Kedai Ngapak Jogjakarta

Kebersamaan yang Asyik di Kedai Ngapak

Kebersamaan Yang Asyik di Kedai Ngapak. Ini sih menurut saya yang pernah merasakan indahnya nongkrong bersama teman-teman di sana.

Apakah ada yang belum tahu Kedai Ngapak? Kedai Ngapak (KN) adalah salah satu kedai di Jogjakarta yang menyediakan atau menawarkan aneka makanan khas BARLINGMASCAKEB (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen). Kata Ngapak tentunya diambil dari logat atau bahasa keseharian orang-orang Banyumasan. Ciri khas bahasa Ngapak ini, ya ada pada logatnya, yaitu medhok. Kalau ada yang belum tahu bahasa Ngapak seperti apa, silakan baca postingan saya yang berjudul Pit-Pitan Nang Ngarep Hotel Sahid Jaya, Solo. Welah, malah membahas Ngapakers, ya. :mrgreen:

Alkisah, pas masa-masa masih KPM tuh ada jatah pulang bergilir, 1 anak jatahnya 1 hari. Nah, umil, cute dan saya mengambil jatah pulang hari Sabtu. Dengan harapan, kami bisa mengambil dua hari, plus hari minggu. #Nekat. Oiya, sebelumnya kami memang sudah akrab, tak disangka kami ditempatkan di Kecamatan yang sama. Cocoklah, ya. :mrgreen: Setelah deal mengambil hari Sabtu untuk pulang, dengan penuh semangat kami bergegas untuk pulang ke Jogja. Ya, dengan ambisi yang sama, kami malah memilih untuk pulang ke Jogja, menjenguk Tante dan Sri yang sedang sibuk di kota pelajar sana. Itung-itung sekaligus refreshing. Kami bertiga naik motor ke Jogjanya. Tapi tidak masalah koq, karena kami bisa mengendalikan motor. Hohohoho, edisi nekat.

Kebersamaan Yang Asyik di Kedai Ngapak

Sampai Jogja, kami langsung menghampiri Sri di kosannya yang ada di daerah nJombor. Tak disangka, ternyata dia sudah siap menyambut kedatangan kami. Hihihi #GR. Setelah rehat sebentar, kami melanjutkan perjalanan ke kosan Tante di daerah Amplaz. Perjalanan Wonosobo-Jogja kurang lebih 3 jam ini memang cukup melelahkan, tapi setelah bertemu dan bisa kumpul bersama, lelah itu terbayar sudah.

Malam hari, ketika hendak mencari cemilan, Tante mengajak mereka ke Kedai Ngapak. Sebelumnya saya sudah pernah ke sini sih, tapi mereka belum pernah. Akhirnya, kamipun jeng-jeng ke KN. Khusus untuk warga BARLINGMASCAKEB yang tinggal di Jogja, kedai ini sangat cocok untuk sekedar mengobati rasa kangen dengan suasana kampung halaman dan rasa rindu pada masakan khas. Mengapa? Karena, di sinilah para ngapakers bisa menikmati aneka masakan, minuman, cemilan khas kampung halaman.

Menu Makanan Kedai Ngapak

Mendoan Jos Gandos

Kedai yang cukup luas ini, terdiri dari dua lantai. Lantai pertama settingan tempat duduk menggunakan kursi. Sedangkan lantai dua, lesehan. Untuk mengawali Kebersamaan Yang Asyik di Kedai Ngapak ini, kami memesan cemilan dan minuman untuk sekedar menipu lidah. Ada yang memesan Dawet, Lemon Tea, Cincau, Jagung Bakar, Tahu Goreng dan tentunya mendoan jumbo dongs. Sebenarnya masih ada menu lain yang menggoda sih, seperti Soto Sokaraja dan Sate Ambal, tapi kami tidak memilihnya, karena saat itu sedang diet. Haghaghag

Sweet Moment

Malu, yaaaa. . . πŸ˜›

Suasana kebersamaan semakin asik, ketika edisi suap-menyuap terjadi. Hihihihi. Kesannya hanya iseng belaka sih, tapi lensa kamera mengatakan kalau mereka berdua kangen tuh. :mrgren:Bercerita, ndongeng mulai dari KPM, kegiatan kuliah dan sempat membicarakan sisa kas GG yang semakin memprihatinkan. Hihihihi. Rasanya masih tidak percaya juga kami bisa berkumpul di Kedai Ngapak ini. Cute bilang β€œseperti mimpi ya, bisa duduk bersama tapi bukan di kota kita”. Memang benar sih kata Cute.

Yaps, kurang lebih inilah Kebersamaan Yang Asyik di Kedai Ngapak. Mungkin menurut pembaca yang budiman, moment ini termasuk biasa saja. Tapi, menurut saya kebersamaan kami ini termasuk sweet moment. Pasalnya, kami jarang sekali mempunyai waktu senggang secara bersamaan. Jika saya sedang lumayan senggang, ada saja salah satu dari mereka mempunyai acara yang tidak bisa ditinggalkan. Apalagi Tante dan Sri, yang sekarang masih betah di Jogja untuk menyelesaikan Tugas Akhir. Umil juga, sekarang mulai mengerjakan Tugas Akhir. Cute dan saya sudah selesai study. Sekarang Cute ikut orang tua di Kalimantan. Sepertinya akan susah untuk kembali menikmati kebersamaan yang asyik. Entahlah, semoga lebaran kami bisa dipertemukan dan berkumpul lagi. ^_*

Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway ‘Sweet Moment’ yang diselenggarakan oleh UnTu

Kedai Ngapak, Jogyakarta

Jalan Selokan Mataram No. 27 b, Pringgolayan.

Belakang UPN, atau sebelah barat Outlet Biru (OB).

21 thoughts on “Kebersamaan yang Asyik di Kedai Ngapak

  1. jalan-jalan terus nich ceritanya sambil kuliner. Ngiler sama mendoannya……kalo pengen mendoan di kota jogja ya kesitu.

    Wis pernah ke KN belum, Mas? ^_*

  2. kenapa harus malu.
    suap-suapan itu asyik lho. ngapakers emang lucu sob. ane aja kalau ngomong sama orang banyumasan bawaannya pengen ketawa melulu.

    Unik bahasanya ya, Mas? :D^_*

  3. kirain kedai ngapak adanya di banjarnegara.. Bundo mo minta ditraktir iDah.
    Bundo suka kuliner BARLINGMASCAKEB.. jadi kangen pingin menikmatinya lagi.

    Terus, kapan ke Banjarnegara, Bund? ^_*

  4. wah, klo ke Jogja jadi pengen mampir ke kedai Ngapak nih..
    tapi nggak harus bisa bahasa ngapak kan ya kalo makan disana.. hehe..

    Makasih udah share ceritanya..
    OK. Tercatat sebagai peserta^^

    Silakan mampiiiir. Tidak harus koq. Sama2. .. ^_*

  5. Idah posting BARLINGMASCAKEP mengait memori abad lalu saat KKN di Banjarnegara…… Selamat meramaikan GA sahabat

    CAKEP atau CAKEB? Heheheh. Lho? Pernah KKN di Banjar ya, Bund? ^_*

  6. Emang paling nikmat itu kumpul sama temen2 yang serumpun, bahasanya sama jadi bebas mau ngomong apa.
    pernah tu mbak, ad aorang ngeliatin aku sm temen2 ngomong jawa kasar, sampe melongo dia, hehe

    Bahasa jawa tuh beneran unik ya, Mba. Bisa buat orang melongo. πŸ˜€ ^_*

  7. kesalahan masuk kesini pas detik2 menjelang maghrib gini

    jadi laper, hehe

    sukses ya buat GA nya

    hahahahaha. . .Makasiiih. ^_*

  8. kl ngumpul2 dg suasana kebersamaan gitu dimanapun tempatnya suka berasa enak, ya πŸ™‚

    Benaaaaaaaar. .. πŸ˜‰ ^_*

  9. Ini mah salah saya nih…. pagi-pagi berkunjung kesini…. jadi ngiler kan tuh tempe mendoannya., huwaaaa bedug masih lama >.<

    Berarti namanya bonus, Mas. πŸ˜€ ^_*

  10. Kebersamaan seperti ini dengan kawan2 kadang2 masih saya rindukan πŸ™‚

    Moga menang yaa

    Terima Kasih, Mba. . . ^_*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *