PENJUAL BAKPAO

Bukan Bakpao Biasa

Postingan tentang Bakpao ini terinspirasi dari postingannya Mba Ika. Adakah diantara kamu yang menjadi pecinta Bakpao? Rata-rata kadar kesukaan pada makan yang satu ini biasa saja, ya. Sukanya gak suka banget dan kayaknya gak ada yang benci dengan makanan empuk dan mengenyangkan ini. Saya termasuk yang biasa-biasa saja.

Bakpao merupakan makanan tradisional Tionghoa. Sering saya perhatikan, Bakpao ini banyak dijual di terminal bus. Biasanya para penjual Bakpao ini masuk bus, menawarkan dagangannya kepada para penumpang. Jarang banget melihat penjual Bakpao keliling desa apalagi standby di suatu tempat. Bakpao empuk banyak digemari oleh orang tua dan anak-anak.

Di Banjarnegara sendiri, saya jarang banget melihat orang yang berjualan Bakpao. Entah memang sudah langka, atau sayanya yang jarang menjumpainya. Suatu waktu, ditempat kursusan saya melihat penjual Bakpao. Tampilan bakpao ini gak seperti bakpao pada umumnya, yang bunder klweeer. Hihihi. Tampilannya lebih cantik, warna-warni dan mengundang perhatian. Kata si penjual, warna-warninya Bakpao ini sehat. Gak pakai pewarna yang membahayakan itu. Bakpao dijual dengan harga Rp 2.000 per buah, untuk semua rasa.

RASA-RASA BAKPAO

Tiga varian rasa. . .

Kalau di daerah saya, ini bukan bakpao biasa. Mungkin di daerah kamu sudah biasa banget, ya? Selain tampilan, terdapat beberapa aneka rasa Bakpao. Rasa Susu, Kacang, Coklat, Ayam dan Nanas. Saya paling suka rasa Nanas. Manisnya gak terlalu, pas banget. Begitu juga rasa lainnya, pas menurut saya. Ini menandakan sebuah kreasi Bakpao. Terkesan tidak monoton bunder klewer, jadi yang makan gak bosen melihat bentuknya dan gak bosen dengan rasanya.

Penjual Bukan Bakpao Biasa ini aseli orang Wonosobo. Setiap pagi sampai sore dia berkeliling ke sekolah-sekolah, keliling kota dan sesekali standby di alun-alun. Banyak banget stok bakpao yang ia bawa. Dan uniknya, bakpao yang disajikan ini selalu anget. Karena sebelum dikasihkan pembeli, bakpao ini diangetkan dulu. Jadi, bakul Bakpao berkelilingnya tuh tidak hanya mendorong gerobak saja, tapi terdapat panci pengukus dan kompor didalam gerobak.

KREASI BENTUK BAKPAO

Coklat dan Ayam. . .

Tentang Bakpao ini, saya jadi ingat satu kejadian. Pernah lagi dingin-dinginnya, pas di terminal bus Mendolo ditawari Bakpao sama penjual. Suara penjual keras banget, Bakpao anget. . .Bakpao anget. . .Bakpao Anget. Karena pagi itu dingin banget, jadi tertarik untuk beli yang anget-anget, kan? Saya beli dua Bakpao bunder klewer rasa coklat, harganya Rp 3.000 per buah. Daaan, saya tertipu saudara-saudara. Saat Bakpao ditangan saya tuh sudah dingin, mungkin angetnya sejam yang lalu, pas Pak Bakul baru nyetok. Aaah, itu trik penjual. Dan pembeli hanya bisa ndoplong kalau kena trik, kan. Hahahaha.

Kalau kamu suka Bakpao Anget gak?

25 thoughts on “Bukan Bakpao Biasa

  1. huaaa, bakpaunya lucu banget bentuknya~ XD
    kalau pas sembahyang di pura bekasi atau jakarta, sering banget tuh nemu dagang bakpau, dan pasti saya dan adik-adik saya selalu beli~ 😀

    btw, apa kabar kak? hehe~

    Baiiik, kamu sibuuk banget, ya? Rasanya apa saja di sana, Gung? Eh, gambar saya sudah jadi belum. :D:P ^_*

  2. Waktu aku tinggal di Batam dulu suka bakpao vegetarian, dalamnya sayur. Disini nggak ad, apalagi di Jawa. Bikin sendiri juga nggak bisa hahaaa… Menarik juga ya di warna warni gitu

    Di Jawa diganti Burger, Mba. Hahaha ^_*

  3. unik juga ini bakpao, kreatif orangnya.
    dibuat warna-warna dan rasa yang beragam. Plus murah juga.

    Nyobaiiin satiu kurang. .. 😀 ^_*

  4. dah lama ndak makan bakpao nih, pernahnya makan yg dalamnya isi kacang ijo 🙂

    Isi kacang ijo yang bentuknya budeeer. 😀 ^_*

  5. Penjual bakpao keliling di tempatku sih banyak… harganya juga murah, hanya saja rasanya kurang mak nyusss….
    Tapi ada bakpao yang rasanya mak nyuss banget… sayangnya harganya mahal, rata-2 5000 per biji.

    Dua kali lipat Bakpao yang ini dong, Mba. 😀 ^_*

  6. Bakpaonya unik modelnya, dan berawarna warni, palagi kalau melihat isinya, jadi buat ngiler saja. he,, he, he,,,

    Salam

    Tapi gak sampai ngiler beneran kan, Pak? 😛 ^_*

  7. bakpao jaman sekarang udah banyak kemajuan, very colurfull 🙂
    pasti yummy banget makan bakpao hangat di kala hujan..

    Sini lagi hujan nih, tapi Bakpaonya belum lewat. . . Hahaha ^_*

  8. bunda musuhan sama bakpao…,
    abis makan bakpao dorongan itu langsung mules…, mungkin bakpaonya udah lama ya

    Waduuuh, udah beberapa kali makan langsung mules, atau pertama kali makan, Tante? ^_*

  9. bakpao nya lucu mbak, bakpao anget pas hujan hujan enak loh, sayang aja kalo tertipu sama abang nya,,,

    Gak percaya lagi sama Bakul yang di Terminal. Hahahah ^_*

  10. duh ujan2 gini enak bgt kayanya makan bakpao, meskipun sama saya jg bukan penggemar bakpao 😀
    seneng deh, penjualnya jual bakpao yg sehat 🙂

    Bakpao yang gak sehat yang kayak apa, Mba? ^_*

  11. Assalaamu’alaikum wr.wb, Idah manis…

    Kalau di Malaysia disebut Pau Inti. Namun di sini, jarang ditemui penjualnya berjualan secara berkeliling. Hanya dijual di kedai dan dimasukkan didalam pengukus yang bisa dibeli secara hangat.

    Di sini juga, paunya dijual dalam bentuk warna warni dan dibentuk cantik. Aromanya wangi dan lembut dengan pelbagai inti seperti ayam kari, daging kari, kacang merah, mentega dan isi kelapa parut.

    Kalau bentuk di atas, memang cantik sekali, seperti kelopak bunga. memang enak makan pau panas-panas.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 😀

    Wa’alaikumsalaam, Bunda. Waah, rasa Bakpaonya lebih banyak ya, Bunda. Harganya beraan kalau di sana? ^_*

  12. Aku juga termasuk yang suka Bapao, terutama yang isi kacang hijau. Cuman kadang gak mau makan kalau bapaonya warna-warni hehehe..Putih yang terlalu putih juga enggak mau 🙂

  13. Aku termasuk seneng karo bakpao. Dan sama makanan yg lainnya. Alias aku ki seneng panganan opo ae alias doyan makan hahahaha..

    Btw penjual bakpao kok memang sudah jarang yaa.. Padahal bakpao itu makanan yg banyak disukai dan kayaknya pasti laku.

    Di nganjuk ada bakpao yg ada tulisan china nya, rasanya enak warnanya putih tulang.. Tapi aku jarang tuku soale gak kepikiran.. Mungkin pesugihane kurang #eh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *