Perahu Terapung di Floating Market

Tumis Pare #SayurFavoritSaya

Masakan Favorit. Judulnya maksa banget ya, Temans. Tetapi weekend kali ini memang sangat menyenangkan, ceria. Ceria bukan karena habis jeng-jeng, tetapi ceria karena di rumah sepi, sendiri, jadi senang dan bebaaaaaaaaas. Terus keluarga dan atau orang samping rumah sedang pada kemana? Mereka ada yang sedang nonton konser cherry belle dan ada yang sedang kondangan. Karena saya sedang tidak suka dengan keramaian, jadi saya memilih untuk di rumah.

Pagi tadi saya sarapan dengan nasi goreng plus krupuk, karena memang belum masak sayur. Menu untuk makan sore ini, adalah Tumis Pare. Tumis Pare ini masuk dalam daftar masakan favorit (kesukaan) saya lho. #gak tanya. Mungkin dari sekian sahabat ada yang tidak suka dengan Tumis Pare karena rasana pahit. Sebenarnya ada cara untuk membuat tumisan pare tidak terasa pahit sih. Tetapi jika tumis pare tidak terasa pahit, terus apa bedanya dengan tumis waluh jipang atau labu jipang? Setidaknya rasa pahit pada tumis pare ya harus ada lah, walaupun sedikit rasa pahitnya. bhuhuhuhu

Saya mengajak sahabat untuk  ikut Ceria Bersama Tumis Pare. Tetaplah ceria, meski yang masak gadis desa seperti saya. Cara masak tumis pare versi saya seperti ini.

Resep Masakan Tumis Pare

  • 2 buah pare
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • Kecambah, secukupnya
  • Cabai rawit, secukupnya
  • Udang Kecil, secukupnya
  • Garam dan gula secukupnya
  • Minyak, secukupnya

Cara Membuat Tumis Pare

1. Kumpulkan semua bahan yang akan dimasak. Maaf, tempenya diabaikan saja, karena saya tidak jadi memakai tempe untuk campuran.

Tumis Pare #Makanan Favorit

Bahan Untuk Tumis Pare

2. Belahsemua Pare, kemudian keluarkan semua biji pare dan iris secara melintang.

Bersihkan Biji Pare

Keluarkan Biji Pare

3. Setelah pare di iris semua, kemudian cabai merah di iris serong.

Cabai Merah

Cabai Merah

4. Buat racikan bumbu untuk tumisan pare. Brambang, Bawang, Cabai Rawit dan Garam, diulek.

5. Terakhir. Masukkan bumbu Tumis Pare dan Pare. Jika sudah terlihat setengah matang, baru Cabai Merah, Udang Kecil dan Kecambah ikut dicampurkan. Jangan lupa beri sedikut gula. Tunggu beberapa menit sampai Tumis Pare benar-benar matang. :chicken:

Sayur Pare

Sayur Pare Sudah Matang

Bhuhuhuhhu,Bagaimana Tumis Paremasakan saya? Tumis Pare memang sangat biasa ya, tetapi Tumis Pare ini menjadi salah satu menu favorit saya. Saya sengaja menyelipkan beberapa foto Cara Memasak Tumis Pare, hanya untuk dokumentasi di sini dan sekedar sebagai pengingat saja kalau hari ini saya masak Tumis Pare Favorit sesuka hati. Lagian dari pada menuh-menuhin Memory Card lebih baik di share supaya bisa berbagi Ceria Bersama Tumis Pare Favorit.

Apakah sahabat suka dengan menu Tumis Pare? Atau lebih suka dengan Mie Gimbal dan Buncis?

19 thoughts on “Tumis Pare #SayurFavoritSaya

  1. aiiiiiiiiiiiiit….
    tapi kadang suka sama Pare….
    Brati mbak idah sama kayak teman saya, paling gak bisa kl di warung ada pare.. hadeeew 😛

    Lho, aku kan suka pare, Om. :senyum:

  2. Jadi lapeq kalau ngomongin tumis pare, boleh dong dibagi, kirim lewat email.
    H hh

    Coba nanti saya coba ya, mas. Bisa atau tidak. 😆

  3. saya gak suka pare karena ait….
    dan yang kedua, saya emang g suka sayuran, hehe

    weeeeeew, ntar kering lho mas, kalau gak suka sayuran. bhuhuhuhu

  4. dari dulu ndak suka sama yang pait2 apah lagi pare, kalau dikantor ada sayur pare mending makan menu lainnya :senyum:

    aku juga gak suka, tapi kalau dengan pare aku suka, Niar. :senyum:
    padahal enak lho, Niar. Sesekali cobalah, Niar. :senyum:

  5. pare adalah favorit kami berdua.
    ditumis ok
    cuma dicocol bumbu kacang pun suka

    cobain ditauco pake udang Dah, uwenak pwollll hehehe

    Kalau dicocol aku belum berani, mba. bhuhuhu
    eh, buat tauco mudah gak, mba Ni? :senyum:

  6. Kalau urusan untuk sayur yang satu ini, saya paling suka bila dimakan dengan somay Mba.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    Hah?
    Akumalah baru tau kalau enak dimakan dengan siomay, Mas. :senyum:
    Salam Senyum. (^_*)

  7. Cihuiiii…
    Aku gak suka pare mbak, pait…
    Nek beli gado gado juga, parenya rikues gak dimasukin wehehehe xD

    Karena paitlah yang menjadi satu sensasi, Sitt. :senyum:
    Kembali lagi ke Gado2. Bhuhuhuh

  8. kalau aku parenya dicampur garam trus diremas2 gitu idah katanya supaya gak pahit

    iya, Mom.
    Aku juga seperti itu, tapi terkadang pingin yang sedikit pahit. :senyum:

  9. keceriaan saya akan hilang kalau di suruh makan pare mbak … tapi kalau paru goreng mau aku … 😀

    hahaha. .
    yaudah, ke pasar malam beli pare goreng mas. Eh, paru goreng. 😆

  10. hmmm … pare ya … hmmm … #mikir …
    coba kirimin dah, ntar di kasih tau, suka apa gak … #maksa

    hahaha. . .
    kriim via pesawat ya? :melet:

  11. Saya suka banget itu dengan pare, apalgi yg masak kalau jago bisa menghilangkan rasa pahitnya jd enak bgt. :hmm:

    Gak suka kalau pait ya, mba. :senyum:
    Padahal kalau pait tuh lebih menggigit. :silau:

  12. kebalikan sama saya mbak, dulu saya pernah kapok makan pare karena terlalu pahit hehehe

    wooow, sampai kapok gitu?
    cobain lagi, mas. :silau:

  13. Aja kelalen karo promosi basane dewek…. tambaih judule “Njangan Pare” …

    😀

    Wis tau koq, Mas. . . ^_*

  14. Aku juga suka pare, Idah… Ditumis ataupun saat makan siomay. Lihat tumisan pare mu kaya’nya enak deeh, tapi aku ga berani ngicipi, lha wong udah pakai cabe merah masih pakai cabe rawit je.. hehe… *ngumpet

    Ketauan gak doyan pedeees. . .Hihihihi. Ayoo, lomba makan pedesss, Mba. .. 😀 ^_*

  15. Resep tumis pare biar ga pahit ala mbok aku.

    Sebelum dimasak pare di ulenin dulu sama garam 3-4 sendok makan kira2 tangan udah mulai cape udah.
    Trus dicuci dan di tumis deh.

    Sama dongs. Pakai garam diremas-remas, Baha. ^_*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *