Mendirikan Lembaga Kursus dan Pelatihan

Teman-teman sudah tau tentang Lembaga Kursus dan Pelatihan? Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) merupakan salah satu bentuk satuan pendidikan nonformal.

Jaman masih kuliah, pada semester tujuh saya mengikuti Kerja Praktek (KP) atau magang pada salah satu lembaga kursus di Banjarnegara. Sebut saja namanya LKP TOP. LKP TOP memiliki beberapa bidang kursus, namun LKP tersebut lebih konsentrasi pada bidang kursus komputer.

Disebuah LAB Komputer yang berukuran 6×4 meter, saya berangan-angan untuk mendirikan sebuah Lembaga Kursus. Memang niru banget, ya? Dan tidak kreatif juga. Meski demikian, saya akan menciptakan sebuah konsep belajar dan pembelajaran yang berbeda dengan LKP TOP.

Saya akan membangun sebuah LKP yang letaknya tidak terlalu jauh dari rumah. Bidang kursusnya  masih satu rumpun dengan LKP TOP. Sebenarnya rada minder sih. Karena, LKP TOP termasuk LKP berprestasi dan sudah terakreditasi. Namun, saya percaya bahwa “rejeki tidak akan tertukar”. Rasanya masih ingin belajar dan terus mengaplikasikan ilmu yang sudah saya dapat.

LKP yang akan saya buat, nantinya langsung saya konsentrasikan. Ada empat konsentrasi kursus nantinya, yaitu; Administrasi Perkantoran, Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Multimedia. Ini mirip jurusan yang ada di Sekolah, ya? Hohoho. Biariiiin, namanya juga menghayal. Semua saya buat paket. Mulai dari paket tiga bulan sampai denga satu tahun (untuk umum) dan paket satu bulan-dua bulan (untuk pelajar).

Setelah menentukan jurusan, langkah selanjutnya adalah menentukan sarana dan prasarana untuk belajar. Mulai dari Gedung, Tempat Parkir, LAB,  perangkat pembelajaran dll. LABnya nanti akan saya buat senyaman mungkin, tertata rapih, bersih dan tertib. LAB Administrasi Perkantoran nantinya menjadi LAB terbesar di LKP saya. Bisa diisi 40 set komputer. Mengapa Administrasi Perkantoran? Karena, LAB ini nantinya akan dibagi menjadi tiga kelas, Kelas Anak-anak (SD), Pelajar SLTP-SLTA dan Umum. Jadi, harus luas supaya tidak umpel-umpelan. Hasil pengamatan saya, kebanyakan dari pelajar dan masyarakat (Banjarnegara) tuh ingin belajar komputer dari dasar. Menurut hemat saya, mereka harus dikenalkan dengan aplikasi perkantoran terlebih dahulu. Apalagi untuk anak-anak Sekolah Dasar (SD).

Itu baru sarana dan prasarana, ya? Belum iwar-iwirnya. :mrgreen: Nah, ketika lulus kuliah keinginan ini semakin menggebu-gebu. Khayalan semakin tinggi, namun tetap terarah. Sangking keponya, saya pun browsing dan mulai cari tahu tata cara mendirikan lembaga kursus dan pelatihan. Singkatnya, saya harus membuat Akta Pendirian LKP, NPWP, harus ke Dinas Pendidikan setempat untuk mengurus ijin operasional dan mengurus Nomor Induk Lembaga Kursus (NILEK) ke Dirjen PAUDNI, Jakarta.

Hua hua hua huaa. . .kira-kira bisa gak, ya? Berani gak, ya? Hihihihi. Insya Allah berani, karena sudah lelah menghayal terus. :mrgreen: Yang harus dikerjakan mulai saat ini adalah menabung. Mengumpulkan modal untuk membuat sebuah LKP. Atau, ada yang mau jadi donatur nih? :mrgreen:

Berangkat dari sebuah khayalan, nanti insya Allah akan terwujud. Minimal tahun 2015 LKP CERIS EDUCOMP sudah mulai dirintis, syukur-syukur sudah berdiri dengan anggun dan banyak yang ingin belajar komputer bersama saya dan beberapa instruktur lainnya. Aamiin. . .

Kalau sahabat punya khayalan apa?

“Khayalan ini diikutsertakan dalam Giveaway Khayalanku oleh Cah Kesesi Ayutea”

Pict: http://herusutono.files.wordpress.com/2011/05/sket4.jpg

39 Comments

  1. semoga bisa segera diwujudkan mbak Idah, kan lumayan kalo saya pingin belajar di LKP sampeyan, paling tidak kan dapet diskon 100 % 😀

    Temenan po? Meh sinau ke sini? 😛 ^_*

  2. Insya Allah bisa Idah. Apa kabarnya Idah? kangennnnnn nih

    Aamiin, Terima Kasih doanya, Teh. Alhamdulillah sehat. Iya, lama tak jumpoo, ya. Mba Lid sehat juga, kan? ^_*

  3. Ini juga termasuk salah satu mimpi saya. Tempat sudah ada, nasabah juga banyak kayaknya. Tapi belum dapat tenaga pendidiknya

  4. Saya suka dengan ide pemberian namanya. He,,, he,,, he,,,, semoga terkabul.

    Salam wisata

    Giamana, Pak. Mau jadi donatur, kan? Hohohoho. Terima kasih doanya, ya? ^_*

  5. entah kenapa saya tertarik sama administrasi perkantoran, lucu sekali mengingat nilai matematika saya jelek tapi saya bisa kerja jadi staff administrasi.

    Jeleknya pasti 9.00, ya? Selamat, ya. Sudah bekerja. ^_*

  6. Setuju banget..
    Sebab selain bisa sebagai tempat berbagi ilmu, mendirikan pusat pelatihan itu tak membutuhkan modal banyak, kecuali gedung dan perangkatnya. Soalnya pelatihan lebih ke arah jasa, dan usaha jasa jarang sekali merugi. Kalaupun rugi ak begitu banyak. Semoga khayalannya terwujud Mbak 🙂

    Yang penting sekarang prihatin dulu ya, Mba. Hohoho. Terima kasih atas support dan doanya, Mba. . . ^_*

  7. Saya punya teman SMA yang begitu lulus mendirikan tempat kursus bahasa inggris. Dengan kesabaran, keuletan dan kerja keras akhirnya sekarang menjadi ikon kota. Tidak sebentar membangun keberhasilan, dia meyakini bahwa belajar angka itu selalu dimulai dari angka 0 dan untuk memahami nakga berikutnya, ia harus memahami dengan benar angka sebelumnya hingga semua terkuasai dengan baik
    Salam kenal Mbak Idah

    Hebat sekali temannya, Pak. Terpenting ikhtiarnya maksimal ya, Pak. Salam kenal kembali, Pak.. ^_*

  8. Saya sebanare minggu kemarin udah punya rencana bikin kelompok belajar bareng internet anak-anak kecil di kampung.. Dengan SPP dari sampah. Lah tapi setelah ditunggu-tunggu seharian, eh enggak muncul-muncul tuh calon murid-murid saya hehehe

    moga keturutan deh impianmu adinda

    Gak nothok kentng apa bedug, Kanda. Kali saja mereka lupa. Hohohoh. Amiin, makasih doanya. . . ^_*

  9. salah satu impian saia yg belum terwujud… mempunyai perusahaan yg bergerak di bidang peningkatan kualitas SDM terutama bagi pengangguran dan masyarakat pedesaan

    Toooooooop. Lanjutkan impiannya, Pak.. ^_*

  10. Mudah-mudahan bisa terwujuad apa yang menjadi harapan dan cita-citanya untuk mendirikan lembaga kursus LKP Ceris Educomp 🙂
    Kalau cita-cita saya sih sederhana sekali, ingin punya rumah sakit yang besar dan saya jadi kepalanya hehe 😀

    Sederhana tapi besar ya, Jeng. Hahahaa ^_*

  11. blogwalking ke peserta GA Khayalan, sepertinya ada beberapa yang tertarik di bidang pendidikan (baik itu formal maupun non-formal), termasuk saya sendiri punya impian yang sama. gimana kalau kita bersatu padu untuk merintis itu? hihih

    #lagi2khayalan,

    miss u mbak idaaaaaaaah

    Mba Damai buat sendiri saja. Atau nanti di ada anak cabang. wkwkwkw. Kemane ajeee, Mba. Kangenn2an. .. :D. ^_*

  12. Moga terlaksana Idah .. kalo jadi saya mau daftar ah jadi murid Idah. Mudah2an ada yang sponsorin tiket pesawat … *namanya juga ngayal ya* 🙂

    Hahahaha. . .Jadinya kopdar deh. Wkwkwkw ^_*

  13. aiiiihhh,,aku pernah menggebu2 mo bikin lembaga pendidikan sndiri maak,,tp kepentog modal he he,,semoga terwujud yaa maak,,

    Memang harus nabung dulu ya, Mba. Aamiin, Terima Kasih doanya, ya. .. ^_*

  14. nah ikutan aja lomba bisnis tuh mba di IPB.. hadiahnya kan gede lumayan kalau menang bisa buat modal… ajak aja adik angkatan atau temennya yang masih sekolah atau kuliah…

    Hihih. . .iso ora yaaaaa. .. ^_*

  15. Tepat sasaran nih mbak, lembaga seperti itu yang dibutuhkan unutk langsung terjun di dunia kerja. Semoga segera terwujud. Selamat ya untuk GA nya… 🙂

    Aamiin. Terima Kasih, Mas. ^_*

  16. wah hebat sungguh mulia cita citanya …..sudah terlaksana belum tuh…..jangan tunggu hari esok ……jangan lupa konfirmasi k dinas terkait ,cita citamu pasti terkabul .salam sukses .

    Terima Kasih, Kakaa. 😀

  17. cuma mw bilang,,, “klo gk sekarng kapan lagi klo gk kita siapa lagi”

    janga tunggu lama” buktinya sya juga buka kursus komputer udh 4 bln,, dimulai dari nol , alhamdulilah sekarang ramai,,,
    semoga cita-cita mu sukses ya

    Selamat ya, Pak. Aamiin.

  18. SEMUGA TERCAPAI. SIAPA TAHU NANTINYA MAU BERBAGI CARA. KARENA AKU SENDIRI JUGA MEMPUNYAI CITA2 YANG SAMA.

    Aamiin. Daoakan, ya! 😆

  19. semoga tercapai cita2nya mb….sy juga punya keinginan seperti itu mendirikan lembaga kursus dan pelatihan
    mudah2an ditahun 2014 ini bisa terwujud .

    Aamiin. Makasih doanya, ya.

  20. Amiiin, semoga terlaksana dan terwujud apa yang jadi impian mb Idah ya, insyaallah jika berusaha Allah pasti akan berikan jalan. yang penting ikhtiar terus mba, semangat! saya juga mau punya lembaga kursus

    Aamiin. Semoga cita-cita Mba Intan terwujud juga, ya. 🙂

  21. saya jga ada rencana mw buka lembaga kursus komputer ,,,,
    ooo ea mbak ,,,,
    klw boleh tw ne ea ,,langkah2 yg paling utama apa ea mbak ???

    Belum tahu nih. Saya perlu cari tahu dulu, ya. 🙂

  22. wah hampir sama nih impiannya… saya juga dulu sempet pingin punya kursusan komputer, tapi sekarang kepincut sama bidang lain… tapi tetep… pingin bikin kursusan 🙂

    smoga terwujud mbak

    Kepincut sama online shop ya, Mba?

  23. semoga sukses selalu dan harapannya tercapai 🙂
    anak muda bersemangat hehehe, saya iri sekali sama khayalanmu mbak. 😀

    kalo boleh usul, misalnya ada kelas malam. pasangin lampu hias aja .. hehe

    Lampu hias ide bagus tuh. 😀

Leave a Reply to Mugniar Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *