PROYEK UNGGULAN MONUMENTAL 2014

2014, Siap Menjemput Bola!

2014, Siap Menjemput Bola! Bola yang saya maksud di sini bukan bola yang digunakan untuk olahraga. Melainkan sebagai ungkapan saja. Adalah rejeki. Sebuah niat, dengan penuh semangat telah saya ikrarkan di depan cermin penyemangat.

LANDASAN DAN RUMUSAN MASALAH

Sebenarnya niat ini baru saja datang beberapa minggu yang lalu setelah saya mendapat surat panggilan kerja di Kominfo Surabaya. Ceritanya, bulan lalu saya mengikuti tes masuk kerja di Surabaya. Ijin orang tua sudah dikantongi. Tapi, yang namanya β€œperasaan dan pikiran manusia” bisa geser, berubah sewaktu-waktu. Dan ini terjadi pada Ibu.

Ketika saya mendapat surat panggilan kerja, tetiba Ibu kaget dan terlihat tidak ridho saya bekerja di sana. Tak bisa diungkapkan perasaan saya saat itu. Akhirnya, saya pun memutuskan untuk tidak pergi jauh dari kota tercinta ini dan minta maaf kepada Kominfo Surabaya. Saya menganggap ini adalah suratan, karena bagaimanapun juga ternyata saya tidak bisa meninggalkan Ibu yang masih aktif rawat jalan. Hiks. . . jadi melooow. :mrgreen:

Sampai saat ini saya memang masih enjoy sebagai tenaga pendidik tuh ya, padahal basic saya bukan dari pendidikan (murni), jadi tidak mungkin selamanya jadi pendidik, kan? Takut didemo sama lulusan dari pendidikan. Karena saya berniat untuk menyibukkan diri, saya pun langsung putar otak. Hahahaha.

Siap Menjemput Bola saya jadikan proyek monumental pada Tahun 2014. Bisa jadi ini lanjutan misi saya yang sudah saya posting. Dan ini termasuk program jangka menengah yang harus saya realisasikan (juga) pada tahun 2014, tepatnya mulai bulan Maret.

BATASAN DAN URAIAN PROGRAM

Program jangka menengah yang saya maksud yaitu manambah keterampilan dalam mengoperasikan komputer khususnya program Ms. Office dan Teknisi. Materi memang tergolong standard, tapi saya berharap niat saya ini akan bermanfaat untuk orang lain dan membuahkan hasil maksimal.

Adapun pihak yang menjadi sasaran untuk saya ajak kerjasama dalam peningkatan life skill yaitu:

1. Sekolah (SLTP dan SLTA)

Keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di daerah banjarnegara masih sangat menghawatirkan. Meski belum survey, tapi saya sering mendengar beberapa tetangga berkata, jika setelah SLTP selesai, mereka akan langsung bekerja.

SLTP langsung bekerja? Mereka bisa bekerja apa? Yang lulusan SLTA saja terkadang ada yang belum mempunyai skill blass.

Sebagai tindak lanjut pemikiran di atas, saya pun akan menggandeng beberapa Sekolah untuk mengasah skill mereka. Saya tahu, di Sekolah sudah ada yang memberikan materi full, dari dasar. Maka dari itu, saya hanya menambahkan beberapa materi saja untuk merefresh mata pelajaran yang sudah diajarkan, kemudian menguji skill mereka.

Konsep atau materi yang akan saya berikan untuk mereka termasuk konsep mini, karena terkait dengan waktu juga. Kelas IX (SMP) dan kelas XII (SMA) menjadi sasaran saya. Menurut hemat saya, kelas akhir lebih membutuhkan skill tentang teknologi komputer. Hal ini untuk menanggulangi jika mereka tidak bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan memiliki kemampuan mengoperasian komputer minimal Ms. Office dan dengan diperkuat penerbitan sertifikat, mudah-mudahan mereka bisa memanfaatkan peluang kerja yang ada.

2. Pemerintah Desa

Anda tahu PNPM-MD, kan? Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan. Selengkapnya bisa baca di wiki.

Saya mendapat kabar dari Bapak, bahwa setiap Desa memiliki sejumlah anggaran yang digunakan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) para staff pemerintah desa dan atau masyarakat yang terbagung dalam gapokjar (gabungan kelompok belajar) . Dan biasanya anggaran dialokasikan untuk life skill. Entah SDM bidang apa yang akan mereka tingkatkan, yang jelas saya akan berusaha untuk menawarkan kerjasama dalam bentuk pelatihan komputer. Terbayang sudah, jika Desa di seluruh Banjarnegara menerima tawaran kerjasama yang saya ajukan. :mrgreen:

3. Dinas atau Instansi

Setelah beberapa bulan yang lalu belajar bersama mereka yang berumur 40 Tahun plus, ternyata saya merasa ketagihan untuk mengulaginya lagi. Karena eh karena, lumayan pijet-pijet otak. :mrgreen:

Mendapat informasi dari salah satu teman yang bekerja di Dinas. Selain Desa, Dinas pun mempunyai anggaran yang digunakan untuk peningkatan SDM para karyawan. Ya, meski kata teman saya prosedur pengajuan penawaran susah plus rumit, tapi saya akan berusaha mengetuk pintu kantor untuk menjemput bola. Toh penawaran ini psitif, tidak merugikan orang lain. Jadi, tetap akan saya kerjakan, meski rumit dan susah menghadang. :mrgreen:

LANGKAH PERSIAPAN

Sebelum bergerak, saya harus melakukan beberapa persiapan untuk menggiring bola. Pertama, saya harus mebuat proposal penawaran kerjasama. Kedua, saya harus menujungi satu-persatu sasaran saya. Ketiga, saya harus membuat jadwal pelaksanaan. Dan yang terakhir, saya harus belajar lagi, pendalaman materi.

Apakah saya sendirian? Tentu saja iya. Karena ini baru proses awal, jadi sendiri akan lebih baik. Dan jika sudah ada kepastian pelaksanaan, maka saya akan mengajak beberapa teman untuk saling membantu.

Apakah kegiatan ini menguntungkan? Insya Allah iya. Kerjasama ini saling menguntungkan. Mereka akan mendapat tambahan ilmu dengan memanfaatkan dana yang ada. Dan saya pun mendapat pengetahuan baru dan tambahan rejeki.

Sekedar mengantisipasi saja, jika ijin menyelenggarakan kursus bagi LKP CERIS EDUCOMP belum keluar, maka saya akan menggandeng salah satu LKP yang bonafide di Banjarnegara. Ini merupakan alternatif. Karena berkaitan dengan cetak sertifikat sebagai tanda bukti telah mengikuti pelatihan. Hanya lembaga kursuslah yang berhak mencetak sertifikat. Bukan perorangan, bukan pula sekolah.

PENUTUP

Siap Menjemput Bola. Inilah Program Monumental saya pada tahun 2014. Apakah teman-teman mempunyai Proyek Monumental pada tahun 2014? Share dong. . .

ArtikelΒ  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan:Proyek Monumental Tahun 2014



			

23 thoughts on “2014, Siap Menjemput Bola!

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Kontes Unggulan : Proyek Monumental Tahun 2014
    Akan saya catat sebagai peserta
    Keep blogging
    Salam hangat dari Surabaya

    Terima Kasih kembali, Shohibul Kontes. :mrgreen: ^_*

  2. yang muda yang kreatif,,,sukses mbk idahhhhh,,,,diamini yooo πŸ˜€ bener2 gairah anak muda,semoga LKPnya maju dan sukses menidirkannya aminnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn…. ^^

    Daoakan ya, Mbaaaaa. :mrgreen: ^_*

  3. Hai Mbak Idah.
    Maaf banget lama nggak komen di sini nih.
    Keren Mbak projectnya. Aku yakin kamu jadi salah satu pemenang kontes Pakde. Goodluck beb~!

    I Know. You are very bussy. Aaah, jadi terharu. Doakan project saya terwujud ya. ^_*

  4. Yang kemaren tes itu lolos dah? cihuy selamat yaa..
    Idah.. terharu aku membaca pilihanmu yg akhirnya menolak panggilan itu. Semoga ibu segera sembuh ya dan semoga apa yg menjadi rencana mu terlaksana dengan sukses atas restu ibu..

    Aamin. Makasih untuk doanya ya, Mba. Terharu didoakan kamu, Mba. πŸ™‚ ^_*

  5. Proyeknya keren luarr biasa, smg bisa terlaksana dg baik.
    Sukses dengan programnya, sukses juga dg kontesnya. Salam sukses!

    Aamiin. Terima Kasih, Om Dede. πŸ™‚ ^_*

  6. Wah keren sekali mbak πŸ˜€ *semangat pokoke* gmbar yang digunakan dilangkah persiapan itu lho.. Hihihi

    Niat banget ya, Fan. Hahahaha. ^_*

  7. kalo kata ustad jaman sekarang ini namanya “memantaskan diri”
    smoga lancar semua sepak terjangnya di 2014 dan tercapai segala keinginan yang diharapkan yaa

    de bantu doa *_^

    Aamiin. Terima Kasih atas doanya ya, Mba De. πŸ™‚ ^_*

  8. Salut mbak dengan program nya…
    Sebaiknya kalo memang sudah jalan, dibuat LKP sendiri.. jadi ruang gerak lebih luas…
    skrang lia lihat juga anak-anak komputer tau nya hanya game online..
    padahal excel juga bisa dijadikan permainan… banyak rumus yang bisa dipakai dengan ctrl+alt tanpa mouse…. :)…

    Mudah2an niat mulia ini berjalan dengan sukses,, aminnnn

    Belum mulai merintis nih, Mba Delia. Hehehe. Terima Kasih doanya, ya. ^_*

  9. wowwww, just woww (speechless) for yang muda, energik, n caem pula. Peace non, semoga apa yang harapkan bisa kau raih baik “CiTA” plus “CINTA” πŸ™‚ #Big Hug#

    Terharuu. Makasih doanya, Mba Put. ^_*

  10. semoga proyeknya berjalan sesuai rencana sob, salut buat semangat nya sob…
    proyek yg terakhir saya juga lagi rencanain sob,,hihihi πŸ˜€

    Begitu juga denganmu, Sob. Sukses buatmu Sob Zan. πŸ˜€ ^_*

Leave a Reply to imamboll Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *