Wisata Edukasi Manasik Haji di Surya Yudha Park 1

wisata edukasi manasik haji

Wisata Edukasi Manasik Haji di Surya Yudha Park 1 –  Akhir pekan asyiknya buat quality time bersama keluarga setelah lima hari dari pagi sampai sore terlalu asyik dengan pekerjaan kantor. Banyak pilihan untuk dapat menikmati atau memberikan waktu berkualitas untuk keluarga. Mulai dari kruntelan di depan televisi, nonton film, berkebun, bermain di rumah saja, jalan-jalan, sampai dengan kulineran. Tinggal sesuaikan saja dengan isi dompet, ya. 😀 😀 😀

Sejak pandemi, kami terbiasa untuk menikmati kebersamaan di rumah saja dengan anak-anak. Namun sesekali kami juga menyempatkan untuk quality time di luar rumah dengan mengajak anak jalan-jalan. Belum lama ini, kami mengajak anak-anak bermain ke Wisata Edukasi Manasik Haji yang bertempat di Surya Yudha Park (SYP) 1. Jaraknya enggak begitu jauh dari rumah, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit untuk sampai lokasi.

Kali ini kami jalan-jalan hanya bertiga saja karena kebetulan suami ada lembur di kantornya. Tapi alhamdulillah enggak mengurangi rasa bahagia anak-anak ketika eksplorasi wisata edukasi manasik haji. Beruntung banget mood mereka terjaga padahal siang itu agak gerimis, lho. Mau dibatalkan untuk mengenalkan mereka dengan replika ka’bah, kok, rasanya enggak sampai hati. Apalagi sejak pagi Mbak sudah membuat rundown saat sampai tiba di SYP. Jadi, kami memutuskan untuk melanjutkan rencana eksplorasi karena Mbak sudah kangen naik “Domba” di dekat Bukit Marwah.

wisata edukasi manasik haji

Ada Apa Saja di Wisata Edukasi Manasik Haji SYP?

Tempat wisata edukasi manasik haji yang berada di kawasan wisata terpadu Surya Yudha Park 1 merupakan satu-satunya di Kabupaten Banjarnegara. Wisata ini dimanfaatkan oleh sekolah, khususnya PAUD dan TK sebagai sarana mengenalkan dan belajar tata cara haji di Makkah al-Mukarramah.

Wisata buatan ini letaknya di belakang, jadi dari depan enggak kelihatan ada wisata edukasi yang ramah anak. Dan mungkin, jarang ada yang tau kalau ada Manasik Haji di Surya Yudha Park 1. Lalu, ada apa saja di kawasan Wisata Edukasi Manasik Haji?

  • Unta.

Memasuki kawasan wisata edukasi manasik haji, anak-anak pasti senang karena disambut dengan hewan mamalia berpunuk yang hidup di padang pasir seperti Saudi Arabia. Unta ini enggak hanya berada di depan pintu masuk, tapi juga di dekat replika Ka’bah.

  • Terowongan Mina.
  • Replika Ka’bah.
  • Makam Nabi Ibrahim.
  • Maktab.
  • Tempat Sya’i.
  • Bukit Shafa.
  • Bukit Marwah.
  • Tempat Lempar Jumroh (Ula, Wustha, dan Aqobah)
  • Tahalul
  • Papan Informasi Perihal Tata Cara Haji dan Umroh.

Papan informasi ini terletak di lorong tempat Sya’i. Sesuai dengan tujuan wisata ini dibuat, selain mengenalkan beberapa tempat-tempat penting di Mekkah melalui replika, papan yang berisi informasi tentang tata cara haji dan umroh menambah pengetahuan wisatawan yang datang ke tempat wisata edukasi ini.

Awal masuk obyek wisata manasik haji, aku hanya menyebutkan nama tempat untuk ibadah haji dan umroh sesuai dengan apa yang tertulis di papan. Ketika anak bertanya, seperti “itu apa, bu? itu tempat buat apa, bu?”, aku pun belum bisa menjelaskan secara detail kepada anak-anak karena minimnya pengetahuan. Alhamdulilah…tertolong dengan papan informasi berupa banner segede gaban. 😆

Menambah Wawasan Dengan Wisata Edukasi.

Destinasi wisata edukasi dibuat untuk menambah pengetahuan atau wawasan para wisatawan. Dan ini aku rasakan ketika mengunjungi Wisata Edukasi Manasik Haji. Banyak hal baru, pengetahuan baru, yang didapat anak-anak dan juga aku. Sebagai contoh, selama ini mereka hanya dapat melihat Ka’bah dengan menonton lagu “Rukun Islam” yang mana gambaran Ka’bahnya enggak segede yang ada di replika wisata ini. Maka ketika melihat replika Ka’bah yang begitu besar berdiri kokoh di depan tempat Maktab, mereka pun takjub.

Mungkin kalau mereka, khususnya Mbak sudah bisa membaca papan nama yang dipasang di tempat-tempat obyek tertentu, mungkin akan lebih banyak lagi yang ditanyakan. Sejauh ini, mereka hanya bertanya tentang apa-apa yang jarang dilihat. Yaa….seperti Ka’bah, terus bangunan berwana emas (yang bertuliskan makam Nabi Ibrahim), dan terowongan yang gelap, dan domba-domba yang ada di dekat tempat Tahalul. 😆 Dan saat kami eksplorasi, aku sampaikan saja nama-nama tempat yang dikunjungi ketika melakukan Ibadah Haji dan atau Umroh. Seperti replika tempat lempar jumroh, sampai dengan dua bukit yang letaknya dekat dengan Ka’bah.

Kunjungan ini memang bukan kali pertama buat kami. Dulu, kami sempat mengajak Mbak main-main ke wisata ini. Tapi saat itu Mbak masih sangat kecil, kalau enggak salah ingat masih satu tahun. Setelah itu, tiap kali ke SYP, tuh, kalau enggak renang ya hanya makan di Historia Cafe saja. Enggak pernah menyempatkan ke Manasik Haji.

Harga Tiket Masuk.

Untuk masuk ke obyek wisata ini, wisatawan enggak dipungut biaya atau free. Hanya membayar biaya parkir saja. Mungkin kalau ke sana dengan maksud manasik haji bersama rombongan, mungkin baru berbayar karena bisa jadi masuk paket wisata SYP.

Ingin Ke Mekkah Juga. Seperti Ksatria dan Srikandi JNE!

Perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik, JNE telah berangkatkan kembali karyawan ke Tanah Suci setelah dua tahun  pandemi. Ketika membaca artikelnya dan ternyata ada 140 Ksatria dan Srikandi, sebutan bagi karyawan JNE yang menjadi jamaah umrah kloter pertama aku turut bahagia. Apalagi banyak cerita-cerita yang mengharukan dari saat sampai tanah suci.

Kloter pertama melaksanakan ibadah Umroh pada 16-24 Mei 2022. Enggak sedikit dari karyawan JNE yang mengaku terharu dan bangga hingga meneteskan air mata saat pertama kali berada di Masjidil Haram di depan Ka’bah.

Ada yang lebih suprise lagi buat Ksatria JNE Pusat, Yunus yang mana tanggal pemberangkatan Umrohnya, tuh, bertepatan dengan tanggal ulang tahunnya yaitu 15 Mei. Umrah ini pastinya menjadi kado istimewa dari Allah melalui JNE. Dia pun berdoa demi kemajuan JNE di depan Ka’bah, karena lewat JNE saya bisa datang ke Tanah Suci. Alhamdulillah, ya. 😉

Wisata Edukasi Manasik Haji di Surya Yudha Park 1

Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE ikut merasakan kebahagiaan yang dialami Ksatria dan Srikandi JNE.  “Setelah dua tahun sempat tertunda akhirnya para karyawan ini dapat diberangkatkan kembali ke tanah suci. Kegiatan ini kami jalankan sesuai dengan amanah Ayah kami sekaligus founder JNE (Alm) H. Soeprapto Soeparno yang menggagas umrah gratis bagi para karyawan JNE yang sudah mengabdi kepada perusahaan selama lebih dari 12 tahun” ungkap Feri.

Masya Allah, ya. Sungguh banyak kebaikan yang sudah diberikan oleh JNE. Dan kebaikan-kebaikan tersebut dijalankan sesuai dengan amanah founder JNE. Luar biasa besarnya rasa ingin berbagi kepada sesama.

Ah…jangankan para keryawan JNE yang sudah melihat Ka’bah secara nyata, ya. Aku yang saat itu mengajak anak-anak wisata edukasi manasik haji saja rasanya deg-degan melihat replika Ka’bah. Iya, deg-degan sambil berdoa semoga suatu saat nanti bisa menginjakkan kaki ke Mekkah. Bisa Umroh dan juga menjalankan rukun islam yang kelima yaitu Haji.

Mari sama-sama merapal do’a, semoga kita semua diberi kesempatan untuk sampai Tanah Suci. ?

You Might Also Like

19 Comments

  1. Farida Pane

    Asyik banget belajar gratis manasik haji, ya. Karyawan JNE malah udah pada ngerasain, tuh. Moga aku segera menyusul. Aamiin..

  2. Andiyani Achmad

    wah seru sekali wisata edukasi manasik haji, anak-anak pasti senang diajak ke sini, banyak ilmu yang bisa didapatkan

  3. Ana Ike

    Kereeen JNE nih. Berangkatin banyak banget karyawannya buat ibadah haji. Padahal biasanya kalau perusahaan tu kebanyakan umroh aja.
    Jadi mupeng banget deh sama karyawan JNE yang beruntung ini.
    Semoga kita juga bisa secepatnya ikutan berangkat ke tanah Suci ya, mbak. Aamiin

  4. Nchie Hanie

    Apaa, masuk wisata edukasi manasik haji ini free, hadudu seneng banget, nambah wawasan pula seputar naik haji. Jadi sebelum ke Mekkah beneran bisa belajar dulu di sini.
    Btw ku salut banget sama JNE dan ikutan bangga sama Ksatria dan Srikandi JNE yang sedang ke Baitullah.

  5. Firsty Ukhti Molyndi

    Keren banget tempat wisatanya. Ajak anak2 bisa sekalian belajar banyak hal baru.

  6. Lia Yuliani

    Aamiin. Semoga Kita dimampukan untuk berangkat ke Tanah Suci. Tadinya saya bertanya-tanya di mana Surya Yuda Park ini, ternyata di Banjarnegara. Salut ya sama JNE yang mengapresiasi pekerjanya dengan Memberi reward ke Tanah Suci. Semoga JNE makin sukses dan berkah

  7. Katerina

    Masya Allah, bertambah lagi kagumku pada JNE. Setelah berkali-kali membaca tulisan blogger tentang dukungan JNE pada UMKM, lalu tim futsal Indonesia, sekarang pada karyawan nya dengan cara diberangkatkan umroh. Semoga dengan segala kebaikannya, perusahaan JNE semakin tinggi dan kuat, selalu sukses dalam mencapai setiap tujuan baik.

  8. evi

    Kalau ada tempat wisata yang menawarkan areanya untuk manasik haji, sekolah-sekolah Paud di sana pasti akan terbantu banget ya Mbak. Dari pada pergi ke tempat jauh atau belajar di sekolah yang kurang menunjang, mending ke tempat ini.Sekalian wisata sekalian belajar manasik pula. Jadi suatu saat anak2 akan pergi haji mereka sudah punya gambaran negeri Mekah

  9. Gusti yeni

    Waah seruu banget wisata.manasik.haji nya…seolah olah seperti nyata ya maak…
    Memang efek positif pandemi merekatkan hubungan antar anggota keluarga karena setiap saat bersama apalagi di saat lockdown ga boleh keluar2.

    Semoga suatu hari nanti impian ke tanah suci bersama anak2 terwujud, selamat buat pegawai JNE yg mendapatkan kesempatan Umroh Gratis semoga berkah selalu

  10. Jiah Al Jafara

    Seru juga ya Wisata Edukasi Manasik Haji SYP ini. Dulu waktu TK, aku sama temen-temen dilihatin cara tawaf. Kalau sekarang ada edukasi kaya gini yang benar-benar gambarin suasana Makkah, kan tambah oke ya

  11. Eska

    Kali ini baru ke SYP untuk lihat replika kabah, semoga diijabah doanya untuk bisa melihat kabah beneran ya mbak. Aamiin

  12. Andy Hardiyanti

    Bisa jadi salah satu destinasi wisata yang asyik nan edukatif nih, udah gitu gratis masuk pula. Wisata edukasi manasik haji nih seru banget, terutama buat anak-anak yang pada penasaran apa sih kegiatan berhaji itu? bagaimana pelaksanaannya? tempatnya seperti apa? dll

  13. Dian

    Ah iya, seru jugs ya ajak anak anak melakukan wisata edukasi, ikutan manasik haji gini
    Belajar agama juga jadinya

  14. lendyagassi

    MashaAllah, berwisata sekaligus merasakan simulasi atau melakukan manasik haji di Surya Yudha Park 1.
    Mengajarkan ibadah haji, doa hingga sejarah sehingga membuat anak-anak paham dengan konsep beribadah ke Baitullah.
    Senang sekali JNE sangat perhatian dengan karyawan-karyawannya dan bisa bersama-sama ingat Allah, tidak hanya bekerja, bekerja dan bekerja saja.

  15. Dian Restu Agustina

    Unik ini ada wisata edukasi manasik haji di Surya Yudha Park 1, bisa jadi media pembelajaran anak tentang ibadah haji, mana gratis lagi. Semoga jadi bayangan mereka seperti apa ibdaha haji dan umroh, Insya Allah bisa seperti para karyawan JNE yang berangkat umrah

  16. Nia Haryanto

    Wah unik nih tempatnya, Wisata Edukasi Manasik Haji ya. Nambah wawasan pastinya buat anak-anak. Dan kita juga. Jadi tahu apa saja yang dilakukan saat naik haji ya. Jarang-jarang nih tempat wisata begini. Sebelum naik haji beneran, kudu dong ya main ke tempat wisata manasik haji begini.

  17. Eni Martini

    Masyallah, aku juga ikut terharu mba, semoga JNE semakin berkah ya, bisa memberangkatkan ke mekah karyawannya dan kita pun bisa ke sana suatu saat kelak, aamiin

  18. Naqiyyah Syam

    Menarik sekali nih ada wisata edukasi manasik haji . Zaman anak kedua ada acara manasik haji eh pas anak ketiga udah siap mau dokumentasi kalau ada acara di TK, eh pandemi. Gagal deh.

  19. Tian lustiana

    Wisata edukasi yang sangat menarik yah, jadi anak bisa belajar sambil berwisata yah.

Leave a Reply

%d bloggers like this: