Hotel Sahid Kusuma, Solo

ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013

Beberapa hari yang lalu, Sister yang cantik dan kriwil memberi tahu, jika bulan Mei mendatang akan ada event besar berkaitan dengan dunia blogger. Adalah ASEAN Blogger. Semenjak dia memberitahu perihal event tersebut, saya langsung meneruskan informasinya kepada komunitas Blogger Banjarnegara dan Kominfo Pemda Banjarnegara. Alhamdulillaah, mereka juga merasa senang ketika mendapat informasi perihal event akbar tersebut. Dan ternyata Kominfo sudah mengetahui informasi ini, jadilah saya tidak perlu menjalaskan panjang lebar. πŸ™‚

Apakah Anda sudah tahu tentang ASEAN Blogger? Asean Blogger adalah suatu komunitas dimana anggotanya terdiri dari blogger-blogger seluruh Asia Tenggara. Jika bisa ikut berpartisi dalam event ini pastinya senang ya, bisa berkenalan dengan blogger-blogger negara tetangga, bertukar pengalaman dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa dikerjakan. Eh, terus apa hubungannya denganΒ ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013? Jadi, ceritanya Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah untuk acara Asean Blogger Festival. Dalam agendanya, bulan Mei mendatang, tepatnya pada tanggal 10-12 Mei 2013 akan diselenggarakanΒ Asean Blogger Festival di Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, dan bertempat di Sahid Kusuma Prince Hotel. Event ini akan dihadiri kurang lebih 230 Blogger se Asean. Wooow, Surakarta, Solo?Β  Kota yang sangat mudah dijangkau dari tempat tinggal saya, yaitu Banjarnegara.

Saya benar-benar tertarik untuk berpartisipasi dalam event ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013. Mengapa? Karena jika saya bisa ikut berpartisipasi di acara tersebut, sudah dipastikan saya akan mendapatkan banyak pengalaman dan teman. Jika ada kesempatan, saya juga ingin sesekali memperkenalkan budaya, wisata, kuliner, dan semua tentang Banjarnegara kepada sahabat Blogger lainnya. Lho, koq hanya Banjarnegara, diskriminasi tuh ya? Tidak seperti itu, Banjarnegara kan masuk wilayah Indonesia jugaΒ  :P, jadi sebelum saya mengenalkan kebudayaan nasional ke masyarakat ASEAN, tentunya saya juga harus mengenal budaya tanah kelahiran dong ya. πŸ™‚

ASEAN Blogger Festival Indonesia tahun ini, akan membahas tentang kebudayaan yang ada di ASEAN.Β  Dalam bayangan saya, event ini mungkin sama dengan Pesta Blogger yang saya ikuti bulan Januari 2013. Berdiskusi dan bertukar pendapat dengan sahabat blogger lainnya, seminar blogger, mengunjungi beberapa objek wisata atau home industri, mempromosikan produk unggulan, memperkenalkan kebudayaan yang ada, serta melantunkan saran dan kritik untuk kemajuan kebudayaan nasional.

ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013

Baru-baru ini saya bergabung dengan Asean Blogger Community (ABC). Sepertinya community ini sudah lama terbentuk, tetapi tidak tahu kenapa, Fan Pagenya seperti sepi gitu. Padahal cakupannya ASEAN. Total anggota yang sudah bergabung sampai saya membuat postingan ini baru 191 orang, padahal Blogger se Asean pasti banyak, kan? Eh, tapi jangan berbicara se Asean dulu, blogger yang Indonesia saja banyak banget. πŸ™‚ Tetapi mengapa mereka belum bergabung dengan Asean Blogger Community ya? Mungkin, mereka memang belum tahu tentang keberadaan community ini. Menurut saya, Asean Community ini sangatlah perlu, sebagai wadah untuk mereka para blogger Asean untuk bertukar informasi, silaturahim dan untuk memperkenalkan budaya masing-masing negara. Asean Blogger juga berencana membentuk ASEAN Community 2015. Semoga dengan dibentuknya ASEAN Community 2015 nanti, Blogger ASEAN semakin bersemangat untuk menulis, berbagi informasi, menyampaikan pendapat dan tentunya persahabatan antar Blogger ASEAN semakin erat.

Sekarang saya mengajak Anda untuk bergabung diΒ ASEAN Blogger Community. Saya yakin pasti banyak manfaatnya setelah Anda bergabung dengan ASEAN Blogger Community . πŸ™‚ Jika Anda juga tertarik, bisa baca-baca tentang ASEAN Blogger dan ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013.

Apa pendapat Anda tentang event berskala internasional ini?

Referensi dan Sumber Gambar:

  • http://www.sahidholiday.com/hotels-network/central-java/hotel-sahid-kusuma
  • https://www.facebook.com/pages/Asean-Blogger-Community/221817554530203
  • http://dotsemarang.blogdetik.com/index.php/2013/01/27/tahun-2013-asean-blogger-diadakan-di-solo/

19 thoughts on “ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013

  1. Mbak Idah, komunitas ini kayaknya sering diperbincangkan para blogger. Sepertinya gemanya juga sdh cetar membahana. Dan tadi saya berkunjung ke fan pagenya. Alah mak emang sepi. Aktivitasnya diam-diam kali ya? hehehe..

    Padahal kalau aktivitasnya dishare public bisa menambah pengetahuan blogger2 muda ya, Bu. πŸ™‚

  2. Di Solo ya acaranya. Aku juga baru tau loh πŸ™‚ meluncur kesana deh mau ngintip

    Iya di Solo. πŸ˜€ Ngintipnya pelan2 ya, Mom. πŸ˜€

  3. aq tunggu ya mbak kehadiranmu di kota q πŸ˜€
    jangan lupa bawa seserahannya juga πŸ˜€

    Ayyeis, pan dijak muter2 ora? Gawa Domba bae ya? πŸ˜€

  4. Ini event kedua setelah tahun lalu di Bali dan alhamdulillah bisa turut serta meramaikan. Semoga sosok itu juga bisa ke Solo tahun ini, doakan ya ^_^

    Doakan saya juga, semoga bisa ikut ya, Bang. πŸ˜›

  5. Ini untuk kedua kalinya, Dah. Tahun lalu di Bali, eh itu pesta blogger juni 2013 di mana?

    Saya baru tau, Mba. Buat blog aja tahun 2011 akhir. πŸ˜€ yang mana, Mba?

  6. semoga ajamenang mb.
    angkat juga mode transportasi darat yg bisa menopang kemajuan pariwisata budaya kita. solo kan banyak peninggalan keratonnya.

    Amiin. Doakan ya. πŸ˜€ Angkat bareng2 ya, Mas. πŸ™‚

  7. Idaaaahh..
    Alhamdulillah aku kepilih perwakilan dari Bandung, bersama Bang Aswii
    Sampai ketemu di Solo nduk!
    #dadah..dadah..

    Waaah, bakal ramai nih, Teh. πŸ˜€

  8. pengen banget ikutan nih bu. seneng banget ya pastinya yang bisa ikut.. event yang sangat luar biasa.. go.. go.. blogger indonesia !!..

    Anda tidak ikut, ya? πŸ˜€ ^_*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *