KERAK TELOR ENAK

Keranjingan Kerak Telor Mini #LaukFavKeluarga

Keranjingan Kerak Telor Mini – Sebelum menulis keranjingan, terlebih dahulu saya mencari tahu arti dari kata tersebut. Agak takut, kalau pada kenyataanya keranjingan bukanlah bahasa Indonesia. Hahaha. Ngaco banget, ya. Tetap mengandalkan KBBI, bahwa kata keranjingan /keΒ·ranΒ·jiΒ·ngan/ verb mempunyai arti tergila-gila; sangat gemar sekali.

Asyik, berarti saya tidak salah menggunakan kata ini. Ya, saya, tepatnya keluarga tuh keranjingan membuat dan menyantap lauk kerak telor mini. Dalam arti sangat gemar sekali, ya. Soalnya, belum tergila-gila banget. Standard suka lah.

Kami menyebutnya kerak telor mini, karena kerak telor ini berukuran kecil. Kerak telor yang saya maksud disini berbeda dengan Kerak Telor Betawi yang pernah saya santap di Monas.

Awal mulanya, kami sering membeli kerak telor mini kepada seorang penjual yang hampir tiap hari berjualan keliling Desa. Namun, sudah beberapa bulan ini si penjual dan gerobaknya belum terlihat lagi. Mungkin ia sedang sibuk berkebun. Atau, sudah alih profesi.

Saking seringnya membeli kerak telor mini, kami seperti keranjingan makanan yang cukup enak dijadikan cemilan atau lauk makan. Rasa kerak telornya cukup gurih dan lebih nikmat jika dicocol dengan saos atau kecap. Yaaa. . . meski rasa tepungnya lebih kental, sih. Mungkin, jika di prosentase 30% telor, 70% tepung. Berbeda dengan kerak telor yang dibuat sendiri.

KERAK TELOR

Ambil dua kurang. . .

Dan, semenjak Mas Penjual enggak berjualan lagi, saya niat banget membeli wajan kerak telor. Untuk praktiknya, saya cukup sering membuat kerak telor untuk lauk makan. Yaa. . .kalau didadar embleh-embleh, rebus atau ceplok, kan, terkadang bosen tuh. Jadi, kalau enggak kami orak-arik, ya di bikin kerak telor mini.

Kerak Telor kami buat cukup sederhana. Tidak ada prosentase antara tepung dan telor. Karena, kerak telor yang kami buat 100% telor semua. πŸ˜†

Sampai sekarang, kami makin sering membuat kerak telor ini. Malah, menjadi lauk favorit, ketika sedang malas goreng-goreng. Pokoknya, sudah keranjingan kerak telor mini lah.

Kalau teman-teman suka lauk telor enggak? Pasti udah bosyen banget, ya. Sebenarnya kami juga udah bosyen. Kalau melihat telor, sampai bingung mau diapain. Hahaha

28 thoughts on “Keranjingan Kerak Telor Mini #LaukFavKeluarga

  1. kadang sy juga suka masak telor pakai tepung begitu tapi ga tau namanya πŸ™‚
    kalau si abangnya dah ga jualan ada peluang baru berarti tu mba hahahha

    Tak jualan kelili yo, Mba. πŸ˜› πŸ˜†

  2. Pernah aku beli kerak telor di acara PRJ belasan tahun lalu dan kebetulan kali ya…dapat yg rasanya gak memuaskaan, keras. Abis itu gak beli2 lagi. Tapi lihat foto2 di atas jadi pengen nyoba, kayaknya yg ini empuk, renyah..

    Koq renyah sih, Mba? πŸ˜†

  3. Mupeng … belum pernah nyoba menikmati kerak telur mini soalnya, sekilas seperti martabak puyuh seperti yg dijual di kampung halamanku sana πŸ™‚

    Martabak puyuh malah baru dengar, Mba. πŸ˜†

  4. aku nggak pernah bosen sama telor, Idah… cuma emang harus dijarangin sih makannya klo aku, soalnya takut kolesterol hahaha

    Kolersteronya berapa emang, Mba? πŸ˜†

  5. saya suka lauk berbahan dasar telor, tapi belum pernah nyobain kerak telor πŸ™‚

    Cobain deh sekali2, Mba. πŸ˜†

  6. Waktu Ramadhan di daerah THR banyak yg jual kerak telor. Karena penasaran aku coba beli 1. Ternyata eh ternyata babar ra enak.. Kapok gak tuku maneh hihi..
    Klo punya Idah ini kayaknya enak deh secara penampakannya mirip dadar telur πŸ˜€

    Ini emang sama dengan dadar telur, Mba. Cuma bentuknya saja kecil dan digoreng di wajan yang berbeda. πŸ˜€

  7. Udah jarang makan telur, eh nggak ding beberapa hari ini makan nasi nggak enak kalau nggak makan nasi padang dan ikannya cuma telur he he he
    Gak gt berani mengolah telur macam-macam apalagi kalau belum pernah πŸ˜€

    Suka nasi padang ya, Mba? Rendang telor enak yo.

  8. kalau kerak telor model gini aku suka, tapi kalau kerak telor yang ada dijakarta aku gak suka, itu ada nasinya

    Neg ya, Mba? πŸ˜†

  9. itu di gambar bukannya telor dadar ya Dah? he he..perasan kerak telor bukannya pake ketan apa nasi gitu? Salah ya?

    Ini kerak telor spesial. Baca lagi paragraf utama ya, Mba. πŸ˜†

  10. baru skali nyobain kerak telor, dan trauma… soalnya porsinya gede banget… tp klo mini2 ky gt asik kayanya πŸ™‚

    Yang dimonas enaknya buat berdua. Porsi jumbo sih ya, Mba. πŸ˜†

  11. Klo kerak telor asli betawi aku suka rasanya gurih gak neg…tapi klo kerak telor bahannya 100% telur itu pasti dadar telur yaaaa kaaan hehehe…aku juga suka bwt lauk nasi goreng

    Yaelah, baca lagi deh dari atas, Mba. πŸ˜†

  12. Kerak telor salah satu makanan kesukaan tapi kalau yang modelnya seperti ini, hanya baru iseng saja nyobanya. πŸ˜€

    Salam

    Pernah nyoba yang kayak gini ya, Pak? πŸ˜†

  13. Kasian abang kerak telornya kalau pada pinter bikin sendiri :(( . Ntar kalau udah jualan lagi, beli loh ya

    Yaelah, sensi banget, sih, Mba. Ini kan buat senang2 saja. Kalau jualan lagi ya beli dongs. πŸ˜†

  14. Nah. Sialnya saya berkali-kali ke Jakarta belum pernah menikmati kerak telor entah kenapa padahal sudah ngidam sejak masih di dalam pesawat hahaha. Hanya saja melihat kerak telor rumahan ini, saya tahu …. saya sudah sering memakannya. Mamatua di rumah sering membuatnya untuk cemilan ataupun lauknya nasi. Tapi dengan bangga Mamatua bilang, “TELUR AMERIKA!” *ngakak jungkir balik*

    Wkwkwkw, penasaran penampakannya kayak apa, Ka. πŸ˜†

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *