Langkah Baruku

Resep dan Cara Membuat Seblak Maknyus #JajananFavoritAra

Resep dan Cara Membuat Seblak. Setelah beberapa bulan yang lalu dihebohkan dengan Bukan Pempek Biasa, akhir-akhir ini di Desa saya kedatangan makanan khas Jawa Barat, tepatnya Bandung.  Seblak namanya.

Seblak yaitu jajanan atau makanan yang terbuat dari krupuk merah-hijau. Sebelum dimasak, krupuk terlebih dahulu direndam sampai lunak. Setelah lunak, barulah krupuk dimasak dengan bumbu-bumbu sedap an maksyus. Seblak diamasak dalam dua versi, seblak basah dan seblak kering. Seblak Basah  dalam penyajiannya dibubuhi dengan sedikit air. Sedangkan, Seblak Kering dimasak tanpa dibubuhi air.

Alkisah, tetangga saya diseberang kali (Saipul) ada yang menikah dengan orang Jawa Barat (Sainah). Sainah ini asli Cirebon. Sebenarnya dia bukan warga baru. Dia sudah menetap sebagai warga Banjarnegara kurang lebih sudah 8 Tahun. Memang sudah lama sih, tapi ide untuk berjualan seblak baru-baru ini muncul. Rumah Mba Sainah tuh di pojok kulon, jauh dari keramaian dan rumah warga. Tapi, semenjak dia berjualan Seblak, rumahnya ramai.

Saya belum pernah mencicipi seblak buatannya, kata Ara sih rasanya enak dan gurih. Sangking penasarannya, minggu sore saya pun mengajak Ara untuk mencoba membuat Seblak. Mengapa tidak membeli? Karena, ingin mencoba membuat. :mrgreen:

Ini resep membuat seblak  dari Ara dan teman-temannya. Tidak menyangka, kalau dia ternyata mengajak teman-temannya untuk bergabung. Jadi ramai deh.  Inilah Resep dan Cara Membuat Seblak untuk empat porsi kecil.

Bahan I

  • 1/4  kg kerupuk bawang atau kerupuk abang ijo
  • Air Panas (secukupnya)
  • Minyak Gorneng (secukupnya)

Bahan 2, Bumbu

  • 2 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 9 buah cabe rawit
  • 1/2  sdt Garam

Cara Membuat Seblak :

  1. Sebelumnya, rendam kerupuk bawang menggunakan air dingin, kurang lebih 30 menit.
  2. Haluskan bumbu, kemudian tumis bumbu hingga harum
  3. Setelah bumbu tercium harum, kemudian tambahkan air panas.
  4. Jika air sudah mendidih, masukkan krupuk.
  5. Masaklah hingga terlihat lembek dan air rada habis.
  6. Icip-icip, kira-kira kurang apa? :mrgreen:
  7. Seblak lebih maknyus, jika dihidangkan saat masih anget.
Resep dan Cara Membuat Seblak Maknyus

Made In Ara dan Teman-teman

Kagum dengan mereka yang masih kecil, tapi sudah bisa masak. Mereka adalah Ara, Arin dan Yani. Mereka satu generasi, cuma beda bentuk body saja. :oops: Ketika melihat mereka ngulek bumbu, koq rasanya seperti melihat Koki Kecil yang jago masak, ya. Sungguh, tidak berlebihan ini. Setelah tanya ditanya, ternyata mereka kalau membeli Seblak di tempat Mba Sainah tuh sambil memperhatikan dan mencuri-curi ilmunya. Weaah, ternyata anak kecil pandai juga triknya, ya.

Tenang saja, saya tidak akan ikut mendirikan usaha Seblek koq, Mba Sainah. Ini hanya coba-coba saja dan alhamdulillaah berhasil dan maknyuus pedesee.

Seblak Maknyus

Ara, Yani dan Arin. Menikmati Seblak huhaaaaah

Apakah sahabat sudah pernah merasakan gurihnya Seblak? Jika belum, silakan mencoba Resep dan Cara Membuat Seblak Maknyus. :mrgreen:

Notes:

Tambahan dari Bundo LJ. Cobain klo seblak dikasih sayur, misal tauge atau sawi kayaknya enak juga, biar gizinya nambah.

Tambahan dari Mba Isti. Bumbunya kurang satu: kencur. Terus, seblak basah ini bs ditambahin sawi putih dan/ atau telur.

31 thoughts on “Resep dan Cara Membuat Seblak Maknyus #JajananFavoritAra

  1. hp yitno

    masak kerupuk cara masaknya begitu. Bukannya enakan di goreng.

    Ini SEBLAK lho, Mas. Cemilane wong JABAR. Kalau belum mencoba membuat sebalk memang komentarnya seperti itu. :D ^_*

  2. LJ

    seblak itu memang khas bandung.. iDah tau kan klo di bandung cemilannya emang adaaa ajah,, cimol, cireng, seblak dll..

    Oooo, jadi begituuuh. Iya, besok2 buat CIMOL ah. :D ^_*

    hwa, botjah2 ini ud pd jago masak ya.. cobain klo seblak dikasih sayur, misal tauge atau sawi kayaknya enak juga, biar gizinya nambah.. :)

    Cateet, besok2 kalau buat SEBLAK lagi ditambah sayuur. Biar sehat gitu, ya. :D ^_*

  3. prih

    kagum dengan kepiawaian gadis2 kecil belajar memasak.
    Hampir terjebak nih Idah, kirain sapu lidi mini pembersih kasur, ternyata seblak makanan. Salam

    Hihih, itu kan kalau nakal nanti di seblak ya, Bu. . . ^_*

  4. dey

    aku suka beli di sekolahnya Fauzan, dan memang di Bandung banyak bertebaran tukang jualan seblak.

    Daaan, memang asalnya dari Bantund ya, Teh. :D ^_*

  5. Istiadzah

    Mak, bumbunya kurang satu: kencur. Itulah ciri khasnya seblak, wangi kencurnya itu yg bikin enak! :D
    Terus, seblak basah ini bs ditambahin sawi putih dan/ atau telur. Uenaaaaaakkkkkk…!!!

    Saya, karena di sini ga ada kerupuk, maka saya pakai kerupuk apapun yg saya bawa dr Indo. Hihihihi. Padahal saya bukan org Bandung, suami jg bukan org Bandung atau Sunda.

    Wiih, saya rada gak suka sama bau kencur, Mba. Hihihihi. Kalau sama telur, berart langsung ikut di ongseng, ya? Atau gimana? ^_*

  6. Obat Sembelit Pada Ibu Hamil

    Kalau di kampung saya mah itu namaya bukan seblak tapi belekem kalau seblak kerupuk yang di goreng namun tidak sampai mengembang alias setengah matang dan masaknya juga pakai minyak yang masih dingin dengan api yang kecil ..
    memang sekarang lagi bumming banget ya makanan dari kerupuk ..

    Saya malah baru tau ada makanan namanya Belekem. Hihihii ^_*

  7. Hanna HM Zwan

    ya Allah mbk,iki to rupane seblak….beuh,dulu waktu di pondok sering di buatin ustadzahku kayak gini,enak dimakan pas masih anget,lombok’e ake,maknyusssss :D

    Baru tau eaaaaa. Ayooo coba buat, Mba. . . ^_*

  8. yayats38

    Itu kata Bundo seblak khas Bandung ? Kok aku baru denger ya wkwkwk.
    Tapi melihat penampakannya pengen juga sih nyicipin he he

    Hahaha. . .Kemanee aja, Kang? wkwkwk. Minta dibuatin sama Nyonya saja. :mrgreen:. ^_*

  9. bintangtimur

    Idaaaahhhhh…jadi kepengen seblak lagi deh!
    Bikinin ya…satuuu aja, nggak usah pake telur biar rasanya lebih alami..hehe, saya juga setuju kalo makan seblak itu harus panas-panas dan luar biasa pedas…hhhmmmm, pasti nikmat…

    Terus, kapan kita menikmati Seblak bareng, Mba. Hohohoho. ^_*

  10. hanari

    baru denger namanya seblak, tp ngebayangin dari cara msaknya kok kayak ga enak gimana gitu ya…hehehe…

    Jangan terlalu banyak membayangkan, ya. :D ^_*

  11. Citra

    Pernah nyobain Seblak, tapi di goreng garing hehe
    Jangan lupa ikut lomba blog ‘Jelajah Kuliner Unik Nusantara’ dan raih kesempatan wisata kuliner di 5 kota di Indonesia bareng Daihatsu. Caranya? Thanks :D

    Yang garing saya malah belom pernah, Mba Cit. Hyaah, saya lupa ikut. Hiks^_*

  12. pipit

    hihihi.. saya yang di bandung malah gak doyan seblak :P masalah selera aja siiih… tapi kalo kerupuk aci mah wajib harus ada buat temen nasi :D

    Kalau digoyeng malah jadi suka banget ya, Mba. Ahahahaha^_*

  13. irowati

    Rasanya seperti apa ya mbak….. apa kenyel-kenyel kyk krupuk rambak yg dioseng utk pedamping gudek itu ya…. menarik…

    Kenyal iya. Tapi, krupuk ini untuk pendamping soto, Mba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Content security powered by Jaspreet Chahal