Gampang Banget! Begini Cara Pesan Tiket KA online via Traveloka

cara pesan tiket kereta api online via traveloka

Cara Pesan Tiket KA online via Traveloka – Memesan tiket kereta api kini sudah bisa dilakukan dengan mudah secara online. Salah satu platform yang digemari untuk itu adalah Traveloka.

Tidak hanya memberikan kemudahan pemesanan dan kenyamanan saat liburan, aplikasi ini juga memberikan beragam diskon menarik yang sayang untuk dilewatkan, terutama tiap jumat. Hal inilah yang bikin masyarakat jadi tertarik untuk mencoba dan menggunakannya. Kamu kah salah satunya?

Untuk kamu yang baru pertama kali menggunakan aplikasi ini tentu akan kebingungan menggunakannya. Namun, tak perlu khawatir, di artikel ini akan dibahas cara pesan tiket kereta api online via Traveloka yang bisa dilakukan dengan mudah. Karena itu, simak bahasannya sampai selesai, ya!

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online

 

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online via Traveloka

1. Unduh Aplikasi Traveloka.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk memesan tiket kereta api online adalah mengunduh aplikasi Traveloka. Bagi kamu pengguna perangkat Android, bisa mengunduhnya di Google Play Store. Sedangkan untuk pengguna perangkat iOS, bisa mengunduhnya di AppStore.

2. Daftar Akun Baru.

Kamu perlu membuat akun terlebih dahulu sebelum bisa memesan tiket melalui aplikasi Traveloka. Caranya adalah dengan mengisi nama sesuai identitas, alamat domisili, dan nomor handphone atau email untuk verifikasi akun. Setelah itu, buat password untuk bisa login dengan aman.

Apabila kamu telah memiliki sebuah akun, langkah selanjutnya kamu dapat langsung masuk ke dalam akun tersebut menggunakan e-mail atau nomor HP, serta memasukkan kata sandi yang digunakan.

3. Tentukan Tanggal Keberangkatan.

Setelah berhasil masuk ke dalam akun, pada bagian beranda, kamu cukup memilih laman tiket kereta api. Kemudian, pilihnya rute yang ingin kamu tempuh, stasiun keberangkatan serta stasiun tujuan, waktu keberangkatan, tanggal, hingga jumlah penumpang. Isilah tiap kolom sesuai dengan yang kamu inginkan kemudian tekan tombol Cari.

Sebagai tips, Cari tahu terlebih dahulu rute-rute alternatif dalam perjalanan kamu agar bisa lebih hemat biaya dan nyaman. Misalnya saja, untuk melakukan perjalanan dari Jakarta ke Surabaya, terdapat rute alternatif stasiun Gambir – Surabaya Gubeng, Stasiun Gambir – Surabaya Pasar Turi, Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi, Pasar Senen – Surabaya Gubeng, dan Pasar Senen – Wonokromo.

4. Pilih Kereta dan Jadwal yang Sesuai.

Setelah menentukan tanggal keberangkatan, kamu akan dapat melihat daftar kereta yang tersedia pada jadwal yang kamu pilih beserta kelas, waktu perjalanan yang akan ditempuh, harga satu tiket kereta, hingga pilihan kursi kosong yang masih ada, dan jam keberangkatannya. Pilihlah jadwal serta kereta paling sesuai dengan preferensi kamu.

5. Isi Data Diri Secara Lengkap.

Ada dua detail informasi diri yang perlu kamu isi ketika melakukan pengisian data penumpang, meliputi informasi data dari pemesan dan informasi data penumpangnya.

Dalam kolom data dari pemesanan, beberapa informasi yang wajib kamu isi meliputi nama, alamat e-mail, hingga no HP. Kemudian, untuk data penumpang, biasanya berisikan nama, no KTP, gender, dan lain-lain. Nantinya, informasi ini akan muncul saat tiket dicetak.

6. Pemilihan Kursi.

Setelah selesai mengisi data, kamu dapat memilih kursi sesuai keinginan kamu. Jika sudah selesai memilih, scroll ke bagian paling bawah lalu tekan Selesai.

Tips: Berdasarkan pengalaman penumpang, kursi kereta yang paling nyaman adalah di bagian tengah gerbong. Hal ini karena kursi tersebut lebih stabil dan tenang karena jauh dari bordes atau sambungan antar gerbong.

Memilih kursi yang dekat dengan jendela juga bisa jadi pilihan yang dipertimbangkan agar kamu bisa menikmati pemandangan selama di perjalanan. Namun, pastikan kamu tahu kondisi arah matahari saat di perjalanan agar tidak silau atau panas.

7. Lakukan Pembayaran Tiket Elektronik

Terakhir, lakukan pembayaran tiket elektronik. Setelah selesai memilih kursi, kamu tinggal klik lanjut ke pembayaran untuk melakukan pembayaran. Ada beberapa metode pembayaran yang tersedia, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Traveloka juga bermitra dengan beberapa official payments partner sehingga kamu bisa lebih mudah melakukan pembayaran.

cara pesan tiket kereta api online via traveloka

Perlu diingat, pastikan terlebih dahulu bahwa data yang kamu isi sudah benar sebelum melakukan pembayaran. Selain itu, pastikan juga bahwa nominal yang kamu bayarkan sesuai dengan nominal yang ditagihkan pada invoice hingga tiga digit terakhir. Apabila proses pembayaran telah dikonfirmasi, secara otomatis nomor tiket elektronik sudah akan muncul, dan bisa segera kamu cetak di layanan pencetakan terdekat.

Nah, itulah cara yang bisa kamu gunakan untuk memesan tiket kereta api online via Traveloka. Cukup mudah dan praktis, bukan? Setelah pembayaran berhasil, segera lakukan konfirmasi pembayaran melalui aplikasi dari Traveloka yang ada di smartphone, ya!

You Might Also Like

One Comment

  1. Wildan

    Patut dicoba nih bu, yuk kemana? ?

Leave a Reply

%d bloggers like this: