KAWASAN KOTA TUA JAKARTA

4 Alasan Membeli Tiket Kereta Api Secara Online Lebih Murah

Merasa perlu melakukan pemesanan atau beli tiket kereta api karena takut kehabisan, aku membuka aplikasi pemesanan tiket kereta api yang telah terinstall di handphone.

Saat itu, aku akan melakukan perjalanan pulang dari Bogor ke Banjarnegara, dan turun di Yogyakarta. Maklum ya, kereta jalur kereta api belum sampai kota kelahiranku ini. Alternatifnya pilih jurusan Yogyakarta atau Purwokerto.

Aku memilih Kereta Api karena lebih hemat waktu, dan ada beberapa pilihan jadwal pemberangkatan. Ngga seperti Bus yang kadang hanya satu kali pemberangkatan dalam sehari.

Memang, jika dibandingkan dengan transportasi darat lainnya, kereta api lebih mahal. Tapi selisihnya hanya sedikit,  dan itu sebanding dengan jam perjalanan yang relatif lebih singkat, ngga mengenal istilah macet, dan dapat melaju bebas tanpa mengkhawatirkan masalah lampu lalu lintas.

Beruntung, provider yang kupakai sinyal internetnya cukup kuat di Bogor. Akupun bisa bisa langsung memesan tiket melaui online tanpa kendala.

Kenapa membeli online? Sebenarnya aku bisa membelinya langsung di stasiun, tapi agak was was pas sampai stasiun, ternyata tiket telah habis. Belajar dari kejadian pas di Stasiun Malang. Pernah sampai stasiun udah optimis banget bisa mendapatkan tiket dengan pemberangkatan sesuai keinginan. Pas udah antre di loket, ternyata pemberangkatan jam 15.00 WIB sudah habis. ๐Ÿ˜†

Kacau banget. Rasanya pingin terbang pakai karpet Aladin, karena esoknya aku harus kembali bekerja. Lelah.

STASIUN BOGOR

Lalu, benarkah memesan tiket kereta api online bisa lebih murah?

Berdasarkan pengalaman pribadi, sih, iya. Dengan berbagai pertimbangan, jika kalkulasikan ujung-ujungnya nyerempet ke duit. ๐Ÿ˜€ Berikut empat alasan kenapa beli tiket kereta api lebih murah dibanding dengan beli langsung di stasiun.

  • Banyak promo yang bisa ditemukan

Eeeh, kalian pada langganan news letter online travel agent, kan? Menurutku ini penting banget bagi yang suka piknik ke luar kota, dan suka menggunakan moda kereta.

Kalau bisa, sih, jangan mengabaikan email masuk dari agen perjalanan, gitu. Karena biasanya isinya tuh penawaran promo. Semisal kalian lagi ngga butuh, bisa dibagikan ke teman. Siapa tahu ada yang membutuhkan, kan.

Promo yang ditawarkan kadang bisa menghemat kocek perjalanan karena dapat memangkas harga tiket kereta yang dipesan.

  • Memilih tiket lebih mudah

Ini terbukti banget. Kalian bisa leluasa memilih tiket karena biasanya telah tercantum harga. Mau beli berapa banyak, tinggal klik, pilih, selanjutnya serahkan pada sistem.

Kemudahan seperti ini membuat fasilitas pemesanan tiket online membantu menghemat budget perjalanan. Menariknya, pemesanan online bisa dilakukan kapan saja. Dalam waktu mendadak sekalipun, tanpa harus ngos-ngosan ke loket.

  • Bisa membandingkan harga

Nah, ini aku banget. Membeli secara online juga memungkinkan untuk membadingkan harga tiket antar online travel agent. Memilih harga yang paling murah, sedang, atau tinggi, terpenting sesuai kebutuhan. Jika masih saja terasa mahal maka bisa mengunjungi situs resmi PT. KAI, sehingga bisa lebih leluasa membandingkan harga.

  • Tidak perlu keluar uang bensin

Ini alasan klasik banget, sih. Tapi patut dibenarkan jika memesan online bisa lebih hemat adalah karena memang ngga banyak perjuangan dilakukan. 

Kalian ngga perlu keluar ongkos lebih untuk menginjak lantai stasiun demi secarik tiket kereta api. Otomatis kalian ngga mengelurakan uang bensin, ataupun membayar transportasi umum. ๐Ÿ˜‰

KERETA API JAKARTA

Dengan beli tiket kereta api secara online, setidaknya kalian ngga merepotkan orang lain karena memang semua itu dilakukan secara mandiri. Bagiku, ini lebih memuaskan. Apalagi jika bisa didapat dengan harga terjangkau, dan jauh lenih murah. Uunch… ๐Ÿ˜› ๐Ÿ˜›

8 thoughts on “4 Alasan Membeli Tiket Kereta Api Secara Online Lebih Murah

  1. Aku nih selalu beli tiket kereta api online, betul semua alasannya, lbh hemat dan murah. Krn gk pake ongkos ke loket, ngga butuh beli cendol krn kehausan di jalan. Wkwk

  2. Kalau beli langsung ke stasiun kan gak mungkin, Idah. Apalagi menjelang mudik lebaran yang bisa dalam sekian detik udah habis. Dulu mah, pakai acara on the spot trus ngantri, karena dulu sistemnya masih hayo masuk, ayo masuk meskipun enggak dapat tempat duduk.

    Aku beberapa kali beli tiket kereta api secara online, waktu mudik tahun 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *