Tempe Mendoan Paling Hits se Gombong

OBJEK WISATA DI GOMBONG

Awalnya saya memberi judul pada postingan ini “Tempe Mendoan Paling Hits se Dunia”. Tapi, saat saya mulai mengetik isi postingan, adik saya membacanya dan menurutnya TERLALU LEBAY! *kemudian saya goyah*

Tempe Mendoan. Adakah diantara teman-teman yang masih belum mengenalnya? Sebagai orang Indonesia, jika kamu belum mengenal Tempe, sungguh mengecewakan. Secara, ya, PaulinaΒ Vega Dieppa, Miss Universe, menjadikan Tempe sebagai makanan wajib yang harus dicicipi ketika datang ke Indonesia dua bulan lalu.

Saat pemilihan Miss Indonesia 2015, Paulina sempat mencurahakan isi hatinya kepada publik, bahwa dia menyukai makanan tradisional Indonesia, Tempe. “Saya suka yellow rice dan tempe…, aduh, saya tidak hafal namanya. Rasanya spicy sekali. Hihihi…mau ngomong tempe saja susah banget menyebutnya, ya, Miss. πŸ˜†

Ngomongin tentang kuliner Gombong, selain sate gombong dan soto gethuk, ada satu makanan yang hits banget di Kota yang begitu seju dan tentram. Yaitu Tempe Mendoan dengan porsi yang tidak seperti biasanya. πŸ˜† Maksudnya, porsi untuk satu tempe mendoan gombong tuh sama dengan dua lembar tempe mendoan pada umumnya. Emm…mungkin panjangnya ada 20cm kalik, ya. *ngasal*

KULINER MENDOAN GOMBONG
Dengan olesan sambal terasi. . .

Untuk menikmati mendoan yang paling hits se dunia ini, kamu bisa datang langsung ke Warung Bu Parmin. Lokasi warung cukup strategis. Berada dipinggir jalan raya, namun agak ke bawah. Kalau dari arah utara, warung ini berada pada kiri jalan, setelah jembatan pertama sebelum waduk sempor. Kalau kamu menjumpai warung sederhana yang terbuat dari papan kayu, yang sebelah kanan-kiri warung terdapat bongkahan kayu, segeralah berhenti. Bisa jadi itu adalah Warung Bu Parmin.

Saya masih mengatakan bisa jadi, karena di jalan yang sama, terdapat dua warung yang menyajikan mendoan. Letaknya ngga bersebelahan sih. Tapi, lumayan dekat jaraknya. Nah, Warung Bu Parmin ini warung pertama dari arah utara. Warung yang ngga hanya menyediakan Mendoan saja, namun ada makan dan minum juga.

MENDOAN GOMBONG
Di dalam gubuk kayuu. . . Ehehehe

Jika masih ragu, kamu bisa membaca tulisan di banner yang melekat pada dinding kayu depan “Warung Bu Parmin“. Barulah yakin! :mrgreen:

Saya menyarankan untuk singgah di Warung Bu Parmin, karena saya lebih suka mendoan dan sambal buatannya. *egois* Tempe mendoannya masih mendo dengan sedikit tepung, tapi sudah matang. Sambalnya juga sedap. Mereka menyediakan dua jenis sambal, yaitu sambal bawang dan sambal terasi dengan level pedash huh hah! Tinggal pilih sesuai kesukaan kamu.

Terkait tempat, Warung Bu Parmin tergolong biasa. Warungnya ngga bersih-bersih banget, ngga kotor juga. Hanya saja ada kesan sedikit kurang terawat. Jika kamu duduknya di dalam warung, akan disapa oleh asap dapur. Secara tempat duduk dan dapur sekatnya tidak penuh sampai atas.

Dapurnya pun masih menggunakan tungku tradisional dan kayu sebagai bahan bakarnya. Jadi, tak heran kalau kepul asapnya menyebar. Mending duduk di ruang luar, tempat yang tak begitu luas, tapi kanan kiri terbuka. Segar, sriwing-sriwing! πŸ˜†

KULINER MENDOAN
Ruang bagian dalam. . .
WARUNG MENDOAN DI GOMBONG
Nikmat sekali!!!

Tiap hari Minggu, Bu Parmin membuat Kepok atau Ketan yang ditaburi serundeng untuk para pelanggan sebagai tambahan menu jajan. Kepok ini hanya dibuat pada hari Minggu saja. Kepok dan serundeng adalah kolaborasi yang pas. Begitu juga dengan harganya. Satu kepal Kepok Rp 2.000. Sedangkan untuk mendoannya Rp 4.000 per satunya. Ingin nambah teh hangat? Cuku Rp 2.500 saja. :mrgreen:

Warung Bu Parmin ini tidak fokus menjual Tempe Mendoan. Awalnya memang Warung Makan seperti pada umumnya, yang kemudian menambahkan Tempe Mendoan yang paling hits itu ke dalam daftar jajan.

Jika kamu ingin menikmati Mendoan ini, bisa datang pada pagi hari, sekiranya pukul 05.30 WIB. Jika lebih dari jam tersebut, ya siap-siap saja untuk mengantre atau standby didekat Bu Parmin supaya cepat mendapatkan Tempe Mendoan. Bu Parmin, sih, sudah bersiap-siap dari subuh untuk meracik bumbu-bumbu. Secara, tiap pagi beliau menggoreng minimal 50 lembar tempe mendoan.

MENDOAN ENAK GOMBONG
Geret Miss Universe untuk gabung! Hahaha

Apakah teman-teman sudah pernah menjumpai Tempe Mendoan seperti di atas? Dimana? :mrgreen:

You Might Also Like

33 Comments

  1. mawi wijna

    Nggak nyangka, di warung sederhana yang tidak mencolok itu tersaji tempe medoan bhuto…

    Review yg menarik untuk usaha kecil seperti ini Dah

    Bhuto iku gedhe ya, Mas? πŸ˜€

  2. Keke Naima

    tante saya yang dari Gombong yang paling sering kasih oleh-oleh tempe mendoan hehe

    SeluOoo…punya Tante di sana, ya.

  3. ekodian

    Aku ws pernah pesen 4, ra ngerti nek ukurane gede.. dimae siji tok, akhire sisane dibungkus balik ????

    Haaah? Ya wis adeem. .. πŸ˜€

  4. Fahmi

    Keliatan enak XD di jakarta ada nggak ya yang kayak gini~

    Coba cari di Mall, Kak. πŸ˜€

  5. Ageng Siswanto

    wah enek banget,,,,

    Lima ribu, Kak. πŸ˜€

  6. Zainal Mutakin

    Jadi kangen mendoan yang gede banget… makanya di pantai menganti sambil ngopi pagi pagi… jos banget….

    Ulangi moment itu, Kak. πŸ˜€

  7. Lidya

    tanpa tanya [un aku tau itu rasanya tempe mendoan enaaaaaaaaaak kan idah πŸ™‚

    Bangeeeet, mbak. πŸ˜€

  8. echaimutenan

    Mrs Universe??? aku dong…tiba2 gabung
    tapi aku juga suka macem-macem tempe πŸ˜€ apalagi kalau idah traktir :3

    Bakal tak traktir kalau ke Gombong, Mbak. πŸ˜€

  9. Lyliana Thia

    Waduh mantap sekali tempe mendoannya ini, Idah!
    Harganya merakyat pulaa…
    Kapan yaaa aku ke Gombong.. hehehe…

    Agendakan saja yao, Mbak. πŸ˜€

  10. cumilebay.com

    Kok di olesi sambel terasi ???? yg gw tau mendoan itu pake sambel kacang. Tapi kayak nya makin SIP deh #Penasaran

    Ada sambel gosreh juga, Kak. Cobain deh. Di GOMBONG! πŸ˜€

  11. HM Zwan

    hiyya amfuuunnnn..mendoannya,menari2…soto gethuk???yang gimana mbak??jadi penasaran hehehe

    Saya juga belum pernah nyoba, Mbak. πŸ˜€

  12. Iwan

    Woh, porsi tempe mendoannya itu… bikin ngiler…
    Tapi ya mosok jauh-jauh dari Jogja ke Gombong buat makan mendoan aja. Orang kaya beneran kalo gitu je…

    Semoga kapan-kapan ada trip yang lewat sana, inget trus mampir… πŸ™‚

    Ya wama wisata lain to…mosok ora kretip. Wkwkwk

  13. Dewi Rieka

    wooow…mendoan gedhee..menggoda sekalii…slurupp…

    Kayak nylurp es cendol baen ya, Mbak. πŸ˜€

  14. Hilda Ikka

    Jadi kangen masa-masa magang di Jogja… sering banget jajan tempe mendoan. Enak banget siiih

    Magang lagi saja piye? πŸ˜€

  15. nophi

    Tempenya menggoda banget Idah, pengen…itu ga bisa dikirim kah?? hehehe
    Ohh yang bulat ketan ya?? enaknyaaa dan saya nge-cess duduudu

    Iyaa. Ketan, Mbak. Tak kirim visa postingan wae, ya. πŸ˜€

  16. Reni Judhanto

    Idaaahhh…. aku mau mendoan dong. #ngiler

    Ngirimi piye yooo? Wkwkwk

  17. winda puspita

    demi apaaa.. baca beginian pagi2 bikin laper. nikmatnya makan tempe mendoan pas lagi panas, mengepul di hidung ketika kita tiup..aaahhh :3

    Enak to, Winda? πŸ˜€

  18. Yudi

    Wah.. wah.. Rp 4000,- bisa dapat medoan lebar… harus rajin2 ngecek timbangan kalo tinggal di dekat Warung Bu Parmin.. :mrgreen:

    Jangan terlalu sering, Kak. πŸ˜›

  19. Lianny Hendrawati

    Idah bikin laper nih, tempe mendoan plus sambel terasi dan nasi anget, huaaahh sedeeep πŸ˜€

    Marii praktikkan! πŸ˜€

  20. 21inchs

    tempe mendowan bukannya khas dari purwokerto?

    tapi kadang di Jakarta, atau mungkin di beberapa tempat ada salah faham ttg tempe mendowan.
    asal tempe goreng tepung dibilangnya tempe mendowan, padahal tempe mendowan yg saya tau iya emang digoreng pake tepung, tapi tidak sampai kering kemripik, tapi masih serasa agak-agak mentah gitu..
    dan itu sangat enak, krn dibumbunya ada rempah-rempah atau ramuan (daun selederi, merica?) yg sangat terasa sekali..

    Banyumas, Mas. πŸ˜€ Daun bawang atau kucai lebih enak lho, Mas. πŸ˜€

    1. pram

      setau gw kalo mendoan purwokerto bumbunya make ketumbar.. kalo mendoan gombong ngga n lebih banyak daun bawangnya

  21. Beby

    Belom pernah makan tempe mendoaaaan.. Penasaran sama rasanya πŸ˜€

    Dasar orang kota! Wkwkwkw

  22. Winda Carmelita

    Mak Idah, aku luweeee~
    Tempe mendoan memang enak dicocol petis, sama nyeplus lombok ya. Sore2 ini, ujan pulak aaakk

    Nggoreng dewek, winda. πŸ˜€

  23. istiadzah

    NYEBELIN BACA POSTINGAN INI!!!! >______<

    Huwahahaha. . . πŸ˜€

  24. rahmiaziza

    Guedeenee mendoannnya, cara makannya juga unik, bukan dengan kletusan lombok tapi disiram sambel yo Dah?

    Enake ora ngapusi yakin. πŸ˜€

  25. fitri3boys

    menggiurkan sekali tempe mendoannya …

    Suka mendoan ngga, Mbak? πŸ˜€

  26. izandi

    boleh nih kayaknya dicoba, mendoan di purwokerto sudah terlalu mainstream

    Tapi tetap suka meski mainstream, kan? πŸ˜›

  27. bunda ulfah

    wah enak banget kayanya tuh, jadi pengen neh buat sarapan pagi-pagi kaya begini…

    Buat sendiri bisa kan, ya. Hihihi Atau, mau ke Gombong yauuh.

  28. ibu eka

    sedap banget itu mendoan, gede lagi..kayanya 2 juga sudah kenyang kali yaaa..

    Satu udah kenyang, Kak. πŸ˜€

  29. rawins

    20 cm..?
    itu mendoan apa ilir..?

    Tampah, Mas. Wkwkw

  30. ndop

    konco2mu luwih pinter nek selfie, mereka melihat ke kamera, sementara dirimu melihat ke layar hahah..
    Btw, tempene guwedi kuwi langsung wareg ya nek mangan siji..

    Hahaha…piye jal? Kudu sinau Selfie. πŸ˜›

  31. Arifah Abdul Majid (@arifah_feibiii)

    Di Cimahi gak banyak yang jual tempe mendoan, mbak πŸ™‚ Apalagi di kaki lima / warteg, palingan ada di rumah makan Sunda, yang harganya lumayan lah :p

    Lumayan itu kisaran berapa, sih, Mbak? πŸ˜€

  32. Rizky Amelia Anestesiani

    Gombong, kota kecil yang selalu aku rindukan setelah Cilacap :”)

Leave a Reply

%d bloggers like this: