Penginapan Dekat Batu Night Spectacular (BNS)

Penginapan yang dekat dengan tempat wisata rata-rata banyak dicari oleh para wisatawan. Tujuan memilih penginapan ini, tak lain supaya lebih hemat waktu. Jarak tempuh dari penginapan menuju tempat wisata ngga terlalu jauh. Aaww…jangankan penginapan, pacar saja pinginnya cukup lima langkah dari rumah. :mrgreen:

Hemat waktu sudah pasti. Karena, bisa ditempuh dengan jalan kaki untuk sampai objek wisata. Tapi, ngga mesti bisa hemat biaya. Tahu sendiri lah, karena lokasinya yang strategis, menjadikan pemilik penginapan tega memberi harga lebih tinggi. Belum lagi, jika weekend atau hari besar tiba, bisa jadi harga naik sekian prosen. *lagu lama* *kejam*

Tinggal pilih: hemat waktu atau hemat biaya? 😀 Memang risiko, sih. Risiko menjadi tukang jalan yang pinginnya ngirit waktu dan juga uang. Hahaha *aku banget* Jika ingin dua-duanya dapat, gunakan fasilitas penginapan ramai-ramai. Jadi, bayarnya lebuh ringan. Seperti yang pernah aku praktikkan saat berwisata ke Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

PENGINAPAN DEKAT BNS

“Jangan khawatir, satu rombongan ini akan menginap di satu homestay yang sama. Malamnya akan makin hangat.” Tour guide dari travel agent, Pak Bimo, seakan menjanjikan penginapan yang begitu luas. Padahal, rombongan kami ngga sedikit. Ya, secara berwisata ke Kota Batu ini dalam rangka family gathering. Orang satu kantor, sepaket suami-istri. Adakah penginapan di dekat Batu Night Spectacular (BNS) untuk kapasitas 80 orang?

Mungkin ada! Mencarinya juga gampang. Kan kami pakai travel agent, pasti mereka punya langganan homestay. Tapi, ngga tahu karena apa, Pak Bimo memisahkan kami! *drama* Aku yang saat itu masih sebatang korek api, hanya bisa pasrah. Sesampainya di Batu, rombongan kami dibagi menjadi dua kelompok untuk menempati dua homestay. Dan aku kebagian tinggal di Homestay Wulansari atau yang dikenal dengan Villa kamaran.

PENGINAPAN DEKAT BATU
Penginapan tampak depan. . .

Wulansari menyediakan delapan kamar dalam satu homestay. Enam kamar di lantai bawah dan dua kamar di lantai atas. Karena termasuk peserta paling energik, aku diminta untuk bobok di lantai atas. Maklum, orang tua pada ogah-ogahan naik tangga hanya untuk bobok. Padahal, BNS bisa diteropong dari lantai atas, lho! Surprisenya, kalau malam hari, kecenya BNS dan kota malang nampak syantik bingits.

Nah, berikut ulasan dariku tentang penginapan Wulansari, homestay yang dekat dengan Batu Night Spectacular (BNS) berdasarkan pengalamanku yang menginap satu malam di sana.

Kamar Tidur.

Homestay Wulansari menyediakan kamar tidur double bed dan triple bed. Di lantai bawah, tersedia dua kamar yang bisa diisi tiga orang. Cocok banget bagi yang mau ngirit, nih. Sekamar bertiga! 😀 Sementara empat kamar, adalah double bed. Termasuk kamar yang aku gunakan.

PENGINAPAN DEKAT BATU NIGHT SPECTACULAR

Aku merasa cukup nyaman dan nyenyak tidur di penginapan ini. Selain karena capek, kamarnya juga bersih. Adanya teras di depan kamar lengkap dengan dua kursi dan satu meja, membuat pagiku lebih semangat untuk menjemput sunrise sembari ngeteh. Sayangnya, fasilitas pendukung seperti televisi, AC dan kursi santai belum ada di dalam kamar.

Kamar Mandi.

Masing-masing kamar disediakan kamar mandi dalam. Namun, ngga ada yang spesial dengan kamar mandi di homestay ini. Fasilitas yang ada di kamar mandi standard seperti pada umumnya.

FASILITAS PENGINAPAN DEKAT BATU

Kamar mandi yang berada di kamarku ngga ada showernya. Tanpa air hangat pula. Padahal Batu dinginnya brrr… Padahal, kamar mandi yang lain ada shower plus air hangatnya. Nasibku kurang beruntung. Kloset duduknya juga lancar dan bersih. Yang jelas, aku lihat kamar mandinya terawat semua, meski sederhana.

Oya, di homestay ini ngga menyediakan perlengkapan mandi. Sabun mandi, misalnya. Jadi, Teman-teman yang mau menginap di sini harus membawa perlengkapan mandi sendiri.

Ruang Santai.

Adanya ruang santai di penginapan bagiku adalah bonus. Memang, adanya ruang santai ini bisa mengakrabkan atau bahkan menambah teman. Tapi, bagiku ngga harus ada. Ruang santai untuk para tetamu ini biasanya dimanfaatkan untuk ngobrol, atau sekadar nonton acara televisi jika memang disediakan.

WULANSARI PENGINAPAN DEKAT BATU

Di Homestay Wulansari, ruang santainya cukup luas. Adanya televisi dengan ukuran 14″ menjadikan ruang ini makin hangat. Secara, para BuIbu PakBapak yang tadinya di kamar, niat mau langsung istirahat, tetiba pada keluar dan berkumpul di ruang santai sambil ngopi-ngopi ganteng.

Tempat duduk berupa sofa hanya disediakan satu dowang. Bukan satu set, melainkan satu biji hanya bisa buat tiduran satu orang. Sedangkan lainnya lesehan tanpa karpet. Brrr…Tadinya kami mau pinjam karpet, tapi yang punya penginapan belum punya karpet. 😆 *lendotan Nicholas*

Jamuan Makan.

Jamuan makan: sarapan, makan siang, dan makan malam, ngga mesti ada di penginapan. Karena kami menginap secara rombongan, dan mengambil paket menginap plus makan, ya sudah pasti mereka menyediakan makanan buat kami. 😀

SARAPAN DI HOMESTAY BATU

Masakan a la homestay Wulansari termasuk tipe masakan rumahan. Pecelnya enak banget, sop dan lauknya juga demikian. Menu makanannya sederhana, namun citarasanya bikin pingin nambah. Terlebih ada krupuknya. Beeuuh! Makin gurih. . .

Jika Teman-teman menginap di sini tanpa rombongan, alias sendiri dalam rangka backpackeran, bisa juga mendapat jamuan makan asal memesan terlebih dahulu. Ya, jamuan makan ini by request. 😉

Pengalamanku menginap di Homestay Wulansari cukup puas. Bagiku, ngga ada kekurangan suatu apa untuk fasilitas utama suatu penginapan. AC, air hangat, televisi di dalam kamar, bagiku merupakan fasilitas penunjang. Ya, menunjang kesejahteraan para penginap. 😆 Toh, aku masih bisa bobok nyenyak tanpa mereka. 😛

Oya, di homestay yang dekat dengan wisata BNS ini disediakan dapur untuk para tamu. Tetamu bisa memaksimalkan dapur ini untuk masak atau merebus air. Jika butuh bumbu untuk masak, bisa minta kepada penjaga homestay.

Berencana wisata ke BNS dan sekitarnya? Coba survey Homestay Wulansari. Siapa tahu cocok! Penginapan ini dekat dengan wisata Batu Night Spectacular (BNS), lho. Cukup dengan jalan kaki untuk sampai BNS yang jaraknya kurang lebih 500 meter dari pengipan.

Homestay Wulansari, Kota Batu, Malang.

Alamat:
Jl. Gondorejo No.157, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316.
Nomor Telephone:
0341-596443 atau 0813-3249-1570.
PIN BBM:
5A3093A0 atau 5A4A04BB.
Harga:
Mulai Rp 175.000 – Rp 250.000 per kamar.

Baca juga:

20 Comments

  1. Kyaaaa.. aku dulu pas ke BNS nginep di Smart hodilay hotel permalam 450rn wkwkwk, syediihhh.. noted deh mbak homestaynya kok kayaknya nyaaman.

    aku tuh serem kalo mau nginep di homestay sekitar malang, pasuruan, banyak yang plus2 haha

  2. Ke Malang lagi, Dah? Kapan ini?

    Home staynya minimalis dan nyaman, gitu, Dah. Setara lah sama harganya.. 😀
    Gak ada AC gapapa, wong Batu sudah dingin. Justru kenikmatan TV di taruh di ruang santai supaya semua tamu bisa berkumpul sambil nonton TV rame-rame.

  3. Aku pas di Malang bareng tomi purba dan Rian (pacarnya) dulu itu nginep di Pondok Jatim park. Semalam 300 ribu. bertiga urunan 100 ribuan. Nyewa motor. jadi bisa keliling2 BNS juga malam2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *