Resep dan Cara Membuat Seblak. Setelah beberapa bulan yang lalu dihebohkan dengan Bukan Pempek Biasa, akhir-akhir ini di Desa saya kedatangan makanan khas Jawa Barat, tepatnya Bandung.  Seblak namanya.

Seblak yaitu jajanan atau makanan yang terbuat dari krupuk merah-hijau. Sebelum dimasak, krupuk terlebih dahulu direndam sampai lunak. Setelah lunak, barulah krupuk dimasak dengan bumbu-bumbu sedap an maksyus. Seblak diamasak dalam dua versi, seblak basah dan seblak kering. Seblak Basah  dalam penyajiannya dibubuhi dengan sedikit air. Sedangkan, Seblak Kering dimasak tanpa dibubuhi air.

Alkisah, tetangga saya diseberang kali (Saipul) ada yang menikah dengan orang Jawa Barat (Sainah). Sainah ini asli Cirebon. Sebenarnya dia bukan warga baru. Dia sudah menetap sebagai warga Banjarnegara kurang lebih sudah 8 Tahun. Memang sudah lama sih, tapi ide untuk berjualan seblak baru-baru ini muncul. Rumah Mba Sainah tuh di pojok kulon, jauh dari keramaian dan rumah warga. Tapi, semenjak dia berjualan Seblak, rumahnya ramai.

Saya belum pernah mencicipi seblak buatannya, kata Ara sih rasanya enak dan gurih. Sangking penasarannya, minggu sore saya pun mengajak Ara untuk mencoba membuat Seblak. Mengapa tidak membeli? Karena, ingin mencoba membuat. :mrgreen:

Ini resep membuat seblak  dari Ara dan teman-temannya. Tidak menyangka, kalau dia ternyata mengajak teman-temannya untuk bergabung. Jadi ramai deh.  Inilah Resep dan Cara Membuat Seblak untuk empat porsi kecil.

Bahan I

  • 1/4  kg kerupuk bawang atau kerupuk abang ijo
  • Air Panas (secukupnya)
  • Minyak Gorneng (secukupnya)

Bahan 2, Bumbu

  • 2 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 9 buah cabe rawit
  • 1/2  sdt Garam

Cara Membuat Seblak :

  1. Sebelumnya, rendam kerupuk bawang menggunakan air dingin, kurang lebih 30 menit.
  2. Haluskan bumbu, kemudian tumis bumbu hingga harum
  3. Setelah bumbu tercium harum, kemudian tambahkan air panas.
  4. Jika air sudah mendidih, masukkan krupuk.
  5. Masaklah hingga terlihat lembek dan air rada habis.
  6. Icip-icip, kira-kira kurang apa? :mrgreen:
  7. Seblak lebih maknyus, jika dihidangkan saat masih anget.
Resep dan Cara Membuat Seblak Maknyus

Made In Ara dan Teman-teman

Kagum dengan mereka yang masih kecil, tapi sudah bisa masak. Mereka adalah Ara, Arin dan Yani. Mereka satu generasi, cuma beda bentuk body saja. :oops: Ketika melihat mereka ngulek bumbu, koq rasanya seperti melihat Koki Kecil yang jago masak, ya. Sungguh, tidak berlebihan ini. Setelah tanya ditanya, ternyata mereka kalau membeli Seblak di tempat Mba Sainah tuh sambil memperhatikan dan mencuri-curi ilmunya. Weaah, ternyata anak kecil pandai juga triknya, ya.

Tenang saja, saya tidak akan ikut mendirikan usaha Seblek koq, Mba Sainah. Ini hanya coba-coba saja dan alhamdulillaah berhasil dan maknyuus pedesee.

Seblak Maknyus

Ara, Yani dan Arin. Menikmati Seblak huhaaaaah

Apakah sahabat sudah pernah merasakan gurihnya Seblak? Jika belum, silakan mencoba Resep dan Cara Membuat Seblak Maknyus. :mrgreen:

Notes:

Tambahan dari Bundo LJ. Cobain klo seblak dikasih sayur, misal tauge atau sawi kayaknya enak juga, biar gizinya nambah.

Tambahan dari Mba Isti. Bumbunya kurang satu: kencur. Terus, seblak basah ini bs ditambahin sawi putih dan/ atau telur.