Header Langkah Baruku

Catatan untuk Tahun Pertama

Catatan Untuk Tahun Pertama. Dari judulnya sudah bisa ditebak, kan? Ya begitulah, “pas” saja kalau masalah judul. Hohohoho. Sebelum ngomongin Langkah Baruku (LB) yang hari ini genap berusia 1 Tahun, saya mau minta maaf terlebih dahulu kepada teman-teman. Akhir-akhir ini saya belum bisa aktif Blog Walking (BW), karena masih menikmati event FSB di kota tercinta. Sesekali bisa BW sih, tapi hanya ke beberapa teman saja, yang terkadang saya lihat share postnya di Sosmed. Maafkan, ya. . .

Kembali pada Catatan Untuk Tahun Pertama. Puji syukur Alhamdulillah, terasa tidak terasa Langkah Baruku hari ini 30 Agustus 2013 genap berusia satu tahun, sesuai artikel pertama yang diterbitkan oleh Bang Edo yang rajin Pitnes. Rasanya belum lama ini saya merepotkan banyak orang untuk bantu membantu, bahu membahu menciptakan Blog ini. Pak Iswah, untuk pemesanan domain, nemplok hosting, memilihkan Theme. Bang Edo yang mengunci pintu dan jendela LB. Kak Werdi yang membuat header senyum dan bunga. Pak Mars yang pernah senggal-senggol blog ini, dari theme, tata letak dan aksesorisnya. Om Arman, saya sering merepotkan beliau, dalam hal apa pun. Selama masih ada jaringan internet, saya selalu merepotkan beliau.

Ternyata banyak sekali yang sudah membantu saya dalam menciptakan Langkah Baruku. Hihihihi. Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Iswah, Bang Edo, Kak Werdi, Pak Mars dan Om Arman yang sudah bersedia meluangkan waktu untuk saling berbagi dan berkomunikasi. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman semua yang sudah sudi membaca tulisan, coretan, curhatan di Blog saya ini. Kehadiran kalian membuat Blog ini terasa lebih hidup. Salamin satu-satu. . .^_*

Pada usia satu tahun ini, LB tidak mengadakan kuis atau giveaway yang bisanya diselenggarakan oleh teman-teman Blogger sebagai tanda “hari jadi” atau ungkapan bahagia. Tak ada giveaway, bukan berarti saya tidak bahagia lho. Saya benar-benar sangat bahagia, bersyukur, karena sampai saat ini saya masih mempunyai keinginan untuk belajar, berbagi dan bersosialisasi dengan teman-teman melalui media online bernama Blog.

Tak ada kuis atau giveaway, namun ada tulisan khusus atau sebuah reportase tentang Blog ini. Hah, Reportase? Bahasanya koq canggih banget, padalah hanya sekedar review saja. Blog sendiri di review sendiri. Hahahaha. Ya, itung-itung sebagai bahan renungan saja disaat keadaan sedang krisis seperti ini. :mrgreen:  Cukup empat hal yang akan saya tulis di sini berkaitan dengan Blog tercinta. Adalah Penampilan, Aksesoris, Konten dan Laju Pertumbuhan.

1. Penampilan

Halaman Awal Langkah Baruku

Halaman Awal

Dari pertama Blog ini diciptakan, saya masih setia menggunakan theme FoodPress. Sebenarnya theme ini untuk Blog yang berniche kuliner lho, namanya depannya saja Food. Theme ini memiliki satu sidebar (kanan) dan didominasi warna merah mudah. Termasuk theme yang simpel dengan background warna putih dan tulisan hitam. Saya suka, saya suka. :mrgreen: Terbagi dua tampilan pada LB, yaitu Tampilan Awal (Halaman Awal) dan Tampilan Kedua (Buka Postingan).

Tampilan awal ini dibuat sesimpel-simpelnya, tidak banyak aksesoris yang ditampilkan, sesuai saran Pak Mars. Supaya loadingnya lumayan cepat. Apa saja tampilan awal Langkah Baruku? Mulai dari atas, terdapat halaman yang berisi page kategori tulisan, kotak cari, header LB, page tambahan, Badan Post, lima widget dan catatan pada Footer. Sedangkan tampilan kedua, sama seperti tampilan pertama, hanya saja ditambah dengan dua widget disidebar dan lima widget pada footer. Sampai saat ini, saya masih nyaman dan memilih setia menggunakan theme FoodPress.

2. Aksesoris

Aksesoris pada LB berupa widget, total berjumlah 12 widget yang ±sudah saya sampaikan di atas. Jika tidak percaya, silakan cek saja. Ke duabelas widget yang saya pasang ini penting. Penting, bermanfaat dan tidak mengganggu user ketika sedang membaca isi Blog. Menurut saya lho, ya. Hahahahaha. Oiya, saya juga menambahkan tombol share yang saya tempatkan disebelah kiri postingan, melayang. Semoga tidak mengganggu (juga).

Widget Footer

Widget @Footer

Widget Sidebar

Widget @Sidebar Kanan

3. Konten

Konten atau isi sebuah blog termasuk hal terpenting dalam Blogging. Sampai sekarang saya belum bisa membuat konten dengan bahasa yang menyenangkan pembaca, belum rapih dan belum bisa rajin menulis (update). Tak ada manusia yang sempurna, begitu juga dalam penulisan. Saya termasuk orang yang suka typo, dan typo saya ini termasuk parah. Saya sering mengeceknya melaui Handphone. Entah kenapa, jika mengeceknya lewat telephone tuh bisa lebih detail. Setelah saya cek pada kategori tulisan, ternyata kategori yang paling sering saya update adalah Belajar Ngontes (39 artikel), kemudian Banjarnegara (36 artikel) dan kategori lain baru berisi belasan artikel saja. Ada satu kategori yang jarang sekali diupdate, adalah Belajar Kesehatan (8 artikel). Kategori ini sih saya tidak pernah ikut-ikutan, yang update kan si Om Ganteng. Oiya, pada akhir tulisan, saya masih dan akan terus menggunakan tanda tangan “salam senyum”. Saya akan copot tanda tangan itu kalau ada yang meminta saya untuk nangis, tanpa senyum. Hihihihi

4. Laju Pertumbuhan

Layaknya laju pertumbuhan pada masyarakat, Blog pun mempunyai laju pertumbuhan. Hihihihi. Pertumbuhan yang diharapkan selalu baik, maju dan membawa manfaat bagi banyak orang. Sampai saat ini, total tulisan berjumlah 159 Postingan. Dengan melihat pada Dahsboard, Langkah Baruku mempunyai 6 Pages, 9 Kategori, 366 Tags dan 2.736 komentar. Masih sangat jauh dari standard mutu Blog, ya. Padahal sudah satu tahun. Untuk postingannya sendiri, rata-rata 13 postingan per bulannya. Haghaghag. Terlihat malas ini, ya.

Pertumbuhan lainnya, yaitu Alexa 378.040, Page Rank 2 dan 102 orang likes Fans Page  Langkah Baruku. Dalam kurun waktu satu tahun, alexa dan Page Ranknya sudah saya syukuri. Sangat bersyukur dan mudah-mudahan terus tumbuh menjadi lebih baik.

Penampilan, Aksesoris, Konten dan Laju Pertumbuhan sudah saya catat sebagai pengingat dan bahan koreksi untuk kedepan lebih baik. Harapan-harapan untuk kedepannya:

Untuk tampilan, saya ingin:

1. Mengganti font dengan yang lebih jelas. #Katanya sih bisa, tapi nanti mempengaruhi loading, menjadi kurang cepat.
2. Memberi FavIcon dengan gambar senyum mirip di header. #Sudah ada, besok-besok tinggal ditambah FavIcon Senyum Kuning.
3. Header penuh, dari kanan sampai kiri. #Harus edit, semoga bisa.
4. Minta saran dari teman-teman dongs!

Untuk Konten, saya ingin:
1. Menambah satu kategori, yaitu Keluarga. #Semoga bisa. Hahahahaha
2. Minimal tiap tiga hari  update per kategori. #Biar imbang isinya, tidak curhatan mulu. Bisa gak, ya?

Dua hal di atas perlu saya tindak lanjuti segera. Semoga segera terrealisasi. Hahahahaha. #HengHong Saya juga berharap, Langkah Baruku akan terus, mampu dan selalu melangkah dengan semangat, selalu menebar senyum untuk menuju Langkah Kita, Langkah Kami yang berarti Langkah Bahagia. Mohon doa dan dukungannya, ya. :mrgreen: Satu Tahun. Catatan Untuk Tahun Pertama, yeyeyeyeye lalalalala.

Teman-teman, kasih saran untuk Blog saya ini dong. Kurang apa, kurang ini, kurang itu, kurang apa lagi? Saran dan kritik dari teman-teman insya Allah akan membuat saya semakin semangat ngeBlog, mengubah suasana lebih sejuk dan damai. Aamiin. . . 😉

13 thoughts on “Catatan untuk Tahun Pertama

  1. Ternyata banyak yang sama dengan blog saya.
    Sidebar 1 kolom, Alexa tigaratusan ribu sekian, kategori 9 macam.
    Yang beda : widget di sini cuma 12, punya saya 21 😀
    Selamat Ulang Tahun buat LB

    21 widget? Wooow. . . :mrgreen: ^_*

  2. kalau nggak salah beda ultah blog kita cuma dikit deh…, berarti BK udah setahun ya…ntar deh cek dulu

    Iyya. .Coba cek duluu. Hihihi ^_*

  3. selamat ulang tahun untuk blog LB
    semoga semakin melangkah kreativitasnya dan semoga semakin baru dan unik konten kontennya
    btw, blog mbak idah masih lebih bagus dari blog saya yang ala kadarnya, hehe

    Aamiin. .. Terima kasih atas doa dan ucapannya. ^_*

  4. meski saya jarang hadir di rumah ini, tapi saya bangga dengan pencapaian cucu saya: idah ceris

    :mrgreen:

    kerokin kakek cu… masuk angin nih !

    Cieeee, yang baru jalan2 sampai masuk angiin. hahahaha. Makasih ya, Bang. ^_*

  5. saya do’akan LB terus eksis dan memberikan inspiriasi dan kemanfaatan untuk kita semua

    Terima Kasih doanya, Pak. Semoga Djangkies.net juga demikian. 🙂 ^_*

  6. wah selamat ulang tahun untuk blognya, semoga tetap eksis ya di tahun selanjutnya karena menurut pengalamn saya jarang ada blogger yang tetep konsisten untuk menulis blog lebih dari 2 tahun termasuk saya hehe

    Terima Kasih untuk ucapannya dan doanya.Waah, senior saya yang masih eksis banyak lho. Hihihih ^_*

  7. Hohoho tidak mengira sudah setahun ya mbak? Pantes kok di email ada yg nyolek2 saya. ternyata ada ping (link) yang mengarah ke blog saya,,, ehhh taunya dari njenengan. HAPPY MILAD hehehe

    Terima Kasih, Pak. ^_*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *