PINTU MASUK PANTAI GOA CEMARA

Pantai Goa Cemara Beserta Fasilitas

Pantai Goa Cemara adalah salah satu pantai di Yogyakarta yang baru pertama kali saya kunjungi. Tahu ada Pantai Goa Cemara tuh ketika singgah di Pantai Samas saat sedang mengalami abrasi. Tahu dari salah seorang warga pemukiman Samas. Langsunglah, saya dan seorang teman melanjutkan perjalanan ke Pantai Goa Cemara.

Pantai Goa Cemara masih satu jalur dengan Pantai Samas. Terletak di Dusun Patihan, Sanden, Bantul. Dari Pantai Samas, langsung saja ambil arah kiri, lalu lurus ikuti jalan beraspal. Kurang lebih sepuluh menit sampai Pantai Goa Cemara.

Masuk kawasan Pantai Goa Cemara tanpa dipungut biaya, tidak ada HTM pantai. Saya hanya membayar Rp 2.000,- untuk biaya parkir satu sepeda motor. Kalau kamu membawa Mobil jangan khawatir gak bisa parkir. Karena parkiran disekitar pantai sangat luas.

Keindahan dan keasrian Pantai Goa Cemara lain dari pantai pada umumnya. Pantai ini silir-silir dan teduh banget, karena disekitarnya terdapat pohon cemara nan rimbun. Setelah membaca beberapa referensi, ternyata pohon cemara yang ditanam oleh warga Patihan pada Tahun 2000 adalah pohon cemara berjenis udang. Pantaslah, pohonnya keliatan kekar banget!. Apa hubungannya dengan kekar? Whahaha.

PENYU PANTAI GOA CEMARA

Mirip Fershy. . .

Sebelum masuk menyusuri pohon cemara dan gundukan pasir, saya melihat satu replika penyu yang berada disamping tempat parkir sepeda motor. Disebelahnya, terdapat semacam riwayat Data Telor Penyu. Data yang disajikan dalam sebuah banner yang agak rapuh, yaitu data Tanggal Ditemukan Telur (TDT) dan Tanggal Perkiraan Menetas (TPM). Hasil baca dari data yang tersaji, rata-rata telur penyu menetas pada minggu ke tujuh, atau 49 hari.

Masih disekitar tempat parkir, juga terdapat gazebo dan atau warung-warung kecil milik warga Patihan. Warung yang terbuat dari bambu ini menyediakan makanan khas Patihan, cemilan dan juga minuman. Standard warung lah, ya.

PANTAI GOA CEMARA YOGYA

Cantik banget Pohon Cemaranya. . .

Menuju Pantai Goa Cemara, melewati hutan cemara yang rimbun nan hijau. Semilir angin membuat suasana makin sejuk dan betah, meski sekedar duduk di atas pohon cemara. Whahaha. Ranting dan daun pohon cemara saling berhubungan membentuk seperti Goa. Unik banget!. Terlebih, ketika melihat pemandangan beberapa keluarga sedang asyik menggelar tikar, lalu menyantap bekal makanan. Pemandangan yang sangat susah dicari di area pantai. Asyik banget!. Berasa ingin membawa malaikat kecil “Ruby” ke sini, deh. Whahaha.

KEMAH DI PANTAI GOA CEMARA

Yang kemah bukan Blogger. . . :mrgreen:

Kurang lebih tiga meter dari bibir pantai, terdapat gundukan pasir dengan pemandangan kurang sedap, berupa sampah-sampah. Sayang sekali, ya!. Tapi, kata teman saya, adanya sampah di sekitar pantai itu WAJAR. Ampuun deh!. Tepat di bibir pantai, ada beberapa pohon cemara yang layu dan juga tumbang. Mungkin para remaja Patihan belum sempat membersihkannya.

PANTAI GOA CEMARA JOGJAKARTA

Tuh, gak cocok buat renang. . .

Pantai Goa Cemara yang diresmikan pada Tahun 2010 selalu ramai, terlebih ketika weekend tiba. Karena, para remaja Patihan mengelola serta memanfaatkan objek wisata ini sebagai tempat perkemahan, out bond dan tempat senam juga. Selain itu, biasanya ada beberapa wisatawan yang melakukan adopsi penyu. Mangkannya selalu ramai.

PANTAI GOA CEMARA BANTUL

Silir-silir mbanget nempel di pohon cemara. . .

Bagi kamu yang mempunyai rencana bermain air di pantai, Pantai Goa Cemara sama sekali tidak recomended. Selain ombaknya besar, pantainya juga gak nyaman buat cipak-cipuk. Pantai Goa Cemara cocok buat kamu yang ingin menikmati perkemahan dan out bond suasana pantai, camping bersama keluarga, serta mencari ketenangan. Whahaha.

Referensi:
http://goacemarapatihan.wordpress.com/

29 thoughts on “Pantai Goa Cemara Beserta Fasilitas

  1. Waaaaaahhhhhh indah sekali….
    Jadi pengen ke sana 🙂
    Apalagi dalam dua tahun terskhir ini nggak ada maen ke pantai :'(
    salam kenal 🙂

    Terus, mainnya kemana saja dongs? 🙂 Salam kenal kembali dari Idah. ^_*

  2. pantai gua cemara mempunyai pasir pantai hitam seperti pantai kwaru, yaiyalah kan tetanggaan, heuhehehe

    sayang pantai di sana terlihat kotor dan hitam

    Mau mampir Kwaru tapi udah maghrib. 😛 ^_*

  3. Unik pohon cemara udangnya ya idah, biasanya yg aku lihat pohon cemara berdiri sendiri-sendiri. Yang ada di pantai goa cemara ini mereka terlihat berangkulan membentuk goa ya dah.

    Benar sekali, Mba. Mangkannya, namanya Goa Cemara. 🙂 ^_*

  4. uhuy… ada bunga di pohon cemara 🙂
    eh, di deket Samas ya? kok aq blom penah kesana? waah… musti dicoba nih kapan2… cemara2nya memang tampak cantik ya Idah..

    Bunganya cantik, kan? Wkwkwkw. Ada Pantai Kwaru juga, Mba. ^_*

  5. Pohon cemaranya cantik dan rindang banget yaa.. cocok banget buat ngaso sambil gelar tikar 🙂
    Btw selamat yaa atas masuknya Idah jadi 10 finalis SB 2014, semoga sukses… 🙂

    Sambil menikmati cemilan, Mba Dhe. 😀 Terima kasih ya, Mba. Sukses juga untuk keluarga qudsi. 🙂 ^_*

  6. Saya seneng sama pohon cemaranya, pantes kali ya namanya jadi pantai goa cemara karena pohonnya itu, hehe.
    Soal pantainya jadi inget pantai watu ulo di jember, keren tapi karena banyak sampah jadi nggak keren 😀
    Salam kenal 🙂

    Bersihin sampahnya, biar bersih. Whahaha. Salam kenal kembali dari Idah. ^_*

  7. pasirnya hitam ya seperti pantai kuwaru di wonosari jogja, ini dari parangtritis kemana mbak? apa jauh dari parangtritis ya?

    Pantai Kuwaru sebealahan sama Pantai ini, MAs Hanif. 😀 ^_*

  8. wah ternyata banyak cemara nya ya kak di pinggiran pantai. Bisa buat main petak umpet ya hehehe 😀

    Ide yang bagu tuh, Rih. Whahaha ^_*

  9. Ternyata pantai di Yogja gak hanya Parangtritis aja ya. Sayangnya pantai2 seperti ini masih belum kedengar gaungnya. Apa aku nya yang kudet hehe

    Gak kudet koq, Mba. Cuma jarang ada yang share saja panti ini, Mba Yun. ^_*

  10. Adem bgt tu pohonnya Mbak.. Enak buat leyeh2 ya dsni tp ga buat renang 😛

    Kalau mau renang bisa sih, tapi cuma kurang nyaman saja, Menurut saya lho, MBa Muna. :D^_*

  11. sepertinya menarik juga pantainya. di daerah saya ada pantai juga, tapi nggak terawat. Padahal itu sudah jadi objek wisata, tapi banyak sekali sampahnya.

    Gak sepertinya lagi. Asiik buat duduk2 santai, Kak Miftah. ^_*

  12. Eh mbalik lagi karena lupa belum ngucapin selamat ya atas suksesnya menjadi 10 besar Srikandi Blogger hehehe…semoga makin sukses ya mbak

    Mbalik lagi dapat Dawet. Hahaha. MAskaih ya, Mba Yuni. Sukses juga buat Mba Yuni.^_*

  13. wow .. pohon cemaranya itu cantik sekali, pasti hijau terus sepanjang tahun ya ?

    Sepertinya gitu, Mba. Para pemuda pada ngerawat pohonnya. .. ^_*

  14. wuah indah dan pastinya adem ya, jarang jarang dipantai ada pohon cemara, rindang pula…tapi bentuk cemaranya dengan yang ada dibelakang rumahku beda ya, disini mah tinggi menjulang, ngga rimbun gituh….kalau pulang kampung ke jogja maen kesituh ah

    Ini namanya Cemara Udah, Mas Cilembu. \Jadi bisa ngelingker kayak udang. 😀 ^_*

  15. pohon cemaranya indah ya. itu yang kemping banyak amat, liat tasnya rame gitu 😀

    Kayaknya sih seluruh kelas VII gitu. Mangkannya ramae, Mba Sind. ^_*

  16. pohon cemaranya cukup banyak ya jadi rindang

    Kalau datang langsung, pasti heran. Lebih bansyak dari yang di foto. Whahahaa ^_*

  17. Referensi kalo mau menjelajah jogja ya tempatnya mbak Idah ini, kapan2 bisa nih maen kesana, apalagi kalo ditemenin 😛

    Tak kancani mayoo, Mas Yono. Whahahaa ^_*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *