TAMAN WISATA PURBASARI PANCURAN MAS

Berwisata Praon di Purbasari Pancuran Mas

Berwisata Praon di Purbasari Pancuran Mas – Apakah ada yang baru mendengar kata Praon? Sepengetahuan saya, Praon ini berasal dari kata Perahu, Prau atau Kapal. Karena lidah banyumasan, supaya gampang disebutlah Praon or Prau-Praunan. Mungkin lho, ya. Karena, kebetulan saya tidak menanyakan lebih detail tentang si Praon ini kepada petugas.

Apa itu Purbasari Pancuran Mas?

Purbasari Pancuran Mas termasuk jenis taman wisata pendidikan sekaligus tempat rekreasi keluarga, yang berlokasi di Purbalingga.

Sama halnya dengan Sanggaluri Park. Jika di Sanggaluri, teman-teman bisa belajar aneka jenis reptil, serangga dan binatang melata. Maka, di Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas kamu bisa bekenalan dengan banyak unggas yang ada di Exotic Bird Park.

Banyak banget burung-burung cantik yang ada di Exotic Bird Park. Bird Park milik Purbasari Pancuran Mas lumayan luas dan bersih. Begitu juga dengan Unggasnya, bersih dan menawan. Sepeti; Kakak Tua, Mambruk, Merak Hijau dan unggas lainnya. Ada juga ayam-ayam cantik, semacam Ayam Jambul dan Ayam Mutiara.

BURUNG GOLDEN PHEASANT

Jambul Emasnya Burung Golden Pheasant mengalahi jambulnya artis itu. . .

Satu yang menjadi ikon, serta daya tarik Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas adalah Aquarium Raksasa. Terdapat dua aquarium raksasa yang bisa dinikmati, yaitu aquarium eksotik, yang berisi ikan-ikan langka. Seperti; Ikan Arapaima Gigas yang berasal dari Sungai Amazon. Kedua, yaitu aquarium nusantara, yang berisi ikan-ikan cantik di Indonesia. Yaaa. . . Aquarium Raksasa ini bisa dibilang sea worldnya Purbalingga.

IKAN NUSANTARA AQUARIUM RAKSASA

Ceria ikan dari USA. . .

Pengunjung bisa masuk area aquarium tanpa dipungut biaya, karena sudah masuk pada HTM. Saat saya ke Purbasari, Tahun 2013, HTM sebesar Rp 12.500 per orang. Dengan harga tiket tersebut, pengunjung bisa menggunakannnya untuk menikmati Aquarium Raksasa, Water Boom, Bird Park dan Play Ground. Sedangkan untuk Wisata Praon, pengunjung bisa membeli tiket lagi di loket yang berada di sebelah kanan pintu masuk wisata praon. Harga tiket saat itu yaitu Rp 2.500 per orang.

Relaksasi Wisata Praon

Sudah tahu Taman Wisata Pendidikan, mengapa enggak nulis dari sudut pendidikannya, Dah? Hihihi, enggak apa-apa, pingin saja. Tapi, setidaknya sedikit saya kasih gambaran di atas, ya.

Wisata Praon termasuk salah satu area yang tak pernah sepi pengunjung. Meski pengunjung diminta untuk membeli tiket lagi, namun faktanya tetap ramai. Ada beberapa pilihan wisata praon, yaitu; Perahu Motor, Speed Boat, Sepeda Air dan Kano.

Tadinya, saya dan Tante mau memilih Sepeda Air. Tapi, karena di telaga banyak banyak banget perahu, kami merasa takut enggak bisa mengayuh sepeda air atau menyeimbangkannya. Hahahaha. Dengan alasan tak berani mengambil resiko, kami pun memilih perahu motor.

KARTU PERAHU

Nomornya acak. . .

Setelah membayar tiket masuk wisata praon, kamu akan diberi tanda masuk wisata praon berupa tiket. Tiket ini nantinya dikasihkan kepada petugas yang berjaga dipintu masuk wisata praon.

Perahu motor yang disediakan oleh Purbasari Pancuran Mas baru beberapa saja. Olehkarenanya, pengunjung harus antre agar bisa naik perahu motor. Perahu ini berkapasitas lima belas orang. Tapi, gak saklek harus lima belas orang. Sekiranya sudah sepuluh orang lebih, perahu bisa langsung melaju mengelilingi telaga dengan durasi kurang lebih tujuh menit.

Perahu berkepala naga adalah perahu yang paling banyak dipilih oleh pengunjung. Ketimbang bebek air atau praon lainnya. Melajunya cukup santai di telaga yang lumayann luas. Jadi, pengunjung bisa menikmati pemandagan asri yang ada disekitar telaga.

WISATA PRAON PURBASARI PANCURAN MAS

Asyooi banget tauu. . .

Bagi pengunjung yang tidak singgah di Water Boom, Berwisata Praon di Purbasari Pancuran Mas bisa menjadi alternatif wisata terakhir yang kamu kunjungi di Taman Wisata Pendidikan ini. Sambil meluruskan kaki, rileks setelah melihat berbagai jenis ikan di Aquarium Raksasa dan berbagai jenis burung di Bird Park.

BEBEK AIR

Asyik yang ini sebenarnya. . .

Lokasi Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas tidak jauh dari Sanggaluri Park. Kurang lebih lima belas menit dari Sanggaluri.  Jadi, ini bisa dijadikan wisata paketan ketika kamu singgah di Purbalingga.

Mengenai aksesibilitas, kamu tidak perlu pusiyang atau khawatir. Karena, taman wisata ini berlokasi tidak jauh dari kota. Banyak angkutan kota yang melewati jalan utama taman wisata ini. Hanya beberapa meter saja dari jalan raya provinsi atau utama.

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas recommended untuk berwisata atau liburan bersama keluarga tercinta.

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas

Jenis Wisata: Wisata Pendidikan dan Keluarga
HTM: Rp 12.500 per orang
Wahana Praon: Rp 2.500 per orang
Movie 3 Dimensi: Rp 7.500 per orang
Alamat: Jl. Raya Karangturi. Desa Purbayasa, Kec. Padamara, Purbalingga
Telp: 0281-6598704

25 thoughts on “Berwisata Praon di Purbasari Pancuran Mas

  1. mirip sekali dengan bonbin gembira loka di yogyakarta

    Saya belum pernah ke Gembira Loka e, Mba. Hiks ^_*

  2. Sing bener “Arapaima” Ya Dah, duduk piama. hahaha..
    Duh dadi kepingin numpak prahu bebek sing ijo kuwi…

    Makasiiih, udah diedit, Mas Ndop. 😆 ^_*

  3. Di deket kota asalku (Salatiga), ada juga tempat wisata kayak gini Mak Idah. Namanya Muncul, kira2 15 menitan deh dari Salatiga. Bener-bener mirip rip rip, ada binatang2nya, ada prahu2nya (bentuk bebek juga). Cuma di Muncul nggak ada film2nya :p
    Sayangnya sekarang kayak nggak keurus gitu deh, lokasi binatang2nya kotor banget, dan bau nya aduhai, keliatan bingit kalo jarang dibersihin. Hikssss.

    Hahaha. Coba dibuat movienya, Mba. Plus, harus dikelola dengan baik. Sayang banget kalau sampai nganggur. 😆 ^_*

  4. Wah asyik tuh bisa ke sana. Murah juga ya HTM-nya. Daripada ke mall atau ke timezone gitu, mending ke sini, kan, ya?! TFS, ^^

    Murah banget, Mba. Malah katanya sekarang sudah ada tiket terusan. ^_*

  5. Wiw.. jalan-jalan lagi si Idah. Enak banget sih? trs ceritanya tetap tentang air dan ikan. hahahaha

    Hahaha, kebetulan banget. ^_*

  6. kalo di Batam,ada yang namanya golden prawn,eh beda ya hehehe…ngucapinnya sama…..seru juga,q blm pernah ke purbalingga,banjarnegara apalagi hehehe

    Sama2 goldennya, Mba. 😆 ^_*

  7. burung merah itu cantik banget lho
    belun pernah lihat burung seperti ini…, mirip burung puyuh ya

    Lebih besar dari burung puyuh, Bunda. ^_*

  8. Hi Mak salam kenal, baru tahu kalau di Purbalingga ada tempat menarik begini. Selain itu tiket masuknya murah meriah ya… nyaman banget kelihatannya. Jadi pingin mampir kalau lagi mudik ke Jawa.

    Sekarang domisili dimana, Mak? ^_*

  9. wisata disini komplit banget ya Mba..sekali sampai, dua tiga tujuan terlampaui 🙂 kaykanya simpanan acara jalan2 mba Idah banyak banget nih..

    Sekai ngonthel ya, Mba. Hahahaha ^_*

  10. Keren pastinya ya!
    Tadinya saya mikir, wisata praon itu nama tempat. Ternyata praon itu bahasa Jawa dari kata perahu ya…hehe, jadi wisata perahu kan artinya?
    Trima kasih informasinya Idah, jadi tau deh kalo kapan-kapan main kesana..ehm, ehm, saya juga pengen naik perahu naga itu kayaknya 😀

    Nanti disopir sendiri praunya, Ibu. 😆 ^_*

  11. Idah apa kabaaar?
    Kangeeeennnnn…
    Maaf ya lama saya nggak berkunjung kesaini…biasa deh, tanpa perlu beralasan apapun lagi selain males dan nggak mood…hehehe
    😀

    Kabar baik, Ibuuuu. Hahahah, masih ajah dipelihara ya, Bu. 😆 ^_*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *