Penginapan Murah di Dieng D'Qiano

Rekomendasi Penginapan di Dieng yang Bagus dan Cocok untuk Keluarga

Minggu (12/11), aku bersama tiga puluh lima Blogger kembali menyambangi Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara. Selama satu hari, kami explore wisata Dieng Zona Dua, yaitu kompleks candi arjuna, bukit scotter, dan telaga merdada.

Sebelum mulai jelajah esok hari, malamnya kami menginap di D’Qiano. Bisa dibilang, ini termasuk salah satu hotel yang bagus di Dieng. Hotel yang cocok buat bermalam bersama keluarga maupun buat backpacker.

Iya, kalian ngga salah baca, kok. Meski bukan homestay, tapi bisa buat backpacker asal mau menyiasatinya. Apalagi nih ya, buat para traveler yang lebih sering nyari hotel budget, kadang penginapan ngga perlu istimewa. Asalkan ada tempat tidur dan kamar mandi yang layak, masih bisa bernapas lega.

Beda lagi kalau traveling barenga keluarga, apalagi mengajak anak-anak. Ini seperti harus mencari penginapan yang membuat nyaman. Orang tua bisa tidur di mana saja, sekalipun pakai extra bed. Tapi anak-anak belum tentu bisa tidur di extra bed. Kadang malah pingin tempat tidurya seperti suasana di rumah. Uuwh…

Penginapan DQiano Dieng

Pelataran penginapan D’Qiano, Dieng…

Berdasarkan pengalaman dua kali menginap di D’Qiano, aku berani merekomendasikan penginapan ini sebagai penginapan yang bagus, cocok untuk keluarga dan backpacker. Nah, berikut alasan aku merekomendasikan penginapan ini.

Punya 4 Kamar tipe Family.

Kamar ini seperti rumah susun. Satu kamar ada di atas dengan kapasitas normal untuk 4 orang. Sementara satunya ada di bawah dengan kapasitas 2 orang. Pada masing-masing kamar terdapat kamar mandi dalam dan satu ruang tamu. Fasilitas tambahan seperti TV hanya ada di kamar atas.

Penginapan Murah di Dieng

Kamar atas, cukup nyaman…

Semua kamar mandi di sini telah disediakan air panas. Hanya saja, ada satu shower yang kurang deras aliran airnya. Ini catatan penting buat pemilik D’Qiano supaya segera menggantinya dengan yang lebih wus-wus, ya. Tarif untuk kamar tipe ini Rp 800.000, include sarapan pagi untuk 3 orang dan free tiket masuk waterpark air hangat. Fyi, tiket masuk kolam renang biasanya dibanderol dengan tiket Rp 25.000 per orang. Ya…bayangin aja, jatuhnya ngirit 25 ribu dikali berapa orang, tuh.

Kamar Family bisa disulap menjadi Kamar Backpacker.

Kapasitas maksimal Family Room memang hanya untuk 6 orang. Tapi kalau datang bersama 12 orang, kamu bisa request ke petugas untuk menambah tiga bed. Tidur lah berjejer di kamar atas yang bisa diisi sampai kapasitas 6 orang dengan menambah satu bed. Kemudian minta tambahan (lagi) dua bed untuk disetting di ruang tamu dengan kapasitas 4 orang. Sementara kamar bawah, settingan tetap untuk 2 orang, ngga bisa lebih. Aah…aku pernah merasakan seperti ini saat famtrip Blogger tahun 2016. 😉

Penginapan di Dieng yang murah dan bagus

Bed tambahan dan ini bisa jadi bobok di lantai semua, lho… foto:  Mbak Dian

Apakah nantinya harganya sama dengan harga family room?

Tentu beda. Kamu harus mengeluarkan uang Rp 100.000 tiap tambahan satu bed. Untuk menjadi kamar backpacker, kamu perlu menambah 3 bed. Jadi total bayar Rp 1.100.000 bisa untuk 12 orang, include sarapan pagi untuk 3 orang dan free tiket masuk waterpark air hangat. Lumayan, kan?

Jangan khawatir untuk masalah kenyamanan tempat tidur, ya. Kamu tetap bisa tidur nyenyak di dataran tinggi Dieng yang pada musim tertentu kadang suhunya sampai minus. 😉

Ada juga 4 Kamar tipe Deluxe.

Naaah ini, buat kamu yang lagi honeymoon, cocok banget memesan kamar Deluxe. Dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp 500.000, include sarapan pagi untuk 2 orang dan free tiket masuk waterpark air hangat, kamu akan nyaman bobok di kamar ini.

Btw, tempat tidur di kamar ini ukurannya extra, semisal kamu datang bersama tiga teman, bisa lho satu kamar. Bobok ber empat, gitu. Tambah hangat, tanpa mengurangi kenyamanan karena memang tempat tidurnya luas. Double bed, gitu.

Penginapan Bagus di Dieng

Kompleks kolam renang D’Qiano…

Dimana, sih, alamat D’Qiano?

Berlokasi di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, penginapan ini cukup dekat dengan objek wisata Dieng Zona 2, seperti Kompleks Candi Dieng.

Ya, hanya membutuhkan waktu 10 menit sampai kompleks candi arjuna Dieng, Banjarnegara. Lalu, 15 menit menuju Bukit Scotter. Dan 20 menit menuju Telaga Merdada yang saat ini telah menjadi tempat wisata baru yaitu Kayak.

Penginapan D’Qiano recommended buat kamu yang esok harinya akan explore seputar Kompleks Candi, Telaga Merdada, Bukit Scotter, Bukit Pangonan, Telaga Dringo, Kawah Candra Dimuka, Kawah Sikidang, Pemandian Air Hangat Bitingan, dalam hal ini adalah Dieng Zona 2, Banjarnegara.

Penginapan di Dieng

Waterpark dengan air hangat…

Berwisata ke Dieng ngga mampir renang atau sekadar berendam air hangat di D’Qiano, pastilah kurang lengkap. Apalagi waterpak ini merupakan waterpark tertinggi di Jawa Tengah yang bersumber dari kawah sileri.

Penginapan D’Qiano

Nomor HP: 085227622767
Jam Buka Waterpark: 08.00-18.00 WIB
Tiket Masuk Waterpark: Rp 25.000 per orang

2 thoughts on “Rekomendasi Penginapan di Dieng yang Bagus dan Cocok untuk Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *