kerjar tayang dalam sinetron. Mari bersama-sama mempelajari lebih perinci tentang penyakit darah rendah.

Gejala Darah Rendah.

Jika Anda mengalami hal-hal seperti di bawah ini, kemungkinan tekanan darah Anda rendah. Beberapa gejala darah rendah di bawah, adalah pengalaman yang sering saya jumpai.  Diantaranya;

  1. Badan Lemas, disertai Kepala Pusing Cepat Lelah disertai gemetar
  2. Demam lebih tinggi dari 38,3 derajat celcius
  3. Denyut jantung tidak teratur
  4. Leher kaku
  5. Penglihatan kabur, berkunang-kunang

Penyebab Darah Rendah.

Penyakit darah rendah disebabkan oleh banyak faktor, diantara banyak faktor meliputi:

  1. Kejutan yang bersifat emosional, misalnya syok yang disebabkan oleh infeksi yang parah.
  2. Terlalu Lelah.
  3. Kurang memperhatikan asupan makanan
  4. Masalah jantung seperti perubahan irama jantung (aritmia), serangan jantung.
  5. Kurang cairan tubuh atau dehidrasi.
  6. Perdarahan.

Tentang Penyakit Darah RendahPengobatan Darah Rendah.

Sebenarnya, untuk pengobatan darah rendah akan terasa lebih aman jika menggunakan obat tradisional. Misalnya, dengan mengkonsumsi Daun Bayam, dengan cara ditumbuk, kemudian dijadikan minuman. Tapi, bukan berarti obat yang direkomendasikan dokter itu tidak aman lho. Pengobatan lainnya bisa dilakukan diperhatikan terlebih dahulu penyebabnya. Antara lain:

  1. Hipotensi pada orang sehat yang tidak menimbulkan masalah, biasanya tidak memerlukan perawatan.
  2. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala tekanan darah rendah, Anda mungkin memerlukan pengobatan, yang tergantung pada penyebabnya. Silakan datang langsung ke Dokter.
  3. Jika hipotensi ortostatik disebabkan oleh obat-obatan, segera berkonsultasi dengan dokter.
  4. Pengobatan herbal lainnya, dengan mengkonsumsi Jus Kulit Manggis.
  5. Pengobatan lain diantaranya; banyak minum cairan dan meningkatkan jumlah garam dalam makanan. (Pengobatan ini harus atas rekomendasi dokter karena terlalu banyak garam juga dapat berbahaya bagi kesehatan).
  6. Supaya penyakit yang sedang diderita tidak semakin parah, dan masih dapat diobati dengan mudah. Anda sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangan.

Pantangan makanan untuk orang yang mempunyai penyakit darah rendah antara lain:

  1. Buah-buahan: Mentimun, Semangka, Melon, Labu siam.
  2. Makanan yang tidak mengandung zat besi, seperti mie instan.
  3. Minuman yang mengandung alkohol.
  4. Hindari mengkonsumsi kafein.

Setidaknya Anda jangan mengkonsumsi makan di atas, jika sedang mengalami hipotensi. Benar-benar harus dihindari dan memperhatikan pola makan, jika ttubuh Anda sedang menderita penyakit darah rendah, supaya bisa disembuhkan dalam waktu yang tidak lama.

Tips untuk penderita Darah Rendah.

  1. Jika tekanan darah rendah menyebabkan seseorang pingsan, segeralah cari perawatan medis.
  2. Bila Anda merasakan gejala penurunan tekanan darah, Anda harus segera duduk atau berbaring dan mengangkat kaki Anda di atas ketinggian jantung.
  3. Sebagian besar pengidap penyakit darah rendah adalah wanita. Wanita yang memiliki tingkat zat besi sangat rendah, karena menstruasi yang sangat banyak. Mintalah nasihat spesialis, bila membutuhkan suplemen penambah darah.
  4. Jika hipotensi terjadi pada orang tua, dampingi orang tua Anda, usahakan jangan sampai terjatuh, karena bisa mengakbatkan cedera pada tulang.

Kekurangan dari sebuah rencana yaitu, ketika kita sudah semangat, hati gembira tak terkira membuat agenda kegiatan, tiba-tiba fisik kita tidak mendukung dan akhirnya rencana tinggallah rencana. *_* Ok, mari bersama-sama berdoa untuk Budey Idah dan teman-teman lain yang sedang sakit (jika ada), semoga lekas bergas dan kembali sehat.

Lekas sembuh Budey, jangan lama-lama di Rumah Sakit ya. Semoga Budey sempat dan bisa membaca Tentang Penyakit Darah Rendah ini.

Selalu sehati dengan sehat. . . *_*

Sumber Gambar
http://first.en.made-in-china.com/

Oleh: Gylang Tanzila

16 thoughts on “Tentang Penyakit Darah Rendah

  1. turut mendokan semoga Budey lekas membaik kesehatannya. semoga BUdey jg membaca tulisan Neng Idah ini dan di cobain tips-tips agar gak kena darah rendah lagi dan sehat selalu, aamiin

  2. kebalik sama aku ya, aku mah pengidap darah tinggi. Sini aku bagi tekanan darahku, hehehe ..
    Berarti makanan kita bertolak belakang ya. Yang boleh buat aku, ngga boleh buat Idah.

    Selalu sehat ..

  3. saya pengidap penyakit darah rendah.
    justru kopi adalah obat saya.
    saya setiap hari minum minimal 1 gelas kopi untk mengatasi pusing krena pengidap penyakit ini gampang skali pusing.

    saya jg tidak bisa makan makanan yg asin, tlalu banyak makan asin akan membuat saya pusing dan lemas.

  4. kopi bagus kok buat drh rendah..coz mempercepat kerja jantung..klo gg minum kopi saya malah ngantuk n gg bs aktivitas apa apa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *