FrenZone

Ini FrenZoneku, Kamu Punya FrenZone Juga?

Ini FrenZoneku, Kamu Punya FrenZone Juga? – Melihat kekompakan sebuah tim dalam membuat karya, tuh, menyenangkan. Iya, baru melihat prosesnya saja sudah bahagia, bagaimana jika sampai melihat hasilnya? Terlepas dari kualitasnya, aku sangat menghargai seperti apa pun hasilnya karena membuat karya itu enggak mudah. Apalagi sebuah karya yang melibatkan banyak kepala.

Ngomongin banyak kepala, ternyata kerja tim itu enggak mudah ya, Guys. 😛 Ceritanya, aku pernah dalam situasi harus bisa kerja bersama dengan tim. Ehem…tim yang aku maksud  di sini bukan tim “besar” karena anggotanya adalah teman-teman satu kota yang sudah aku kenal. Hanya saja, mau tidak mau kami harus pelan-pelan belajar profesional supaya apa yang sedang kami kerjakan bisa maksimal.

Ada yang pernah mendengar tentang destinasi digital? Itu lho, destinasi wisata yang dikemas dalam bentuk pasar dan menawarkan beragam jajanan tradisional. Destinasi ini pernah booming pada tahun 2018 dan selalu viral di tiap gelaran. Kami akui destinasi digital pernah sukses pada zamannya karena sebuah kekuatan berupa konten menarik yang diunggah melalui media sosial. Iya, promosi hanya melalui media sosial tapi dapat memberikan impact-nya yang luar biasa. Tapi, di balik konten yang katanya menarik, ada orang-orang yang mau enggak mau harus membuat konsep dan tema yang berbeda tiap pekan.

Kalau bukan karena saling peduli dan mendukung, destinasi wisata yang dibuka hanya tiap pekan mungkin hanya bertahan beberapa gelaran saja. 😆 😆

batik gumelem

Bertemu di Komunitas, Akhirnya Berkarya Bersama.

Masih di tahun 2018, tepatnya sebelum launching destinasi digital, aku bersama beberapa teman pernah mengadakan open recruitment pada sebuah komunitas yang punya misi mempromosikan pariwisata kota kelahiran kami yaitu Banjarnegara, Jawa Tengah. Komunitas yang mana anggotanya adalah anak-anak milenial ini berdiri atas dasar peduli. Kami sepakat menambah anggota karena yakin bahwa semakin banyak orang dalam komunitas ini, akan semakin mudah dan cepat dalam mengenalkan potensi pariwisata di kota kami.

Jadi, kami yang semula hanya 8 orang, setelah membuka peluang untuk berkarya bersama jadi melebar hingga 27 orang. Alhamdulillaah…banyak banget, ya! Hahaha.

Sebagai satu-satunya mamah muda di antara anak-anak muda belia yang pastinya lagi semangat-semangatnya dalam membuat karya, mau enggak mau aku memosisikan diri sebagai “orang tua” meskipun sebenarnya di komunitas tersebut ada yang lebih dewasa dari aku. Aku pun sangat memaklumi kalau mereka memanggilku dengan sapaan “Bu”. Duh…enggak bisa menolak lagi karena memang sudah “berbuntut”. 😆

 

View this post on Instagram

 

A post shared by GENMILE BANJARNEGARA (@genmilebnr)

Tiap sebulan sekali sebelum ada wabah Covid-19, kami membuat konten pariwisata Banjarnegara dengan cara eksplorasi ke tempat-tempat wisata yang ada. Buat yang punya passion video, berarti mereka akan membuat video. Buat yang hobi menulis, tentu akan menuliskan hasil eksplorasi melalui media blog. Atau, mereka yang gemar fotografi, mereka akan membagikan hasil jepretannya untuk konten Blog dan Media Sosial.

Mempunyai FrenZone atau berada dalam lingkaran pertemanan yang satu misi, tuh, memang menjadikan hidup semakin berarti. Ada saja topik yang dibagikan untuk kemudian dijadikan bahan obrolan. Ini membuat semangat untuk terus belajar dan menciptakan karya. Sharing pendapat tentang hasil konten selalu menjadi obrolan menarik. Kami juga saling mengingatkan jika ada konten yang mungkin kurang layak untuk di sebar luaskan. Edit caption pun menjadi hal biasa karena ada koreksi dari teman lain. Ah…menjadi rindu dengan masa-masa itu.

“Lingkaran” yang kami buat sampai sekarang masih ada meskipun beberapa teman ada yang memilih untuk kembali berkarya sendiri. Bagiku enggak masalah karena kami masih bisa saling mendukung dan ini adalah salah satu FrenZoneku!

Btw, menulis ini berasa nostalgia. Terima kasih 2018. Terima kasih kalian sudah menjadi teman baik. Terima kasih atas kolaborasi dalam membuat karya untuk Banjarnegara. 😉

Kamu Punya FrenZone Juga? Yuk, Ikutan FrenZone Challenge!

Kabar baik buat kamu yang punya FrenZone, nih. Smartfren yang merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi terdepan di Indonesia mengadakan UN1TY FrenZone Challenge!

Challenge ini spesial buat kamu para generasi kreatif dan suka membuat konten. Melalui kokreasi inovatif ini, Smartfren bersama UN1TY dan “Dari Jendela SMP” membuka peluang menarik bagi para penggemar dan masyarakat luas untuk menjadi bagian dari peluncuran original soundtrack sinetron tersebut.

FrenZone Challenge

FYI, Dari Jendela SMP adalah sinetron Indonesia yang merupakan hasil adaptasi dari novel karya Mira W., kini menjadi salah satu acara televisi yang digandrungi oleh anak muda di Indonesia. Sedangkan grup musik UN1TY merupakan grup yang terbentuk dari pertemanan positif, yang kemudian sukses membuat karya dan sangat populer di kalangan anak muda tanah air.

Nah, karena selalu konsisten sebagai operator yang selalu menjadi teman buka peluang untuk masyarakat luas, Smartfren pun berkokreasi dengan UN1TY untuk membuat dan merilis original soundtrack sekaligus video musik resmi untuk sinetron “Dari Jendela SMP”.

Lalu, Bagaimana Cara Mengikuti UN1TY FrenZone Challenge?

Tema FrenZone yang usung dalam kokreasi ini diharapkan mewakili semangat pertemanan positif anak-anak muda yang kreatif, digital dan saling mendukung. Karena lingkungan pertemanan yang positif dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa dan berpengaruh dalam menghasilkan sesuatu yang positif juga.

Berikut aku sertakan cara untuk mengikuti FrenZone Challenge, ya!

  • Semua orang bisa mengikuti UN1TY FrenZone Challenge;
  • Challenge ini dibagi menjadi dua yaitu Duet FrenZone Challenge & Dance FrenZone Challenge;
  • Kamu cukup membuat video yang menunjukan kekompakan FrenZone dengan teman-teman terdekat dan gunakan original soundtrack “Dari Jendela SMP”;
  • Unggah video pertemanan tersebut ke platform Instagram Reels maupun TikTok;
  • Video pertemanan terbaik yang menunjukkan semangat positif akan diumumkan melalui program WOW Talks bersama Rey Bong dan Sandrinna Michelle;
  • Pemenang akan mendapatkan kesempatan ikut serta dalam proses pembuatan acara televisi Dari Jendela SMP.

Teman adalah salah satu esensi Smartfren, seperti yang sudah diciptakan belum lama ini yaitu Teman Kreasi Indonesia. Yuk, ajak teman-teman untuk ikut UN1TY FrenZone Challenge!

24 thoughts on “Ini FrenZoneku, Kamu Punya FrenZone Juga?

  1. Menarik nih mbak challengenya ya, sayangnya semakin memiliki ‘umur’ friendzone kita makin terbatas, nggak kayak jaman masih muda. Etapi aku gabung juga dengan teman kreasi dari Smartfren juga di Cilacap siy…

  2. Kalo punya frenzone yang satu misi ini bikin kita makin semangat berkarya ya bund. Beda lagi kalo kebaikannya, heuheu.. Bikin nggak nyaman. Betul nggak sih..

    Wah,boleh juga ini challenge nya, ikutan nggak ya? Cari ide duluuu

  3. Seneng yaaa punya frenzone yang positif dan saling dukung dalam kebaikan ini.
    Aku juga punya frenzone yang aktif berbagi baik ilmu maupun sedekah.
    Cuma sayang semakin kesini memang nggak bisa seaktif dulu karena kesibukan masing-masing.
    Aku mau sebarin ah infonya. Biar anak-anak muda yang punya frenzone positif gini bisa ikutan

  4. Wah keren dengan apa yang sudah dilakukan Bu Idah eh Idah bersama ke-8 teman dalam lingkaran FrenZone-nya. Bisa membuat lebih banyak orang produktif yaa. Semoga tetap eksis memberikan yang terbaik bagi Banjarnegara yaa.

    • Waaah challenge nya seru banget nih . Sayang umur 40 an gini dah gak ada fren zone fren zone nan. Kalau anak SMP atau SMA yang ikut challenge nya boleh gak ya?

  5. Wow ada FrenZone! Berasa ketuaan kalo ikutan nih. Tapi keren juga sih. Berasa seru gitu apalagi yang ngadain kan smartfren ya, UN1TY frenzone challenge-nya memang keren banget.

  6. Ih keren ya … jadi caranya juga mudah untuk ikutan UN1TY FrenZone Challenge ya Idah

    Duet FrenZone Challenge & Dance FrenZone Challenge – yang penting kompakan FrenZone dengan teman-teman terdekat pake original soundtrack “Dari Jendela SMP”; noted

  7. Ini seru bangeeet, bisa berkarya bareng teman-teman dan produktif bareng pasti menyenangkan, apalagi kalau sampai menang nih, hadiahnya bisa ngasih pengalaman berharga seumur hidup.

  8. Waah asik banget ya punya Frenzone..
    Saya sendiri kayaknya sudah lama nggak bekerja dalam tim baik secara virtual maupun dunia nyata. Apalagi kalau di dunia nyata, tiap beberapa tahun sekali saya pindah kota, jadi kayak nggak punya basis komunitas nyata yang kuat.
    Salut untuk Mb Idah yang turut membangun kota tempat tinggal dengan kegiatan komunitas. Saya belum pernah secara khusus datang ke Banjarnegara (palng lewat doang). Tapi saya sering ketemu produk khas Banjarnegara yang tersebar di berbagai kota di nusantara, apalagi kalau bukan dawet ayu banjarnegara 🙂

  9. Punya tim yang anggotanya seru, bisa kompak kalau mengerjakan project itu memang menyenangkan ya mbak. Nggak ada yang marah kalau dikoreksi anggota lain. Senengnya kalau orang-orang dalam satu tim bisa sevisi seperti ini. Membuat suasana kerja jadi nyaman, dan pasti bisa menghasilkan karya terbaik

  10. Wah seru ya, punya Friendzone yang punya hobi sama, passion dan semangat yang sama untuk memajukan pariwisata Banjarnegara, Insya Allah kerja kerasnya akan berbuah manis…seru nih programnya Smartfren..bisa ikut challenge seru bareng sahabat ya Ida…

  11. Hmm, membahas FrenZone, seketika aku ingat teman-teman yang dulunya dekat dan kini mungkin dengan kesibukannya masing-masing, intensitas mulai berkurang. DItambah lagi pandemi, jadi benar-benar berkurang deh intensitas. Program ini bagus juga lho buat memancing kembali circle-circle pertemanan agar bisa berkumpul lagi ya Mak

  12. Serius keren banget FrenZone yang membawa aura positif karena bisa sama-sama saling mendukung dalam kebaikan.
    Kontennya sampai rutin bikin video gitu yaa.. Kudu banget ikutan UN1TY FrenZone Challenge yaa.. Anak muda zaman sekarang pasti menerima tantangan ini.

  13. Punya mba cuma sekarang dah jarang ngumpul boleh Juga ikutan UN1TY FrenZone Challenge! Klo ngeliat hadiahnya mudah2an pads mau …

    Seneng klo punya temen dan saling support kayak ginu

  14. kalau inget istilah ini itu kayak orang pdkt tapi kejebat cuma temenan hahaha. cocok ya buat anak muda challenge ini emang smartfren oaling tahu cara gaet generasi muda tetep kreatif

  15. Senengnya,, kalau ketemu teman-teman yang sevisi dan bisa kolaborasi. Kalau saya baru sebatas komunitas yang punya hobi sama. Tapi belum punya karya kolaborasi. Asyik sih ini, bisa bikin tambah semangat berkarya dan saling mengisi

  16. wah keren banget nih frenzonenya mak idah.. kece banget plus menginspirasiiii.. hihi. aku kenal beberapa wajah lainnya juga nih kayanya di genmilebnr ituu.. heheee. Eh baru tau nih ttg frenzone challengenya smarfren. Masih bisa ikutan ngga yaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *