Bare Metal Server untuk Bisnis Online Semakin Profesional

sosok perempuan berbisnis

Hai, Gengs! Aku mau sharing tentang Bare Metal Server untuk Bisnis Online Semakin Profesional. Kita semua tahu, saat ini semakin banyak perempuan-perempuan hebat yang mendirikan bisnis online. Bisnis yang pada awalnya mungkin hanya iseng-iseng saja atau sekadar ikut-ikutan trend, namun ternyata omsetnya bisa melejit hebat, menambah lapangan kerja, dan hal yang kayak seperti ini pasti bikin bangga kaum hawa lainnya. 😉

Betul, kan, betul?

Aku kerap melihat story yang dibagikan teman-teman aku, khususnya perempuan, melalui media sosial. Aku turut bangga karena sekarang semakin banyak dari mereka yang memanfaatkan media sosial untuk berbisnis. Ada yang turut mempromosikan produk-produk buatan UMKM, ada yang menjadi reseller, ada juga yang membuka usaha sendiri dan sudah punya merek dagang.

Kereng banget, kan?

Apalagi buat teman-teman sekolah aku yang mana aku kenal betul dan tahu banget latar belakang atau basic mereka. Ada yang dulunya pemalu banget, sekarang menjadi produsen sekaligus marketing buat usahanya sendiri. Ada yang rajin banget membuat story isinya barang dagangan karena mereka adalah reseller. 

Eh…kira-kira, apa yang membuat aku bangga? 😉

Karena sebagian besar dari mereka yang memilih berbisnis di lingkaran pertemananku adalah para Ibu Rumah Tangga (IRT)! Pekerjaan sebagai IRT, tuh, enggak habis-habis. Tapi mereka masih menyempatkan untuk berbisnis dari rumah saja. Terlepas dari upaya mereka untuk sekadar menambah uang belanja, tapi usaha mereka untuk berbisnis pantas mendapatkan tepuk tangan yang gemuruh! 😆 😆 Eh, kalau di lingkaran pertemanan kamu juga demikian, bisa jadi ketularan semangatnya, lho. Hati-hati, nanti uang belanjanya enggak hanya bertambah, tapi bisa buat bantalan. Hahaha.

sosok perempuan berbisnis

Meningkatnya Jumlah Perempuan Indonesia yang Memilih Untuk Berbisnis.

Beberapa waktu lalu, aku bersama lima puluh Influencer menjalankan campaign yang sangat menarik yaitu tentang pemberdayaan perempuan dan anak. Aku mengatakan menarik karena selain berlangsung dua hari setelah peringatan hari Ibu, campaign ini sangat membanggakan kaum hawa. Topik ini pun menjadi perhatian utama dalam momen Presidensi G20 yang bertempat di Indonesia.

Konteks pemberdayaan perempuan merujuk pada digitalisasi dengan pembangunan infrastruktur digital dan kerja sama teknologi untuk pelaku UMKM. Yups, melalui momentum Presidensi G20, pemerintah Indonesia memulai digitalisasi UMKM dan kesetaraan perempuan. Bagaimana? Keren sangat atau keren banget?

Pemerintah Indonesia memilih UMKM karena sektor ini merupakan salah satu sektor krusial dalam pemulihan ekonomi nasional. Makanya, pemerintah mendorong perempuan Indonesia menjadi juara-juara UMKM dan bias go Internasional. FYI, nih, ada 2.4 juta pengusaha perempuan Indonesia yang telah mendapatkan bantuan KUR (Kredit Usaha Rakyat) total senilai USD 17,8 miliar. Ini menjadi bukti bahwa kesetaraan gender di Indonesia mulai diperhatikan.

Kemudian, fakta yang juga membanggakan lagi, rasio pengusaha perempuan Indonesia masuk terbanyak di dunia. Mengutip dari artikel liputan6, di Indonesia saat ini terdapat 64,2 juta pelaku usaha. Dari jumlah tersebut sebanyak 37 juta UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan. Artinya, jumlah perempuan di Indonesia yang telah berwirausaha lebih dari 50 persen.

Kabar yang membanggakan lagi, perempuan yang memanfaatkan digital untuk kebutuhan berbisnis juga cukup banyak yaitu sekitar 35 persen dari seluruh penjualan online Indonesia. Semoga semakin banyak perempuan yang memimpin sebuah perusahaan, ya.

Sebelum Menjalankan Bisnis, Berikut Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan.

Setelah ngobrolin semakin banyaknya pengusaha perempuan yang bermunculan, kali ini dilanjutkan dengan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menjalankan bisnis. Kesiapan yang aku maksud sudah lepas dari kesiapan pendanaan atau modal, ya. Bisnis zaman sekarang enggak punya modal atau uang, perputarannya enggak bisa cepat, dong. Nanti terlalu lama untuk dapat menjadi pengusaha.

Jadi, apa saja yang harus disiapkan sebelum menjalankan bisnis? Berikut beberapa hal yang harus disiapkan supaya berjalan sesuai harapan.

Persiapan Sebelum Menjalankan Bisnis

1. Menentukan Rencana.

Perencanaan atau Planning menjadi persiapan pertama yang harus dilakukan sebelum memulai sebuah bisnis. Dalam membuat perencanaan pun enggak boleh asal-asalan. Asal jalan dahulu, misalnya. Iya, aku pernah beberapa kali mengikuti webinar tentang bisnis online. Salah satu yang ditekankan oleh pemberi materi yaitu ketika ingin sukses berbisnis, buatlah rencana bisnis dengan matang untuk bisa mendapatkan hasil sesuai harapan. Ehem…kadang sudah dibuat rencana yang matang saja, di tengah jalan masih oleng, ya. Apalagi yang tanpa perencanaan. Hiks.

Penentuan rencana harus dilakukan dengan detail dan sesuai kemampuan. Buatlah daftar perencanaan kira-kira apa saja yang dibutuhkan dalam memulai bisnis. Seperti, modal, strategi bisnis, penentuan produk, hingga sampai pada pelaksanaan atau teknis.

2. Bergabung dengan Komunitas Bisnis Online.

Support system yang paling manjur dalam dunia bisnis adalah dukungan dari sesama pelaku bisnis. Ketika hendak memulai bisnis, tentu banyak hal yang dipikirkan sampai kadang takut untuk memulai bisnis karena adanya bayangan-bayangan pesimis dalam diri dan pikiran.

Bergabung dengan komunitas bisnis online (kalau bisa yang satu frekuensi), untuk mendapatkan dukungan dan menambah pengetahuan atau memperoleh informasi penting terkait bisnis online. Ada baiknya aktif bertanya di group komunitas atau menggali pengalaman dari para pelaku bisnis yang sudah terlebih dahulu berkecimpung dalam dunia bisnis.

Oiya, kamu juga bisa memanfaatkan komunitas online untuk membuka jejaring atau mengenalkan produk, branding diri dengan produk yang dihasilkan.

3. Miliki Website Untuk Meningkatkan Kredibilitas.

Memiliki website untuk sebuah bisnis bagiku adalah wajib. Website sangat dipercaya dapat meningkatkan kredibilitas konsumen terhadap perusahaan atau produk yang dijual. Sebagai contoh adalah website toko online. Dengan menampilkan produk-produk di etalase toko online, pelanggan akan tahu kalau produk yang dijual adalah nyata. Bukan produk abal-abal karena produk yang diunggah dilengkapi dengan deskripsi produk.

4. Menyiapkan Bare Metal Server.

Meskipun levelnya masih rintisan, tapi ada baiknya mempersiapkan bare metal server untuk bisnis yang akan dijalankan. Iya, bare metal server masuk ke dalam daftar rencana kebutuhan bisnis karena merupakan salah satu pendukung penting suksesnya bisnis.

Ketika kamu menjalankan sebuah bisnis yang mungkin awalnya hanya berupa bisnis kecil-kecilan, sudah pasti ingin terus tumbuh dan berkembang, bukan? Dari yang tadinya hanya berbentuk mempunyai satu produk, menjadi banyak produk. Dari yang tadinya hanya punya sepuluh pelanggan, menjadi punya ribuan pelanggan. Dari mendirikan satu CV atau Perusahaan, kemudian mempunyai ratusan cabang perusahaan. Kalau sudah begini, kamu akan membutuhkan bare metal server yang salah satu fungsinya yaitu untuk memudahkan pekerjaan.

Apa Itu Bare Metal Server?

Apakah kamu baru pernah mendengar tentang Bare Metal Server? Tenang, banyak yang baru tahu perihal ini apalagi bagi yang enggak pernah bersinggungan dengan bidang komputasi, tepatnya cloud computing. 

Bare metal adalah sebuah inovasi dalam komputasi awan yang mana pelanggan ingin meningkatkan performa server lebih baik dan lebih konstan untuk memangkas biaya IT khususnya bagi perusahaan. Sebuah IT provider dan service harus mampu mengelola dan memproses berbagai model fast data, seperti customer insight, location data, transaksi data, dan juga fraud detection untuk menjamin sebuah keamanan.

Bare Metal merupakan layanan cloud publik yang mana pelanggan menyewa sumber daya perangkat keras khusus dari penyedia layanan jarak jauh. Ini menawarkan sumber daya perangkat keras tanpa sistem operasi yang terinstal atau infrastruktur virtual. Mungkin kamu familiar dengan Google Drive? Yups, G-Drive adalah salah satu contoh layanan penyimpanan cloud. Aku pun lebih nyaman menggunakan layanan cloud karena data lebih aman dan bisa diakses dari manapun dan oleh siapa pun termasuk klien.

Zaman sekarang apalagi di masa pandemi, masih banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH). Dengan teknologi bare metal server, tentu pimpinan serta karyawan akan sangat dimudahkan dalam hal pekerjaan. Pun dengan klien.

Manfaat yang Bisa Dirasakan Setelah Menggunakan Bare Metal Server.

Kamu masih ingat tentang gedung Cyber 1 yang awal bulan Desember mengalami kebakaran? Ada berapa perusahaan yang terdampak akibat kebakaran ini? Tentu enggak sedikit, ya. Salah satu Toko Online yang aku kelola saja enggak bisa diakses selama 4 hari. Duh…dampak seperti ini sangat serius karena sudah pasti merugikan perusahaan walaupun kejadian-kejadian seperti itu tentu bukan hal utama yang menjadi faktor pembeli lari ke toko lain atau klien memilih perusahaan lain untuk kerja sama. Parahnya jika sampai kehilangan data penting perusahaan, pasti urusannya menjadi panjang. Dari sini, bare metal server harus mulai dimanfaatkan.

Yups, tanpa sebuah layanan Bare Metal, petugas internal IT dapat menghabiskan berbulan-bulan untuk menangani lifecycle activities. Kalau seperti ini, tentu tidak banyak memberikan manfaat bagi perusahaan karena mengambil sumber daya IT.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, bare metal menjadi sebuah inovasi yang menarik untuk dipelajari dan terapkan. Ini adalah sebuah solusi efektif untuk mengatasi workload yang terjadi dan dapat menurunkan performa yang berdampak pada kerugian yang ditanggung perusahaan.

Rekomendasi Bare Metal Server untuk Bisnis.

Setelah tahu manfaat Bare Metal Server, selanjutnya perlu cari tahu yaitu apa saja paket yang ditawarkan sebelum pada akhirnya memutuskan untuk membelinya. Ada banyak penyedia layanan bare metal server di Indonesia. Namun, terkait dengan anggaran, kamu bisa memilih NEO Metal dari Biznet Gio Cloud yang harganya terjangkau dan hadir dengan generasi hardware terbaru dari Intel Xeon & AMD EPYC.

kelebihan bare metal server untuk bisnis

Mengutip informasi dari laman website Biznet Gio Cloud, ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dengan menggunakan Neo Metal, yaitu:

Performa Server Maksimal.

Dedicated Server dengan Intel Xeon dan AMD EPYC terbaru, sangat andal dan tangguh menjalankan workload aplikasi secara maksimal jauh lebih cepat dibandingkan dengan virtual.

Penuh Kendali Tanpa Sharing.

Bebas desain virtualisasi, jenis OS, atau sistem dan performa yang diinginkan. Dengan full access ke Physical Console, Pengguna dapat dengan mudah melakukan perbaikan tanpa perlu datang ke rak server.

Privasi Tinggi dan Aman.

Kepercayaan pada layanan bisnis akan semakin meningkat dengan sistem yang terisolasi secara fisik. Server beroperasi maksimal tanpa gangguan dari aktivitas tetangga atau “noisy neighbor” dengan teknologi Isolated Network antar tenant.

Tanpa Waktu Tunggu.

Hanya dalam 5 menit, layanan NEO Metal dapat langsung digunakan tanpa harus menunggu waktu pengadaan server yang lama.

Multi Availability Zone.

Bare Metal server tersedia di beberapa Availability Zone lengkap dengan jaringan antar data center, mendukung ketersediaan untuk SLA yang jauh lebih tinggi.

Fasilitas Gratis Bandwidth.

Tanpa perlu biaya tambahan, NEO Metal didukung bandwidth gratis tanpa kuota trafik hingga 10 Gbps. Latensi dijamin tidak turun saat volume transaksi tinggi. Nah, ini penting banget dalam dunia bisnis yang sistem kerjanya berjalan seacara onine.

Hai Pengusaha Perempuan di Indonesia, Sudah Siap untuk Bertransformasi ke Bare Metal Server?

Seperti yang sudah aku tulis di awal bahwa jumlah pengusaha perempuan di Indonesia setiap tahunnya terus bertambah. Karena dunia bisnis sangat membantu pendapatan negara, pemerintah pun terus mendukung para pengusaha perempuan untuk terus update ilmu perihal bisnis. Banyak pelatihan yang telah diagendakan termasuk yang berkaitan dengan kebutuhan bisnis.

Mungkin dulu emak-emak berdaster yang mencoba terjun ke dunia bisnis online enggak berpikiran kalau bisnisnya bisa melejit atau dapat berkembang. Sekarang kalau bisnisnya semakin maju, mau enggak mau harus tahu dan siap bertransformasi khususnya dalam bidang teknologi IT supaya klien atau pelanggan merasa puas dengan kinerja perusahaan. Iya, sekalipun sudah punya tenaga ahli dalam bidang Teknologi Informasi, pemilik usaha minimal paham apa saja yang dibutuhkan tempat usahanya.

Ada dua paket Neo Metal yang ditawarkan oleh Biznet Gio Cloud. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget perusahaan. Jangan lupa lihat nilai manfaatnya, ya.

FYI, ada sebuah survey worldwide yang dilakukan oleh sebuah situs teknologi global. Beberapa pelanggan lebih memprioritaskan tiga hal utama terkait teknologi server, yaitu high perfomance, cost dan security. Ketiga hal tersebut tentu telah dimiliki Neo Metal dari Biznet Gio Cloud.

Jadi, apakah sudah siap untuk bertransformasi ke Bare Metal Server untuk bisnis online yang semakin profesional?

You Might Also Like

19 Comments

  1. Linasophy

    Baru tahu informasi tentang bare metal server nih mbak… Sebagai perempuan yang juga sedang mencoba bisnis harus banget belajar biar jangan sampai ketinggalan.

    Menarik nih, ntar coba cari tahu bisnet bio cloud lebih banyak deh

  2. Dian

    Iya, sekarang ini banyak perempuan yang berbisnis online
    Dengan adanya bar metal server ini , bisnis online akan semakin berkembang ya mbak

  3. Gusti yeni

    Waah menarik sekali, memang pelaku usaha sekarang harus mau mengikuti perkembangan teknologi.

    Mangandalkan cara lama bakal ketinggalan apalagi olshop saat ini mendominasi, toko offline banyak yg tutup

  4. Atik

    Pengetahuan baru lagi nih, baru pertama ini mba saya denger Bare Metal Server. Saya juga sempet merintis bisnis online cuma sekarang ga begitu keurus karena sibuk momong anak anak di rumah.

  5. Wian

    Bangga deeeh sama perempuan jaman sekarang. Apalagi para IRT yang semangat banget merintis usaha sampai akhirnya melejit. Aku baru tau niih mengenai bare metal server ini. Ternyata bisa memudahkan kita ketika akan mulai memajukan bisnis online.

  6. Eni Rahayu

    Setelah baca ulasannya jadi sedikit tahu mengenai Bare Metal Server. sebelumnya aku nggak tahu sama sekali. makasih ya mbak informasinya

  7. Evi

    Baru tahu tentang Bare metal server ini Mbak. Memang yah bisnis di era digital ini butuh kecepatan dari segala lini. Tak hanya website tetapi juga penyimpanan data. Nah kalau sudah begitu, para ibu rumah tangga yang terjun ke bisnis, tinggal membesarkan usaha saja konsentrasinya ya

  8. diane

    Iya nih makin banyak perempuan yang punya bisnis dan kayaknya jadi semacam kewajiban gitu hahaha.. Kayak ada yang kurang kalau belum punya bisnis.. Makanya dituntut untuk ngerti tentang teknologi juga ya terutama yang menunjang untuk bisnis.. termasuk kebutuhan akan server yang mumpuni..

  9. tehokti

    Kalau jadi salah satu pendukung kesuksesannya bisnis kita, bare metal server harus masuk ke kebutuhan yang harus dipenuhi dong ya. Ya meski baru merintis tapi kita optimis saja pastinya

  10. Arinta Adiningtyas

    Memang ya, bergabung dengan komunitas itu penting banget. Aku sendiri merasakannya. Dulu pas awal-awal belajar nulis, belajar sendiri, jadi sulit berkembang. Setelah ikut komunitas, dapat pengetahuan baru dari member-member lainnya, udah gitu lihat temen-temen bisa berkembang, kita juga termotivasi untuk berkembang juga.

    Nah, urusan bisnis juga sama ternyata. Bergabung di komunitas bisnis tu jadi semacam punya support system, yaa..

  11. Mugniar

    Wawasan saya namabah di postingan Idah ini. Memanag penting ya bare metal server ini … buat yang agak punya bisnis saja penting karena selalu punya data yang perlu dijaga. Apalagi buat yang berbisnis, semakin lama pasti datanya makin banyak ya meskipun itu skala UMKM.

  12. lendyagassi

    Lebih aman yaa…kalau memiliki server sendiri dalam menyimpan data yang aman sebuah usaha dan perusahaan juga data karyawan. Karena itu, siapkan budget sewa cloud di Bare Metal Server.
    Kalau ada apa-apa, pengaduannya mudah juga gak, kak?

  13. Alfa Kurnia

    Sekarang memang makin banyak ibu-ibu yang berbisnis online dari rumah. Nggak cuma sekadar jualan via medsos atau whatsapp ke teman dan tetangga, tapi sudah merambah ke yang lebih tinggi. Sehingga perlu online shop dengan kapasitas server yang besar dan aman. Untung ada Bare Metal Server yang menyediakan fasilitas ini, ya. Jadi ibu-ibu bisa berbisnis online dengan lancar.

  14. Naqiyyah Syam

    Komunitas Bisnis Online seru juga nih kalau bergabung ya pastinya makin banyak yang terbantu disaat pandemi ini. Aku sendiri sejak pandemi udah belajar berjualan nih.

  15. Sapti nurul hidayati

    Bener banget, perempuan sekarang banyak yang mandiri karena kemajuan teknologi. Semua hal termasuk usaha bisa dilakukan dari rumah. Dan setuju sekali semua harus disiapkan. Termasuk dalam penggunaan Bare Metal Server.

  16. Herva Yulyanti

    iya mba waktu ada musibah kebakaran tuh kepikiran banget kasihan buat yang kena apalagi kalau toko online juga yah nah penting nih biar jadi pertibangan ke bare metal server biar meminimalisir resiko seperti yang sudah terjadi

  17. ivonie

    Saya baru dengar istilah bare metal ini mbak, jadi ngerti deh kegunaannya dan memang cocok buat pengusaha maupun yan berbisnis secara online ya fasilitas ini

  18. Era Sapamama

    Sekarang semua serba di digitalisasi dan tentunya kekuatan server sangat penting ya mba. untuk pengusaha perlu banget ini pakai bare metal server untuk mendukung usahanya.

  19. Ainhy Edelweiss

    Sekarang emang jamannya berbisnis yah Kak apalagi udah banyak perempuan yang makin aware soal bisnis. Apalagi skrg sdh didukung dengan teknologi seperti Bare Metal

Leave a Reply

%d bloggers like this: