MODEL DAPUR MINIMALIS

Camilan Istimewa dari Umbi Talas

Camilan Istimewa dari Umbi Talas – Bahagianya hidup di kampung, tuh, banyak kerabat yang senang berbagi hasil bumi. Iya, meski ngga punya sawah, kami masih bisa ikut menikmati hasil panen mereka. Banyak saudara dan juga tetangga yang membagikan hasil panennya. Salah satunya yaitu Umbi Talas.

Umbi Talas atau aku biasa menyebutnya Kimpul (dalam bahasa Jawa) menjadi camilan istimewa bagi keluargaku. Mulai dari daunnya yang biasa diolah menjadi buntil. Kemudian, akar atau umbinya bisa dikreasikan dalam berbagai macam camilan. Seperti; keripik, perkedel, dikukus, dan atau digoreng tanpa tepung.

Saat akhir pekan tiba, aku bersama Ibuku betah berlama-lama di dapur. Usai aktivitas memasak, kami sering iseng-iseng membuat camilan. Kali ini isengnya bikin Perkedel Talas.

Ini adalah kali pertama kami membuat Perkedel Talas. Agak was was dan ngga yakin kalau perkedel ini akan menjadi lebih istimewa ketimbang Talas yang digoreng biasa. Tahu sendiri, kan? Talas ini ngga seempuk Umbi Cilembu ketika sudah dikukus. Meski sama-sama dikukus, tapi Talas kalah empuk menul-menul. :mrgreen:

Namanya mencoba, semisal ngga jadi pasti rasanya down banget. *mudah lelah* Ngga tahu kenapa, aku malas googlig. Padahal, biasanya apa-apa cari di google. πŸ˜€ Kali ini asal saja bikin perkedelnya. Tanpa panduan, hanya mengikuti alur pembuatan Perkedel Kentang. πŸ˜› Lima buah Talas ukuran sedang, bumbu hanya garam dan merica, ditambah satu butir telor.

Lalu, apakabar hasilnya? WAAAAARBIYASAAAH!

PERKEDEL TALAS

Kalau dijadikan perkedel cepat laku…

Hanya yang makan camilan ini yang bisa berkomentar. *yaiyalaaah* Setelah dijadikan perkedel, Talas menjadi lebih empuk. Pun dimakan saat sudah dingin. Berbeda saat Talas dikukus. Baru enam puluh menit sudah dingin, dan menjadi agak sedikit keras. Tapi, meski ngga empuk seperti saat masih hangat, Bapakku tetap memilih Talas yang dikukus, dengan alasan mengurangi MINYAK, KOLESTEROL.

Alasan lain yang tak kalah penting menurut Bapak, bahwa zat kaliumnya lebih sempurna jika dikukus. Nah, kalau ini spesial banget buat Ibuku. Meski sudah ada yang digoreng, Ibu tetap menyisakan barang dua biji untuk dikukus. Tak lain karena Umbi Talas ini cukup membantu membantu menstabilkan dan menurunkan tekanan darah. Aku pernah berceloteh, kalau Ibuku punya riwayat tekanan darah tinggi.

Nah, olahan dari Umbi Talas ini termasuk camilan istimewa bagi kami. Semua camilan yang bisa membuat lidah dan mulutku susah untuk berhenti mengunyahnya. Itulah camilan istimewa menurutku. Kalau menurut Teman-teman?

Baca juga:Β Kreasi Perkedel Tahu

7 thoughts on “Camilan Istimewa dari Umbi Talas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *