Surya Yudha Park

Memanfaatkan Jasa Review Untuk Objek Wisata

Memanfaatkan Jasa Review Untuk Objek Wisata perlu dilakukan oleh mereka para pengelola industri pariwisata, investor maupun Pemerintah Daerah (Pemda). Mengapa saya mengatakan demikian? Karena dijaman yang serba online ini, memanfaatkan jasa review merupakan salah satu cara promosi yang sangat tepat dan mudah.

Cara promosi online untuk Destinasi Objek Wisata dipandang perlu, meski sebenarnya masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan Objek Wisata. Misalnya, mempromosikan dengan cara offline. Dengan cara menyebar brosur, memasang iklan dispanduk dan menggunakan media cetak lainnya. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, ada beberapa pelaku bisnis (bidang wisata) yang sudah meninggalkan salah satu dari cara promosi offline tersebut.

Mereka meninggalkan cara ini tentunya dengan berbagai pertimbangan. Mungkin saja promosi secara offline dirasa kurang memuaskan hasilnya. Atau, bisa jadi pemasukan yang didapat tidak seimbang dengan pengeluaran untuk pembiayaan tenaga marketing dan media cetak. Tadinya tulisan ini spesial untuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banjarnegara, tetapi tidak jadi lah. Takut dimarahi Bapak Bupati.

Ceritanya tuh pada hari Rabu, 27/2 di koran Suara Banyumas kolom Banjarnegara, terdapat satu artikel denganΒ  judul β€œDaya Jual Objek Wisata Lemah”. Keluhan tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Ekonomi dan Penanaman Modal pada Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda), saat rapat koordinasi bidang pariwisata.

Kabag Ekonomi Bappeda mengatakan, pihak Disbudpar kurang gencar dalam mempromosikan Destinasi Objek Pariwisata yang ada di Banjarnegara. Padahal, yang saya tahu dan sering saya baca di surat kabar, Disbudpar sudah berusaha secara maksimal untuk mempromosikan objek wisata yang ada. Disbudpar juga sering meminta bantuan kepada beberapa pihak terkait, diantaranya; Kakang-Mbekayu mBanjarnegara dan Bolgger Banjarnegara untuk terus mempromosikan Objek Wisata disetiap event. Cara yang lain, memanfaatkan media online yaitu dengan membuat website http://budparbanjarnegara.com/ untuk berbagi dan mempromosikan berbagai macam objek wisata dan produk unggulan Banjarnegara.

Selain beberapa pihak di atas, menurut saya Pemda juga perlu memanfaatkan jasa review untuk objek wisata. Dengan cara ini, Pemda bisa memilih Jasa Review Produk Bisnis Terbaik dan Berkualitas. Dengan bahasa yang mudah dipahami, paham tentang strategi marketing serta dikerjakan oleh para Pakar SEO, cara ini bisa menjadi terobosan yang baik untuk meningkatkan daya tarik dan daya jual objek wisata, sehingga bisa menambah pendapatan daerah.

Bagaimana dengan Daya Jual Objek Wisata di daerah sahabat? Apakah sahabat mengamatinya?

21 thoughts on “Memanfaatkan Jasa Review Untuk Objek Wisata

  1. kebanyakan pegawai pns pemda kinerjanya ‘kurang’ jadinya objek wisata yg seharusnya menjadi potensi menjadi kurang bisa memberikan manfaat sebagaimana objek wisata.

  2. Benar sekali mbak usulnya, kalaupun tidak dengan membayar harus ada orang pemda yang go blog. Yang tahu bagaimana menuliskan artikel yang menarik bagi pembaca serta memiliki SEO (minimal on page) yang bagus agar bisa mendominasi SERP.

    Saya juga punya pengalaman menulis artikel tentang kolam renang kartika. Sejak hampir 3 tahun lalu, blog saya ada di halaman pertama, urutan kedua setelah halaman FB yang saya buat sendiri juga πŸ˜€

    • Waduh… keren banget kangmas yang satu ini hehehe. Saya cuma bisa menulis dan mereview soal kimia dan pembahasan, seperti elektrolit

      Sekarang saya juga Jual jaket couple murah

  3. ulasannya tentang daya jual potensi wisata yang ada di banjarnegara..ujung-ujungnya tentang DEWASEO….penyampaian yang halus dan luarbiasa,
    selamat berkontes…salam sukses selalu dari Makassar πŸ™‚

  4. yang penting dukungan pemerintah daerah setempat, kalaupun enggan mendukungs etidaknya biarkan investor yg lain yg masuk, dan jangan dipersulit..

    • Sekarang semakin banyak para investor yang datang ke Banjarnegara lho, Pak.

      Tetapi untuk prosedurnya saya tidak tahu persis. πŸ™‚

  5. Setuju Mbak. pemerintah Daerah khususnya Dinas Pariwisata harusnya mulai aware dengan strategi promosi online yang serius

    Terima Kasih atas setujunya. πŸ˜€

  6. Mari kita promosikan bareng-bareng agar potensi wisata kita makin unggul, makin maju.

    Yuuk mariiii. . . πŸ˜€ ^_*

  7. Setuju mbak Idah :), Mari kita sama2 mempromosikan obyek2 wisata yang ada di selurh indonesia. Dan saya bekerja di Florescharm Tours and Travel Labuan bajo Flores, fokus untuk melayani paket2 tour ke pulau komodo , flores dan pulau sumba.
    Dan sy juga menerima tawaran kerja sama di bidang jasa tours and travel. Mari kita bekerja sama πŸ™‚

    Asyiik kalau dapat jalan2 gratid ke Pulau Komodo. πŸ˜†

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *