IKAN SINGKARAK

Ikan Bilih Danau Singkarak

Ikan Bilih Danau Singkarakini oleh-oleh dari Bapak Pansek, ketika beliau singgah ke Padang untuk menghadiri pelantikan Bapak Damsyi di PTA Padang. Ikan Bilih Singkarak yang dipilih Pak Pansek adalah Ikan Bilih produksi Ibuk Marnis yang sudah dikemas rapih.

Ikan Bilih Singkarak adalah ikan air tawar anggota suku Cyprinidae yang menyebar terbatas (endemik) di pulau Sumatera, terutama di Danau Singkarak dan Danau Maninjau di Sumatera Barat. Ikan Bilih ini kecil dan penampakannya mirip dengan teri. Sama secara penampakan saja, rasanya jelas beda.

Hampir saja, para karyawan tertipu dengan penampilan luar dari Ikan Bilih. Maksudnya, Ikan Bilih ini kan dikemas dalam satu dus besar. Dan dus besarnya bertuliskan Kripik Balado Cristine Hakim. Niat kami, mau langsung ambil buat cemilan. Setelah dibuka kardusnya, ternyata isinya Ikan Bilis atau Ikan Bilih. Whahaha. Keliatan mupeng banget sama kriyikan.

Sangking klimisnya penampilan Ikan Bilih, dikira ikan sudah matang. Padahal masih setengah matang gitu. Langsung main gigit saja. Whahahaha. Ada-ada saja tingkah teman-teman kantor. Ikan Bilih penampilannya emang klimis, tapi garing. Gak lembek sama sekali.

IKAN BILIH SINGKARAK

Serius, lebih enak kalau dimasak pedas. . .

Ikan Bilih Danau Singkarak oleh-oleh dari Padang saya masak pedes pakai banget. Dicampuri irisan cabe rawit, cabe merah, tombat dan kecambah. Rasanya nikmat banget untuk pendamping nasi anget. Meski sudah dimasak, tapi tetap kletuk-ketuk. Istilah buat krupuk tuh renyah, kriuk. Whaihihihi.

Nah, jika ada yang penasaran dengan cerita Danau Singakarak, silakan baca postingan Bunda Monda yang berjudul Wisata Danau.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Bilis

16 thoughts on “Ikan Bilih Danau Singkarak

  1. ini nih biasanya oleh2 Tanjung Pinang mbk,ikan bilis,,enak bangetttttt….apalagi disambel sama tempe,sluurppppttt… huinakkkk πŸ˜€
    udh ngebayangin gimana pas buka kardus hahaha

    Wajahnya kecewa, Mba Hz. πŸ˜€ ^_*

  2. Idah…, sambal bilihnya pakai kombinasi tauge ya, belum pernah .., paki tauge ya pendek?
    di jkt sini ada supermarket yg jual ikan bilih, bunda jadi sering beli krn anak2 suka banget.., dimakan gitu aja kaya camilan juga nikmat

    Iya, Ibu suka banget kecambah. πŸ˜€ Disini belum ada e, Bunda. ^_*

  3. dalam keadaan sudah dibungkus siap hajar
    Sungguh sangat menggiurkan. Apalagi yang sudah berhias dengan cabe-cabean itu hahahahaa pengen dong

    Coba dicicipi, Mas Mandor. πŸ˜€ ^_*

  4. ini kesukaannya Ibu 3 boys nih….biasanya skalian dibawain kalau ada Sodara yang mampir ke Jkt dan gak bermerek sie, tapi tetep enak ….

    Yang kiloan ya, Mba. Malah banyak tuh. Hihihi ^_*

  5. Langsung nelen ludah, Idah…
    Sebagai penggemar ikan bilih, saya juga suka nyari masakan ikan bilih balado kalo lagi ke rumah makan padang…hehe, ke Danau Singkarak mah kejauhan kayaknya…
    πŸ˜€

    Sekarang sudah banyak pertukaran makanan ya, Bu. Gak perlu jauh2 untuk mendapatkannya. Hahahaha ^_*

  6. Ikan Bilih mah emang pilihan banget, sumpah ketagihan makan tu ikan. πŸ˜€

    Pakai sumpah segala ya, Mas? πŸ˜† ^_*

  7. Yang matang juga ada lhoh, garing kripik kriyuks banget. Dua tahun lalu sih 80 ribu sekilo kalo tak salah ingat saya belinya.

    Murah bagi yang punya duit tuh, Mba Is. πŸ˜€ ^_*

  8. waah…ida bikin ngacai nih posting tentang ikan bilih… πŸ™‚

    enak dan crispy nya bikin kangen ini ,Idah ..
    eh ya, kalau ikan khas nya Danau Maninjau itu namanya ikan rinuak Dah, dan lebih kecil dari pada ikan bilih yg dari Danau Singkarak, mirip2 ikan ikan teri medan gitu …

    salam

    Teri Medan? Mau dongs, Bunda Ly. πŸ˜› ^_*

  9. Waktu ke Singkarak dulu juga mampir untuk beli Ikan Bilih ini, tapi waktu itu ga ada mereknya sih.. Yang pasti bukan Ikan Bilih Buk Marnis ini.

    Yang kiloan kalik, Mas Gie. ^_*

  10. salam, dik Idah …
    ikan bilih baru denger nih, kayaknya kalo dimakan kriuk ya, foto masakannya bikin ngilerr.
    Sukses ya, SB2014 nya.

    Gak kriuk banget sih, Mba. Tapi, juga gak alot. Hahahaha. Terima Kasih, Mba. ^_*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *