PANTAI DI JAWA BARAT

Karimunjawa Dalam Enam Kemasan

Kamu orang Indonesia, tapi belum pernah ke Karimunjawa? Nyesel nanti, lho. Nabung dan agendakan untuk ke sana!

Siapa, sih, yang ngga kenal Karimunjawa? Sebuah kepulauan di Jawa Tengah, yang mendapat julukan Caribbean van Java. Keindahan pulaunya seperti di Karibia yang mempunyai beberapa pulau kecil di dalamnya.

Banyak suguhan manis all about Karimunjawa pada tiap artikel yang saya baca. Seakan nyaris sempurna kepulauan yang memiliki dua puluh tujuh pulau, dimana ada lima pulau yang dihuni oleh penduduk. Sedangkan sisanya tidak berpenghuni. Masih perawan dan menawan.

Berbekal pengantar manis dan didukung oleh dokumentasi cantik, menjadikan para pembaca ingin turut merasakan keindahan suatu objek wisata. Termasuk dokumentasi Karimunjawa yang banyak tersebar di internet, sukses membuat jemari saya makin aktif menekan tuts keyboard untuk mencari tahu informasi lebih lanjut tentang The Paradise of Java.

Cukup banyak objek wisata yang bisa disinggahi dan banyak juga rekomendasi kuliner unik yang hanya bisa dinikmati di Karimunjawa. Tidak ada di daerah lain, apalagi Banjarnegara.

Nah, pada tahun 2015, saya mempunyai rencana traveling ke Karimunjawa. Berikut travel plan ke Karimunjawa dalam enam kemasan.

1. Transportasi, maunya naik Kapal Kartini I

kapal-kartini

Harus pakai kapal ini. . . 

Rencananya akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Kapal Kartini I berangkatnya pas banget saat weekend, yaitu hari sabtu. Supaya cutinya ngga terlalu lama. Selain itu, Kartini I akan lebih cepat sampai dibanding dengan Kapal Muria. Lebih efektif waktu.

2. Wajib berpose apapun di Jembatan yang paling fenomenal di Karimunjawa!

wisata-Kepulauan-Karimunjawa

Jembatan di atas hanya ada di Karimunjawa dan saya harus bernarsis di sana! Pasang pose kuda-kuda atau kalajengking. Terpenting ada saya dan jembatan. Hasil dokumentasi akan makin maksimal kalau pakai kamera Canon Powershot SX400, nih, ya. 😆

3. Harus Tracking Hutan Mangrove di Pulau Kemujan

800px-Tracking_mangrove_Karimun_Jawa

Saya tahu jika jarak antara Karimunjawa dengan Pulau Kemujan cukup jauh, 18 km. Tapi itu tidak melumpuhkan niat saya untuk tracking mangrove. Semoga terwujud dan menjadi pengalaman pertama saya ke hutan mangrove!

4. Harus Menyapa Hiu Kecil di Pulau Tengah

HIU DI KARIMUNJAWA

Saya memilih Pulau Tengah untuk menyapa hiu kecil agar bisa melihat penangkaran penyu dan menginap di Wisma Apung yang direkomendasikan www.pergidulu.com. Sebenarnya di Pulau Menjangan Besar, yang lokasinya hanya 10 menit saja dari Karimunjawa ada juga penangkaran Hiu. Tapi saya kan ingin menginap di Wisma Apung. 😛

6. Mau Ke Pantai Barakuda di Desa Kemujan

800px-Barakuda_Beach_1_Karimun_Jawa

Ke Pantai Barakuda…

Kemasan berlanjut pada pantai. Saya memilih bersnorkeling di Pantai Barakuda supaya bisa sekaligus melihat tempat rehabilitasi dan perlindungan Lumba-lumba, pemetasan penyu semi alami, rehabilitasi terumbu karang, dan monyet ekor panjang.

800px-Ujung_Gelam_Beach_Karimun_Jawa_2

Mau juga ke Pantai Ujung Gelam. . . 😀

6. Wajib nyobain kulineran berikut ini!

ikan ekor kuning

Ikan cantik dibuat bulat! 

Sebagai pecinta kuliner Bakso , saya harus nyobain uniknya Bakso Ikan Ekor Kuning. Pada artikel yang saya baca, baksonya agak kenyal, gurih dan sama sekali ngga amis. Kenyalnya pakai aci ngga, ya. Hihihi Terus, pingin nyobain Wedang Blung, Lontong Krubyuk dan Pindang Serani. #kenyang ngga, ya…

Sekiranya, itulah kemasan rencana traveling saya di Tahun 2015. Semoga bulan April atau Mei bisa terwujud! :mrgreen:

Apakah teman-teman punya kemasan traveling untuk Tahun 2015?

484 kata. Sumber referensi dan gambar:

30 thoughts on “Karimunjawa Dalam Enam Kemasan

  1. Sebelum tamat kuliah dan kembali ke Riau, harus nih berkunjung ke Karimun Jawa. Semoga impiannya terwujud di tahun ini ya dear :))

    Aaamiin. Makasih ya. . .

  2. Dan aku pernah kuliah di Semarang, tapi belum pernah ke Karimun… arrgghhh… nyeselnya pake banget..
    Nabung dulu, biar bisa ke sana. Mungkin 2016, setelah pulau 1000, baduy, trus ke karimun 😀

    Semoga terlaksana agendanya, ya. 😀

  3. Sudah pernah ke Karimun Jawa tahun 2008.
    Memang bagus 🙂

    Saya juga nginap di Wisma Apung, kita tidur dan di bawah kasur lantai kita ada hiu, hiiiiy.
    Sayangnya foto2nya entah kemana, jadi belum nulis cerita soal Karimun Jawa ini, hehehe 😀

    Nyleimpet kemana ya, Mbak. 😀

  4. Aku juga pengen banget ke Karimun Jawa… Semoga kesampaian yah. Dan wiih… Ngebayangin bakso ikan ekor kuning kayak apa ya rasanya… 😀

    Saya juga gitu. Pingin ngerasain. 😀

  5. Taun lalu mau ke sana sama orang-orang kantor, taunya ga nemu jadwalnya jadi batal deh #curcol. Mak kalo kesana dan jadi banyakan saya mau donkkkk ngikut hihihi….

    Asyeek dapat boloo. 😀 Insya Allah, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *