Soto Kudus, Masakan Segar Plus Sehat

Soto Kudus, Masakan Segar Plus Sehat – Adakah diantara kamu yang suka menu masakan soto? Nyaamm. . .kami sekeluarga suka banget dengan menu masakan ini.

Kamu tau, kan? Kalau soto adalah salah satu makanan khas Indonesia. Di Indonesia sendiri banyak terdapat aneka jenis, kreasi masakan soto dengan citarasa yang berbeda. Semua memiliki ciri khas masing-masing. Ada soto yang terbuat dari kaldu daging dan didampingi dengan sayuran. Ini biasanya disebut dengan soto bening. Ada juga yang terbuat dari santan, plus irisan daging sapi, ayam, atau bahkan kambing.

Dari sekian banyak jenis soto yang tersebar diberbagai daerah di Indonesia, soto favorit kami adalah Soto Kudus. Mengapa Soto Kudus? Alasannya ya seperti yang sudah saya tulis pada judul postingan ini. Pertama adalah segar. Kamu sudah pernah santap soto kudus, kan? Tahu, dong, rasa kuahnya seperti apa. Suweger! Selain itu, bahan rempah-rempahnya juga terasa banget. Segar dan harum daun jeruknya bikin selera makan bertambah.

SOTO KUDUS SEGAR
Ada yang suka banyak daun bawang. . .

Alasan ke dua, yaitu sehat. Awalnya, kami cukup sering membuat soto santan. Karena, suka dengan kentalnya santan. Saya tidak tahu kapan persisnya. Semenjak Bapak terkena kolesterol, beliau selalu menjaga pola makannya. Termasuk menghindari yang namanya masakan santan.

Jadi, daripada harus membuat dua menu soto yang berbeda, akhirnya kami memutuskan untuk bebelok dari soto santan ke soto kudus, soto semarang dan atau soto bening. Yang jelas, sotonya bukan lagi pakai santan. Supaya semuanya bisa makan dan sehat semua.

SOTO KUDUS YANG SEGAR
Tambah jeruk nipis tambah segar. . .

Untuk soto kudus versi kami, biasanya kami menambahkan wortel juga. Karena, adik suka wortel. Terkadang juga ditambah dengan soun. Ini malah jadinya soto semarang, yes. Tak apa, sekali mendayung. Hahaha Santap dengan krupuk setan, tahu bakso dan atau gorengan, cukup membuat lidah makin goyang.

Nah, jika kamu ingin membuat masakan yang sehat plus enak, silakan kamu duduk manis dan ambil notebookmu. Aktifkan internet, langsung meluncur ke blognya Mba Diah Didi. Disana banyak terdapat aneka resep masakan dan kudapan. Mulai dari yang simpel sampai yang cukup bikin nerveous bagi saya yang masih belajar masak.

Resep Soto Kudus ini juga saya dapat dari blognya. Bahannya mudah dicari dan cara membuatnya simpel banget. Citarasanya cocok dilidah kami. Karena, pada dasarnya suka soto. Yuk, coba masak dengan resep-resep Mba Diah Didi. Dijamin ketagihan masak dan keluarga pasti bahagia.

27 Comments

  1. Kalau saya sukanya Soto Bandung, saya kurang suka soto yang ada sayuran kaya toge, atau wortel gitu mak :p paling lobak, tahu, daging, daun bawang, bawang goreng, kacang.. gak pake sayuran macem-macem..

    Kalau enggak suka ya disingkirkan, Mba. Atau, request enggak pake toge, wortel.

  2. lama ga kesini, eh ada soto kudus..
    kalo mndengar nama kudus, aq terkenang si mbahku yg aseli kudus.

    Mudik besok ya, Ka?

  3. berkunjung lagi kemari, waduuuh manteb banget dah kalau berbuka pake menu yang di atas, jangan lupa kunjungan baliknya ya

    Terima kasih sudah berkunjung ya, Ri.

  4. Wuiiii …. penampakan Soto Kudus mu bikin aku ‘ngiler.com … aku memang hobby aneka macam soto, dari soto betawi, soto padang sampe coto makasar … πŸ˜›

    Soto menyehatkan. πŸ˜€

  5. Soto salah satu makanan favorit saya. Semoga nanti bisa menikmati gimana keunikan dari rasa soto kudus
    Nice share mbak πŸ™‚

    Tak doakan bisa, Mas Jef. .

  6. Aku suka sama soto, Idah πŸ˜€
    Pake banget, hehe..
    Suka yg bening, hangat, asam gurih pedas..
    Buat hari hujan wuihhh uenak tenan πŸ˜€

    Asiik, suka pedas juga ya, Mba. . .Yummi.

  7. wih, kayaknya enak banget Soto nya. Jangan lupa mampir Bojonegoro ya ada Soto Santan & Ledre

    Ledre belum pernah nyobain. :D.

  8. Asline aku mulai saiki wis menghindari santen senajan badanku masih sehat, tapi susah banget meyakinkan ibukku yg SANGAT AMAT kolot dengan pendiriannya itu…
    Yasudahlah, cuma bisa pasrah, daripada ngamuk2 karo ibuke dewe haahaha

    Emang suka ngamuk2 gitu, Mas Ndop? πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *